Thursday, April 27, 2017

Bok Choy, sayur yang punya banyak manfaat

kasanah.id - Kenalkah dengan sayur ini? Jika belum, mari kita berkenalan dulu dengan sayur jenis ini. Bok choy mempunyai nama latin Brassica rapa chinensis. Sayur ini juga disebut dengan sawi hijau ataupun kubis cina.

     Bok choy dapat berasal dari dataran utama China, Filipina, Vietnam dan wilayah Asia Timur. Namun saat ini, sayur ini dikembangkan ke berbagai negara. Sayur ini mampu tumbuh di wilayah dataran rendah dan dataran tinggi. Bahkan Bok choy juga mampu tahan terhadap musim dingin.

    Sayur jenis ini sebaiknya dikonsumsi jika sudah dimasak atau dengan kata lain tidak disarankan untuk memakan Bok choy dalam kondisi mentah. Penjelasan lebih lanjut akan dituliskan di bagian bawah artikel ini.


Manfaat Bok Choy 


     Bok choy mengandung beberapa vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh. Tercatat beberapa manfaat terdapat dalam sayur ini, mulai dari mencegah kanker, memperkuat tulang, menyehatkan jantung dan berbagai manfaat lainnya yang akan dijelaskan di bawah ini.


Kandungan nutrisi Bok Choy
Kandungan nutrisi Bok Choy


1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


     Pada sayur jenis ini terdapat kandungan vitamin C dan antioksidan. Adanya 2 hal itu membuat  Bok choy dapat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

     Antioksidan juga akan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas, tubuh akan menjadi terhindar dari berbagai macam penyakit terutama dari penyakit seperti batuk dan pilek.

2. Memperlancar proses pencernaan


     Bok choy mengandung banyak serat yang akan membantu proses pencernaan sekalipus membersihkan saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi sayur ini, usus menjadi sehat dan bebas penyakit.

3. Anti-inflamasi


     Sayur ini mengandung banyak nutrisi yang berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh. 

     Peradangan yang terjadi dalam tubuh, tidak hanya bisa menyebabkan rasa nyeri saja tetapi jika terus dibiarkan akan mengakibatkan timbulnya penyakit kronis. Penting bagi tubuh kita untuk terus terasupi dengan makanan yang mempunyai nutrisi anti inflamasi.


Lihat juga : Artichoke dan manfaat yang terkandung di dalamnya


4. Memperkuat tulang


     Vitamin K yang terdapat pada Bok choy akan membantu metabolisme tulang dan pembekuan darah, serta mencegah osteoporosis.

     Jumlah vitamin K yang terdapat dalam Bok choy terhitung cukup banyak jika dibandingkan dengan sayur lainnya. Vitamin ini tidak hanya mampu memperkuat tulang tetapi juga mencegah penyakit alzheimer dengan membatasi kerusakan neuron pada otak. 

      Bok choy juga mengandung kalsium, mineral yang penting untuk tulang. Jumlah kalsium yang terdapat pada sayur ini juga tergolong banyak, jika dibandingkan dengan susu.

5. Menyehatkan ginjal


     Jika anda ingin memelihara kesehatan ginjal maka sayuran ini cocok untuk anda konsumsi. Pada Bok choy terkandung sulforaphane yang akan membantu menormalkan fungsi sel pada tubuh sekaligus menyehatkan ginjal. 

Sayur Bok Choy
Sayur Bok Choy


6. Mencegah kanker


     Bok choy merupakan sayur yang mempunyai sifat anti kanker. Dengan mengandung senyawa flavonoid dan sulfur, Bok choy dapat membantu dalam mencegah kanker. Mengonsumsi sayur ini akan menurunkan resiko terkena kanker paru-paru, kolon, rektum dan payudara.

7. Mengatur tekanan darah


    Sayur ini mengandung potasium dan magnesium yang berguna dalam mengatur tekanan darah. Selain itu, Bok choy juga mengandung kalium dan folat yang dapat mengatur tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah sekaligus menjaga aliran darah.

8. Menjaga kesehatan sistem saraf


     Dalam sayur ini terdapat kandungan kalium, asam folat dan vitamin B6 yang berfungsi untuk memperbaiki sistem saraf. Hasilnya, sistem saraf akan tetap terjaga sehingga dapat berfungsi secara normal.

9. Menyehatkan kulit


     Ada banyak polusi yan gmenghampiri kulit kita setiap hari, efeknya adalah timbulnya berbagai masalah pada kulit, mulai dari kulit kering, jerawat dan lainnya. 

     Bok choy mengandung banyak nutrisi yang membantu mencegah masalah kulit seperti keriput, ruam, jerawat, kulit kering , bintik-bintik dan berbagai masalah lainnya. Sayur ini juga menjaga kulit tetap lembab.

10. Mencegah cacat lahir


     Bok choy mengandung vitamin B komplek, terutama vitamin B9. B9 (folat) penting untuk membantu pertumbuhan dan pembelahan sel selama masa kehamilan dan saat bayi telah lahir. 

     Jika ibu hamil kekurangan folat maka akan mengakibatkan berat badan bayi yang lahir kurang dari normal dan mungkin terjadi cacat tabung neural pada bayi yang baru lahir.

Lihat juga : Manfaat Cabai Rawit untuk kesehatan

11. Meningkatan kesehatan mata


     Terdapat kandungan beta-karoten, zea xanthin dan lutein yang bermanfaat bagi penglihatan. Karotenoid membantu melawan penuaan yang terjadi pada mata, mencegah katarak, memperbaiki penglihatan khususnya di malam hari.

      Lutein berfungsi untuk menyaring cahaya yang masuk ke mata, terutama cahaya matahari yang dapat menyebabkan katarak.

12. Cocok untuk diet


      Kandungan nutrisi yang cukup banyak pada Bak choy akan membuat badan tetap sehat dan segar meskipun sedang melakukan diet. Selain itu, sayur ini mengandung jumlah kalori dalam jumlah kecil yang akan membantu dalam proses diet.

Bok Choy yang belum dipanen
Bok Choy yang belum dipanen


13. Menyehatkan jantung


      Asam folat dan vitamin B6 yang terdapat dalam Bok choy akan membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung dengan mengurangi kadar homosistein. 

      Terdapat pula senyawa belerang yang mampu memperbaiki kesehatan arteri, efeknya jantung menjadi lebih sehat.

14. Mencegah rambut rontok


      Dengan mengonsumsi Bok choy, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih cepat. Bok choy juga mengandung zat besi yang penting dalam mencegah kerontokan pada rambut.

15. Sumber energi


      Bok choy mengandung banyak nutrisi yang dapat berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh, terutama vitamin B. Vitamin B merupakan sumber energi yang penting dan akan membuat tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Efek samping Bok choy


      Pada Bok choy terdapat enzim yang dapat membahayakan tubuh. Enzim myrosinase ini mampu menurunkan penyerapan iodium ke tiroid sehingga membuat tubuh kekurangan tiroid. Jika kadar enzim masih dalam kondisi normal, maka tidak akan membahayakan tubuh. 

     Agar kadar enzim tersebut dapat berkurang dan keluar dari Bok choy maka sayur ini harus dimasak terlebih dahulu sebelum bisa dikonsumsi.


      Sekian artikel mengenai Bok Choy, sayur yang punya banyak manfaat. Semoga berguna dan jangan lupa bagikan ke orang-orang di sekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon