Thursday, April 20, 2017

Amaranth dan manfaatnya untuk tubuh kita, efek samping serta faktanya

kasanah.id - Sudah tahukah sayur jenis ini ?. Amaranth atau yang biasa disebut dengan bayam adalah sayur yang banyak ditemukan di Meksiko. Terdapat banyak jenis Amaranth.

       Untuk tambahan, Amaranth dan Spinach adalah dua jenis sayur yang berbeda, jika kita menyebut bayam maka akan lebih tepat jika menggunakan Amaranth. Spinach hanyalah sayur yang bisa dimanfaatkan daunnya saja, sedangkan beberapa jenis Amaranth dapat menghasilkan biji juga dan biji tersebut bisa dimanfaatkan.

       Baik biji dan daun serta akar Amaranth, masing - masing bermanfaat. Amaranth juga dapat dikonsumsi dalam bentuk lainnya seperti sereal ataupun dalam bentuk tepung.


Manfaat Amaranth untuk tubuh :


     Terdapat banyak kandungan nutrisi di dalam Amaranth, masing - masing akan sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Masing-masing berupa vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.


Kandungan nutrisi Amaranth dan efek samping amaranth
Kandungan nutrisi Amaranth


1.  Menurunkan kolesterol


     Kandungan minyak dan pitosterol di dalam Amaranth, mampu menurunkan dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh kita.

2. Menjaga kesehatan jantung


      Dengan mengonsumsi Amaranth, akan menjaga kesehatan jantung kamu dengan cara menjaga tekanan darah dan juga kadar kolesterol pada tubuh. Amaranth mempunyai banyak serat yang berguna untuk mengurangi plak pada arteri. 

      Gabungan antara fitonutrien dan serat akan membantu mengendalikan tekanan darah. Amaranth mengandung squalene yang membantu mengurangi peradangan pada tubuh dan juga mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Melindungi mata


     Amaranth mengandung lutein yang bagus untuk menjaga kesehatan mata kamu. Lutein melindungi mata kamu terhadap katarak dan juga degenerasi makula, risiko terjadinya hal tersebut akan semakin bertambah seiring dengan pertambahan usia.

     Di dalam Amaranth juga terkandung vitamin a dan vitamin c serta beta-karoten, jika ketiga hal tersebut dikombinasikan dengan lutein, maka akan menjaga selaput lendir pada mata menjadi lebih sehat dan melindungi penglihatan kamu.

Baca juga : 18 Manfaat mengonsumsi Arugula untuk kesehatan dan efek samping serta faktanya

4. Menyehatkan rambut


    Lisin merupakan salah satu jenis asam amino langka yang tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh. Lisin pada Amaranth mampu menjaga tampilan rambut agar tetap sehat dan segar secara alami. 

     Selain itu, lisin juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium, dengan meningkatnya jumlah kalsium yang kamu serap, maka rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat serta terhindar dari kebotakan.


manfaat amaranth untuk tubuh
Biji Amaranth

5. Menyamarkan varises


    Dalam Amaranth tergantung flavonoid, dimana rutin termasuk di dalamnya. Bagi sebagian orang, varises mungkin akan menganggu penampilan. Dengan mengonsumsi Amaranth secara teratur dan berkecukupan, maka bisa menyamarkan dan menghilangkan varises. 

    Adanya vitamin c pada Amaranth juga membantu memproduksi kolagen pada tubuh. Produksi kolagen akan memperbaiki dan memperkuat pembuluh darah.

6. Kaya antioksidan


    Selain mempunyai kandungan protein yang tinggi, ternyata Amaranth juga mengandung peptida tertentu. Peptida ini mampu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah aktifitas dari radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

7. Memperkuat tulang


    Daun Amaranth mengandung berbagai jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk kalsium. Amaranth merupakan salah satu jenis sayur yang mempunyai kandungan kalsium yang cukup tinggi.

    Dengan adanya kalsium maka akan membuat tulang kita lebih kuat dan mampu mencegah terjadinya osteoporosis dengan cara mencegah demineralisasi tulang. Demineralisasi tulang akan dialami seiring dengan bertambahnya usia.

8. Memperlancar pencernaan


    Salah satu manfaat dari Amaranth adalah mampu memperlancar proses pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada Amaranth akan membuat tubuh lebih mampu menyerap mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan mempermudah proses pencernaan.


manfaat amaranth untuk kesehatan
Salah satu jenis Amaranth 

9. Cocok bagi yang sedang diet


     Bagi orang yang sedang diet, mengurangi nafsu makan adalah hal yang susah untuk dilakukan. Di dalam Amaranth terdapat beberapa protein tertentu yang mampu menekan nafsu makan. Dengan menurunnya nafsu makan, maka kamu bisa terus melakukan proses diet kamu secara normal dan kemungkinan diet kamu akan berhasil.

10. Mencegah cacat lahir pada bayi


     Folat atau asam folat, merupakan zat yang penting bagi ibu hamil, disarankan beberapa bulan sebelum hamil/saat sedang masa subur, maka si calon ibu diharuskan mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat agar mencegah terjadinya cacat saraf pada bayi. Cacat pada bayi ini terjadi pada masa awal kehamilan.

     Cara mencegah terjadinya cacat saraf pada bayi adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung asam folat. Amaranth merupakan salah satu jenis sayur yang mengadung asam folat.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Kandungan antioksidan, vitamin c dan vitamin pada Amaranth mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar semakin kebal terhadap penyakit. 

      Kebanyakan orang baru menyadari bahwa daya tahan tubuh mereka setelah mereka sakit, sebenarnya kita mampu meminimalkan resiko terkena penyakit jika mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup secara rutin.


Efek samping dari amaranth


       Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi sayur yang satu ini. Berikut efek samping dari sayur Amaranth :

1. Bisa menyebabkan sakit perut dan diare


Amaranth mengandung protein lysinuric yang tidak dapat ditoleransi oleh beberapa orang terutama anak-anak. Protein ini busa menyebabkan sakit perut dan diare.


Berbagai manfaat amaranth untuk kesehatan tubuh
Bunga amaranth


2. Bisa menyebabkan kadar kalsium menjadi berlebihan


      Lisin yang terdapat pada Amaranth akan menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak kalsium dari biasanya. Kondisi ini bisa membahayakan tubuh. Oleh karena itu perhatikan kondisi tubuh terlebih dahulu apakah bisa menolerir penyerapan kalsium yang banyak atau tidak.

Baca juga : Asparagus, sayur yang bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan, efek samping serta faktanya

Fakta tentang Amaranth


       Terdapat beberapa fakta unik yang dimiliki oleh Amaranth, salah satunya adalah tanaman ini bisa tumbuh hingga 130 cm. Berikut ini beberapa fakta mengenai Amaranth :

  1.  Nama latin dari Amaranth adalah Amaranthus.
  2.  Ada lebih dari 10 nama lain dari Amaranth, mulai dari Punkirai, Gulkesh dan beberapa nama yang lain.
  3.  Tanaman ini merupakan tanaman semak yang memiliki masa hidup sekitar 1 tahun.
  4.  Amaranth memiliki tinggi antara 90 hingga 130 cm.
  5.  Bunga Amaranth akan mekar pada bulan Agustus dan Oktober.
  6.  Ada setidaknya 7 varietas dari Amaranth, sampai saat ini.
  7.  Amaranth dapat melakukan penyerbukan secara independen atau tidak tergantung dengan serangga atau tanaman lainnya.
  8.  Nama Amaranth berasal dari bahasa Yunani yaitu "Amarantos" yang berarti kekal atau abadi. Ini mengacu pada bunganya yang tetap bisa menjaga warnanya meskipun sudah dikeringkan.

      Itulah berbagai penjelasan mengenai apa itu sayur amaranth dan manfaatnya untuk tubuh kita. Perlu di ingat untuk selalu mengonsumsi sesuatu secara berkecukupan dan tidak berlebihan karena akan menimbulkan efek samping, begitu pula dengan sayur amaranth yang memiliki beberapa efek samping.

      Semoga setelah membaca artikel ini kamu menjadi lebih tahu. Jangan lupa bagikan informasi ini, jika menurut kamu memang bermanfaat. Terima kasih.       

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

saya pernah liat tanaman seperti ini gan, saya kira itu bayam.. jadi beda ya gan ternyata..

Sebenarnya secara ilmiah inilah yang disebut dengan bayam, tetapi karena di Indonesia yang sering disebut dengan bayam adalah dari jenis spinach, jadi orang tidak terlalu mengenal amaranth. Meskipun sebenarnya keduanya masih satu keluarga, tetapi beda jenis.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon