Sunday, April 23, 2017

Asparagus, sayur yang bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan, efek samping serta faktanya

kasanah.id - Sudah kenal dengan sayur yang satu ini ?. Asparagus merupakan jenis sayur yang sudah dikonsumsi sejak 4000 tahun lalu. Sayur ini dikenal pertama kali di beberapa negara eropa dan timur tengah. Selain sebagai sayur, Asparagus juga digunakan sebagai obat.


Manfaat Asparagus untuk kesehatan dan kesuburan


      Jika Asparagus juga digunakan sebagai obat, maka sudah tentu banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya. Asparagus memang mempunyai berbagai nutrisi yang bisa menyehatkan dan menjaga tubuh kita, berikut beberapa manfaat Asparagus :


kandungan nutrisi asparagus dan fakta tentang asparagus
kandungan nutrisi asparagus


1. Mencegah kanker


      Kanker merupakan salah satu penyakit yang sering diakibatkan oleh radikal bebas. Penangkal untuk radikal bebas adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. 

      Sulfur yang ditemukan dalam glutathione pada Asparagus, terbukti mampu menghilangkan karsinogen dalam tubuh dan mendaur ulang antioksidan.

     Dari kedua hal tersebut, tubuh mampu menangkal penyebab beberapa jenis kanker ( kanker tulang, payudara, paru-paru, pankreas, leher rahim dan juga usus besar ). Selain itu, Asparagus juga mengandung folat yang mampu mencegah sel pada tubuh bermutasi menjadi sel kanker.

2. Menyembuhkan epilepsi


     Penyakit epilepsi adalah penyakit kronis yang mempengaruhi kinerja otak dan menyebabkan kejang secara berulang-ulang. Penyebabnya adalah otak mentransmisikan sinyal abnormal sebagai akibat perubahan ireversibel pada jaringan otak. 

    Akar Asparagus racemosus dapat digunakan sebagai anti-epilepsi dan membantu dalam menyembuhkan gejala epilepsi.

3. Menurunkan kolesterol


     Asparagus merupakan salah satu jenis sayur yang mengandung banyak serat. Serat ini akan mampu dicerna secara baik oleh tubuh dan pada akhirnya dapat membantu mengurangi kolesterol. Konsumsi Asparagus secara rutin dan berkecukupan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca juga : Amaranth dan manfaatnya untuk tubuh kita, efek samping serta faktanya

4. Meringankan PMS


     Ekstrak Asparagus dapat digunakan untuk mengurangi kembung sebelum menstruasi. Asparagus juga memiliki beberapa nutrisi penting yang dapat mengurangi depresi dan kelelahan, sekaligus mengurangi kram akibat menstruasi. Selain itu, Asparagus juga membantu mengendalikan jumlah darah dan keseimbangan hormon, selama menstruasi.

5. Menjaga kesuburan


     Akar Asoaragus racemosus dapat digunakan untuk membantu mengatur hormon pada pria dan wanita. Manfaat lainnya adalah dapat mengurangi kecemasan dan membantu menyembuhkan kelemahan fisik serta mental pada pria. Hal ini akan meningkatkan libido dan jumlah sperma yang pada akhirnya bisa menjaga kesuburan.

manfaat asparagus untuk kesehatan
Asparagus


6. Menjaga kadar Homosistein


     Homosistein merupakan salah satu jenis asam amino pada tubuh. Peningkatan homosistein dapat menibulkan penyakit serius seperti kerusakan pembuluh darah, aterosklerosis, pembekuan darah di pembuluh darah dan juga gangguan jantung. 

     Jumlah vitamin B pada Asaparagus terhitung cukup banyak, vitamin B sangat penting untuk mengatur kadar homosistein pada tubuh. Vitamin B akan mengubah homosistein menjadi sistein, sekaligus mengatur kadarnya.

7. Baik bagi ibu hamil


     Asparagus mengandung folat yang cukup tinggi, ini akan membantu mengurangi cacat pada bayi dan sekaligus menjaga berat badan bayi agar tidak terlalu rendah. Selain itu, folat penting untuk pertumbuhan neuron janin.

8. Mencegah diabetes


     Pada Asparagus terdapat beberapa nutrisi penting untuk membantu mencegah timbulnya penyakit kronis, salah satunya adalah diabetes. 

     Asparagus juga mempunyai mineral penting seperti kromium yang dapat mengatur gula darah. Dengan menurunnya gula darah dan meningkatnya sekresi insulin, maka akan memberikan efek anti-diabetes.

9. Mencegah katarak


      Asparagus kaya akan vitamin A yang penting untuk penglihatan. Selain itu, Asparagus kaya akan antioksidan yang membantu mempertahankan retina dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Pada Asparagus juga terdapat asam amino glutathione yang dapat mencegah penyakit mata seperti katarak dan rabun senja.

10. Mengurangi radang sendi


      Asparagus yang kaya akan folat, mampu meringankan rasa sakit akibat radang sendi dan juga mengurangi penyakit lainnya yang berhubungan dengan sendi. 

      Selain itu, ketegangan pada daerah yang  terkena radang sendi juga akan berkurang. Bagi orang yang mempunyai rematik, mengonsumsi Asparagus tentu akan sangat membantu.

11. Mengobati tuberkulosis


      Akar Asparagus jenis racemosus dikenal dapat menyembuhkan penyakit seperti tuberkulosis dan bronkitis. Selain itu, jenis ini juga mampu menyehatkan jaringan paru-paru dan membantu mengobati infeksi pada tenggorokan.

12. Anti depresan


      Nutrisi yang terdapat pada Asparagus dapat bermanfaat sebagai obat untuk mengurangi kecemasan dan depresi. Dengan mengonsumsi Asparagus akan meningkatkan daya ingat, meningkatkan produksi dan sekresi estrogen serta dapat menenangkan saraf.

13. Meningkatkan pertumbuhan sel


     Asparagus mengandung zat tembaga yang dibutuhkan untuk mengoksigenasi sel darah merah dan hasilnya produksi sel akan bertambah. Dengan bertambahnya sel, tubuh akan menjadi lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

manfaat asparagus untuk kesuburan
sayur Asparagus bisa ditambahkan ke salad


14. Melindungi kelenjar tiroid


      Kelenjar tiroid merupakan salah satu bagian yang penting untuk tubuh kamu. Dengan fungsinya untuk mensekresikan tiroksin dan hormon tiroid lainnya, maka kelenjar tiroid harus dijaga dengan baik. Efek yang ditimbulkan jika kelenjar tiroid tidak dapat berfungsi dengan baik adalah otot kamu menjadi lemah, kelelahan, susah tidur, penambahan berat badan dan lain sebagainya.

     Asparagus mengandung selenium yang mampu mengatasi masalah pada kelenjar tiroid. Selenium juga akan melindungi kelenjar tiroid dengan cara mengatur produksi oksigen didalamnya dan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tahan terhadap penyakit.

15. Mencegah pendarahan dalam


       Pendarahan dalam bisa sangat berbahaya baik untuk organ tubuh kamu maupun tubuh secara keseluruhan. Untuk mengatasi pendarahan dalam, tubuh perlu memperoleh vitamin K. Asparagus memiliki kandungan vitamin K dan bisa melindungi tubuh dari terjadinya pendarahan dalam.

       Lain dari hal itu, vitamin K dapat mempercepat pembekuan darah jika sewaktu-waktu terjadi pendarahan baik pendarahan luar ataupun pendarahan dalam. Dengan mengonsumsi Asparagus, maka organ tubuh akan terjaga dan tetap sehat.

Efek samping Asparagus


      Memang Asparagus mempunyai banyak manfaat, tapi pada beberapa kondisi, seseorang tidak diperbolehkan mengonsumsi Asparagus. Asparagus memang baik untuk ibu hamil, tetapi jumlah konsumsinya harus sesuai dengan anjuran dokter.

1. Bisa menimbulkan reaksi alergi

      
      Bagi beberapa orang, Asparagus bisa menyebabkan reaksi alergi, oleh karena itu kenali terlebih dahulu tubuh kamu. Jika kamu alergi terhadap daun bawang ataupun bawang bombay, maka kemungkinan besar kamu akan alergi terhadap Asparagus, karena Asparagus masih satu keluarga dengan tumbuhan tersebut.

2. Berbahaya bagi penderita batu ginjal


      Bagi orang yang memilliki batu ginjal, Asparagus bisa memperparah kondisi ginjal pada penderitanya. Konsumsi Asparagus akan meningkatkan jumlah urin dan hal tersebut berbahaya bagi orang yang menderita batu ginjal.

efek samping dan fakta tentang asparagus
Steak dengan asparagus dan sayuran lainny

3. Bisa membuat urin menjadi lebih bau daripada biasanya


      Pada asparagus terdapat asam khusus yang hanya ada pada jenis sayur ini yaitu asam asparagusik, tentu dari namanya saja sudah kita tahu bahwa ini ekslusif hanya ada pada asparagus. Senyawa ini saat akan dikeluarkan melalui urin akan terpecah dan menghasilkan bau yang kuat dan tidak sedap seperti belerang.

4. Tidak cocok untuk orang dalam pengobatan anti hipertensi 


     Asparagus diketahui memiliki peran positif dalam mengatur tingkat tekanan darah, sehingga mengurangi risiko yang terkait dengan hipertensi. Namun, jika kamu hipertensi dan sudah diberi obat anti hipertensi, maka sebaiknya hindari mengonsumsi asparagus. Asparagus mungkin bisa bereaksi dengan obat-obatan tersebut, memaksa tingkat tekanan darah turun ke tingkat yang berbahaya.

Baca juga : Artichoke dan manfaatnya untuk kesehatan serta efek samping dan faktanya

 Fakta unik dari Asparagus 

  
      Asparagus, selain memberi banyak manfaat untuk tubuh ternyata juga memiliki beberapa fakta unik. Mari kita simak fakta unik dari asparagus :
  1. Asparagus sebenarnya termasuk dalam keluarga tanaman bakung atau lily. 
  2. Asparagus ternyata masih memiliki hubungan dengan bawang merah dan bawang putih, meskipun bentuknya beda jauh.
  3. Ratu Nefertiti mengklaim bahwa asparagus adalah "the food of the God" atau makanan para dewa.
  4. Salah satu jenis asparagus yang paling terkenal didunia dinamai dengan Martha Washington, istri dari George Washington. 
  5. Dari seluruh asparagus yang tumbuh di Amerika Serikat, negara bagian California menumbuhkan setidaknya 70% diantaranya. Dengan jumlah total lebih dari 50.000 ton setiap tahunnya.
  6.  Asparagus putih sebenarnya sama saja dengan asparagus hijau, tapi asparagus putih ditanam dibawah tanah sehingga tidak mampu memproduksi klorofil dan warnanya pun berubah menjadi putih.
  7. Ternyata ayam mampu membantu proses pertumbuhan asparagus dengan cara membantu menghilangkan gulma di sekitar tanaman asparagus. Hal ini telah dibuktikan oleh pasangan yang bernama Rick dan Marilyn Stanley dari Chick farm di Wells, Maine. 

       Nah itu tadi berbagai informasi mengenai manfaat asparagus untuk kesehatan dan kesuburan. Selain itu juga dibahas mengenai efek samping dan fakta mengenai asparagus. Ingat, mengonsumsi asparagus boleh - boleh saja, tetapi jangan berlebihan dan perhatikan efek sampingnya sebelum mengonsumsi.

      Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang di sekitar kamu. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

baru tau kalo asparagus ternyata bisa nemambah jumlah urin gan.. tapi untungnya lebih banyak manfaatnya dari efek sampingnya.., suka banget sama asparagus.., (y)

memang itu adalah efek samping dari asparagus. Silahkan konsumsi asparagus, tapi jangan lupa untuk memperhatikan porsi dan kebutuhan tubuh, serta efek samping yang ditimbulkan.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon