Tuesday, April 25, 2017

Artichoke dan manfaatnya untuk kesehatan serta efek samping dan faktanya

kasanah.id - Sayur yang satu ini sepertinya masih jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan nama latin Cynara cardunculus var. scolymus, sayur ini dapat tumbuh hingga 2 meter. Artichoke banyak tumbuh di wilayah Mediterania. Italia merupakan produsen utama Artichoke pada tahun 2014.


Manfaat Artichoke untuk kesehatan


Ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada Artichoke ini, mulai dari vitamin dan berbagai jenis mineral. Masing-masing nutrisi ini akan memberi manfaat yang berbeda. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari sayur ini, seperti mencegah kanker, menyehatkan tulang dan berbagai manfaat lainnya yang akan dijelaskan dibawah ini.


kandungan nutrisi pada Artichoke
kandungan nutrisi pada Artichoke

1. Mencegah kanker


     Seperti yang telah dijelaskan di awal tadi, salah satu manfaat Artichoke adalah mencegah kanker. Artichoke merupakan salah satu jenis sayur yang mempunyai kandungan antioksidan tertinggi diantara jenis sayur yang lainnya. 

     Dengan banyaknya kandungan antioksidan, radikal bebas yang menyerang tubuh akan bisa diatas. Radikal bebas mampu mengubah sel pada tubuh kita menjadi rusak dan menyebabkan kanker. Pada Artichoke juga terdapat polifenol yang mampu memperlambat dan menghentikan kanker.

     Mengonsumsi Artichoke akan menambah kemampuan tubuh dalam menangkal berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat dan berbagai jenis kanker lainnya. Selain itu, mengonsumsi Artichoke juga mampu mencegah leukimia.

2. Menjaga tekanan darah


     Salah satu jenis mineral penting yang terdapat pada Artichoke adalah kalium. Kalium mampu mengurangi ataupun menetralkan efek yang ditimbulkan oleh sodium. 

      Saat tubuh kelebihan sodium, maka tekanan darah akan meningkat. Bagi orang yang mempunyai masalah dengan tekanan darah, dengan mengonsumsi Artichoke maka masalah terkait tekanan darah bisa berkurang atau bahkan hilang.

Baca juga : Asparagus, sayur yang bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan, efek samping serta faktanya

3. Menyehatkan jantung


     Ada beberapa nutrisi yang ditemukan dalam Arthicoke yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada tubuh. 

      Dengan meningkatnya kadar kolesterol baik, maka penyumbatan pada arteri bisa teratasi. Pengonsumsi Artichoke bisa terhindar dari penyakit jantung seperti serangan jantung maupun stroke.

4. Memperlancar proses pencernaan


     Kaya akan serat membuat Artichoke sangat berguna untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh. Serat ini akan membantu menjaga proses pencernaan di usus agar tetap berjalan dengan baik dan normal. Dengan mengonsumsi Artichoke, kamu juga akan terhindar dari sembelit dan berbagai gangguan pencernaan lainnya. 

     Bagi orang yang menderita diare, serat bisa membantu menyerap kelebihan cairan dan membantu menghentikan diare. Selain itu, serat mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) yang berlebih dan membersihkan arteri sehingga tubuh bisa terhindar dari gangguan jantung.


Artichoke
Artichoke


5. Mencegah cacat pada bayi


     Pada  Artichoke terdapat Asam folat dalam jumlah yang mumpuni. Asam folat mampu mencegah cacat pada bayi yang baru lahir terutama cacat pada saraf. Selama proses hamil, ibu mengandung harus mengatur makanan yang dikonsumsinya agar asupan nutrisi seperti Asam folat dapat tercukupi.

6. Menyehatkan tulang


     Dalam Artichoke terdapat beberapa kandungan mineral seperti magnesium, fosfor dan mangan. Mineral tersebut merupakan mineral yang penting dalam menjaga kerapatan dan kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi Artichoke, maka tubuh akan terhindar dari osteoporosis.

7. Meningkatkan metabolisme


      Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Artichoke memiliki beberapa mineral penting. Ternyata, mineral tersebut tidak hanya menyehatkan tulang tetapi juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. 

      Magnesium akan membantu penyerapan kalsium dan mensintesis protein di seluruh tubuh. Sementara itu, mangan akan membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Lihat juga : Bok Choy, sayur yang punya banyak manfaat

8. Menjaga kesehatan otak


     Banyaknya nutrisi dan mineral yang terkandung pada Artichoke ternyata mempunyai fungsi yang baik dalam meningkatkan kesehatan otak kita. 

      Nutrisi pada Artichoke, mampu meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke otak, efeknya adalah peningkatan kemampuan kognitif. Kandungan fosfor pada Artichoke juga akan membantu menjaga kesehatan otak.

9. Mejaga kesehatan hati


      Ekstrak dari daun dan batang Artichoke dapat menjaga kesehatan hati dan menurunkan kolesterol. Pada Artichoke terdapat dua fitonutrien penting yang mampu menjaga kesehatan hati yaitu sinarin dan silymarin.


Artichoke yang berbunga
Artichoke yang berbunga


10. Cocok dikonsumsi sebagai menu diet


      Artichoke merupakan sayur yang rendah lemah dan kalori, namun kaya akan serat. Makanan yang kaya serat akan mampu diserap oleh tubuh secara cepat dan membuat kamu tetap merasa kenyang. Ini membuat Artichoke cocok untuk ditambahkan ke menu diet kamu.

Efek samping mengonsumsi Artichoke


      Meskipun terdapat banyak manfaat yang terkandung dalam Artichoke, kita harus paham akan beberapa hal terlebih dahulu sebelum mengonsumsi sayur ini. Berikut efek samping yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi artichoke :

1. Bisa menimbulkan reaksi alergi


     Artichoke dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap keluarga Asteraceae / Compositae. Jika kamu memiliki alergi, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum mengambil artichoke.

2. Memperparah penyakit liver


      Bagi penderita penyakit liver / hati, Artichoke tidak boleh dikonsumsi, karena akan memperparah penyakit tersebut. Artichoke hanya cocok untuk mencegah penyakit hati, bukan untuk mengobati. 

3. Bahaya bagi penderita kandung kemih


      Hal serupa juga perlu menjadi perhatian bagi penderita kandung kemih, Artichoke akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak urin, ini akan memperparah penyakit yang timbul akibat gangguan kandung kemih.

4.  Bisa menimbulkan penyumbatan saluran empedu


      Artichoke bisa berhaya bagi saluran empedu karena bisa membuat terjadinya penyumbatan saluran empedu dengan cara meningkatkan aliran empedu. Untuk orang - orang yang mempunyai masalah dengan saluran empedu lebih baik tidak mengonsumsi sayur artichike tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Fakta mengenai artichoke


      Ada beberapa fakta unik yang dimiliki oleh artichoke yang patut untuk disimak. Berikut fakta unik dari artichoke :

  1.  Secara teknik, artichoke adalah tunas dari bunga yang belum berkembang
  2.  Artichoke pertama kali disebut pada literatur sekitar 40 - 70 Masehi di The Greek Herbal of Dioscorides, sebuah buku tentang penggunaan tanaman obat.
  3. Orang - orang Yunani dan Romawi menganggap artichoke sebagai afrodisiak atau makanan pembangkit gairah.
  4. Karena sifat afrodisiaknya maka wanita dilarang mengonsumsi artichoke, praktik ini berlangsung sampai abad ke-16. 
  5. Istri dari King Henry II, Catherine de Medici adalah orang yang memperkenalkan artichoke ke negara Prancis pada abad ke-16.
  6. Artichoke dikenalkan ke Inggris oleh orang - orang dari Belanda pada tahun 1500an.
  7. Sedangkan untuk Amerika Serikat, artichoke dikenalkalkan pada abad ke-19 oleh imigran dari Prancis dan Spanyol. Baru mulai pada abad ke-20 artichoke ditanam secara luas di AS.
  8. Di AS, 16 maret adalah Hari Jantung Artichoke Nasional.
  9. Artichoke sebaiknya tidak dimasak dengan alat masak dari alumunium, karena warnanya akan berubah warnanya menjadi abu - abu.
  10.  Di Vietnam dan Meksiko, artichoke sering dibuat menjadi teh herbal dan sangat populer disana.
   
    Berbagai manfaat mengenai artichoke telah kita ketahui. Perlu selalu di ingat untuk mengonsumsinya dalam batas wajar karena ada beberapa efek sampingnya.

     Sekian artikel ini , semoga dapat berguna dan jangan lupa dibagikan ke orang lain.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon