Saturday, April 22, 2017

Buah Aprikot dan manfaatnya

kasanah.id -  Buah Aprikot mempunyai nama latin Prunus Armeciaca merupakan buah yang berasal dari Armenia. Aprikot dapat dimanfaatkan dengan memakan buahnya secara langsung ataupun dengan menggunakan minyak hasil ekstraksi Aprikot.


Manfaat buah Aprikot :


      Buah Aprikot mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti mengurangi kadar kolesterol. menjaga penglihatan dan lain sebagainya yang akan dijelaskan di bawah ini.


Kandungan nutrisi Aprikot
Kandungan nutrisi Aprikot


1. Mencegah kanker


      Hampir setiap hari tubuh kita akan bersinggungan dengan polusi baik debu, asap kendaraan dan berbagai jenis polusi lainnya yang akan menganggu kesehatan tubuh. 

       Dalam polusi tersebut juga terkandung radikal bebas yang mampu merusak sel dalam tubuh. Akibat dari sel yang rusak dan bermutasi ini, akan menyebabkan kanker.

     Aprikot kaya akan vitamin A dan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Selain itu, keduanya akan memperkuat daya tahan tubuh sehingga tubuh mampu menangkal berbagai macam penyakit.

2. Menjaga kesehatan jantung


     Dengan mengonsumsi Aprikot, anda akan menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit seperti aterosklerosis, stroke dan serangan jantung. Gabungan antara vitamin C, potasium dan serat pada buah Aprikot akan melindungi jantung anda.

     Vitamin C akan melindungi jantung dari radikal bebas dan potassium mampu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan juga arteri. Lalu serat fiber pada Aprikot mengurangi kelebihan kolesterol pada pembuluh darah dan arteri.

3. Menurunkan demam


     Kandungan vitamin, mineral, kalori dan juga air pada Aprikot mampu menurunkan demam. Selain itu antioksidan pada Aprikot juga akan mengurangi kadar racun dalam tubuh. 

     Aprikot juga mengandung beberapa nutrisi yang membantu mencegah terjadinya inflamasi pada beberapa bagian tubuh, yang akan sangat berguna terutama bagi orang yang mengalami asam urat.

Buah Aprikot dan isinya
Buah Aprikot dan isinya


4. Mengobati anemia


     Aprikot mengandung zat besi dan tembaga, keduanya akan membantu proses pembuatan sel darah merah. Dengan bertambahnya jumlah sel darah merah, maka penyakit anemia bisa terobati. 

      Dengan mengonsumsi Aprikot secara rutin dan berkecukupan, metabolisme pada tubuh akan meningkat dan menjaga organ tubuh dalam kondisi sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

5. Membantu mengobati asma


     Minyak Aprikot mengandung ekspektoran dan stimulan didalamnya yang bersifat anti-asma dan membantu mengobati penyakit dan gejala dari asma. 

      Keduanya akan mengurangi tekanan pada paru-paru dan sistem pernafasan sehingga mencegah timbulnya serangan asma.

Lihat juga : inilah manfaat buah acerola

6. Memperlancar pencernaan


     Salah satu buah yang kaya akan serat adalah Aprikot. Serat ini akan memperlancar proses pencernaan pada tubuh kita. Selain itu, serat akan membantu merangsang penyerapan nutrisi oleh tubuh, sehingga jumlah nutrisi yang bisa diterima menjadi lebih maksimal dan juga mampu memecah makanan, agar proses pencernaan menjadi lebih mudah.

7. Memperkuat tulang


     Kandungan mineral-mineral penting pada Aprikot cukup besar jumlahnya, hal ini akan membantu proses pertumbuhan tulang dan menjaga tulang tetap sehat. 

      Pada Aprikot terdapat beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, mangan, besi dan juga tembaga, kelima mineral ini penting untuk mengisi materi pada tulang. Dengan mengonsumsi Aprikot, tulang menjadi lebih sehat dan kuat, serta terhindar dari osteoporosis.

8. Mengobati sakit telinga


     Minyak Aprikot dapat mengobati sakit telinga, cukup dengan meneteskan beberapa tetes ke telinga. Minyak tersebut akan memasuki saluran telinga dan mampu meredakan dan menghilangkan sakit pada telinga. Pada minyak Aprikot terdapat pula antioksidan yang dapat menangkal penyakit.


pohon buah Aprikot
pohon buah Aprikot


9. Menyehatkan mata


    Aprikot mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, Karoten dan Beta-karoten yang penting untuk mencegah timbulnya masalah pada penglihatan anda. Bagi anda yang sering bepergian ataupun berada di luar ruangan, maka mata anda akan mudah terpapar radikal bebas. 

     Radikal bebas mampu menyebabkan timbulnya katarak dan gangguan mata lainnya. Aliran darah ke mata akan terganggu dan berbahaya bagi kesehatan mata kita. 

      Kandungan nutrisi pada Aprikot mampu menangkal radikal bebas dan juga menjaga aliran darah ke mata tetap normal. Selain itu, dengan adanya zat Zea xanthin, akan menyaring cahaya yang masuk ke mata sehingga penglihatan anda menjadi lebih baik.

10. Menjaga keseimbangan cairan tubuh


     Kalium yang terdapat dalam Aprikot membantu menjaga keseimbangan cairan pada tubuh, sehingga seluruh energi dapat disalurkan secara merata ke setiap bagian tubuh. 

      Dengan mengonsumsi Aprikot, keseimbangan elektrolit pada tubuh akan tetap terjaga dan anda siap untuk melakukan aktifitas anda dengan penuh semangat dan berenergi.

11. Baik untuk diet


     Dengan jumlah kalorie yang termasuk rendah, buah yang satu ini cocok untuk melengkapi menu diet anda. Serat pada Aprikot akan membuat anda tetap merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama dan membuat proses pencernaan menjadi lebih cepat, tentu ini akan membuat proses diet anda berhasil.

12. Menghilangkan jerawat


     Beberapa nutrisi pada Aprikot mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat. Caranya, cukup oleskan pasta Aprikot pada bagian kulit yang berjerawat. Lakukan hal tersebut secara teratur maka kulit anda akan menjadi lebih bersih dan bebas jerawat.


Aprikot kering
Aprikot kering


13. Bermanfaat bagi ibu hamil


     Aprikot yang telah dikeringkan disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E serta beberapa mineral penting akan membantu menjaga kesehatan baik bagi ibu dan janin, serta mampu mencegah anemia.

Lihat juga : Mengenal buah Pitanga dan manfaatnya

14. Mengurangi radang sendi


      Seperti telah disinggung beberapa kali bahwa Aprikot mempunyai zat anti-inflamasi yang membuatnya dapat mengurangi terjadinya radang sendi. Ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi ketegangan pada daerah yang sakit.

15. Mencegah pilek dan flu


     Kandungan alami yang dimiliki oleh Aprikot mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh maka secara otomatis, membantu mencegah pilek dan flu. Peningkatan sistem imun juga akan membuat tubuh menjadi kebal terhadap berbagai macam penyakit lainnya.


16. Melembabkan kulit


     Minyak Aprikot sangat bagus untuk kulit kering dan mudah iritasi karena terdapat kandungan lemak esensial dan vitamin A. Dengan secara rutin mengoleskan minyak Aprikot, kulit akan terhindar dari dehidrasi sehingga permukaan kulit menjadi lebih sehat dan lembut.

Efek samping


       Ada beberapa efek samping dari Aprikot yang perlu diperhatikan dan dijadikan pertimbangan. Meskipun efek samping Aprikot bagi ibu hamil dan ibu menyusui masih belum terbukti, tetapi alangkah lebih baik jika tidak mengonsumsi aprikot atau dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

       Mengonsumsi biji aprikot secara berlebihan dapat menghasilkan gejala keracunan sianida diantaranya termasuk mual, demam, sakit kepala, insomnia, lemah, lesu dan berbagai rasa sakit terutama di daerah persendian. Pada kasus yang parah, keracunan sianida menyebabkan kerusakan saraf, komat atau bahkan kematian.

Fakta tentang Aprikot


        Ada beberapa fakta yang dimiliki oleh Aprikot, dibawah ini akan coba diuraikan beberapa fakta dari Aprikot.

  1.  Aprikot merupakan anggota keluarga/family dari bunga mawar.
  2.  Menaruh Aprikot muda dalam kulkas, justru akan membuat proses masaknya terganggu. Tunggu dulu sampai buah ini matang baru masukkan ke kulkas.
  3.  Pohon Aprikot dapat memproduksi buah hingga 20 - 25 tahun.
  4.  Aprikot telah dikembangkan selama 4000 tahun terakhir.
  5.  Tanaman Aprikot ternyata cukup kecil, diameter dari batangnya hanya sekitar 16 inchi. Sedangkan tinggi dari tanaman ini bisa mencapai hingga 39 feet.
  6.  Meskipun kebanyakan menyetujui bahwa Aprikot berasal dari Armenia, namun hingga sekarang masih belum ada persetujuan secara resmi mengenai asal mula Aprikot.
  7.  Aprikot baru dikenalkan ke tanah Amerika pada abad ke 17 oleh orang-orang dari Inggris.
  8.  Di Amerika Serikat terdapat hari nasional Aprikot yang dilaksanakan setiap tanggal 9 pada bulan Januari.

      Sekian artikel mengenai Buah Aprikot dan manfaatnya ini, semoga dapat berguna dan jangan lupa untuk dibagikan dengan orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

gan, kalau aprikot kering apakah menambah kadar gulanya?

setahu saya tidak menambah kadar gulanya, justru karena dikeringkan maka kadar gulanya berkurang.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon