Monday, April 17, 2017

Inilah manfaat buah Acerola

kasanah.id - Sudah kenalkah dengan buah yang satu ini?. Acerola atau yang biasa disebut dengan west Indian cherry, merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

      Acerola merupakan buah yang dapat ditemukan di Amerika Selatan, Meksiko, Puerto Rico, Republik Dominika. Brazil dan juga di Amerika Tengah. Tetapi saat ini, Acerola telah dikembangkan ke berbagai negara tropis dan subtropis, Acerola juga mampu tumbuh di Jawa.


Manfaat buah Acerola 


     Dengan mengandung berbagai nutrisi didalamnya, tentu saja Acerola mempunyai banyak manfaat jika dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan, beberapa manfaat dari Acerola adalah sebagai berikut :


Kandungan nutrisi Acerola
Kandungan nutrisi Acerola

1. Mencegah kanker


     Radikal bebas yang sering menyerang tubuh, dapat mengubah sel pada tubuh menjadi rusak dan berujung pada timbulnya kanker ataupun penyakit lainnya. 

      Acerola mempunyai antioksidan berupa karotenoid dan bioflavonoid, keduanya merupakan zat yang mampu menetralisir adanya radikal bebas. Selain mencegah, Acerola juga terbukti mampu memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker paru-paru.

2. Mencegah terjadinya Scurvy


      Kekurangan vitamin c pada tubuh akan mengakibatkan timbulnya scurvy yaitu kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah dan pendarahan kulit. Acerola mengandung vitamin c dan mampu mencegah timbulnya scurvy.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Vitamin c dapat memicu produksi sel darah putih yang akan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Bagi anda yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, dengan mengonsumsi Acerola akan secara cepat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Konsumsilah Acerola secara cukup dan rutin setiap harinya.

Buah acerola yang sudah matang
Buah acerola yang sudah matang


Lihat juga : Buah Aprikot dan Manfaatnya


4. Menunda penuaan


     Acerola kaya akan kandungan antioksidan yang tidak hanya mampu mencegah terjadinya kanker tetapi juga dapat membersihkan racun dalam tubuh. 

     Karetonoid di Acerola dapat melindungi mata dan menjaga kesehatan kulit anda. Sedangkan bioflavonoid membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah  timbulnya penyakit akibat bertambahnya usia kita.

5. Menyehatkan jantung


     Banyak kandungan kalium akan membantu menjaga kesehatan jantung anda. Kalium akan membantu menurunkan tekanan jantung dengan cara memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Hal ini dapat pula mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung.

6. Melancarkan proses pencernaan


     Memang serat yang terdapat pada Acerola tidak sebanyak serat yang terdapat pada buah - buah lainnya. Tetapi serat ini sudah cukup untuk membantu melancarkan proses pencernaan anda. Acerola mampu mengurangi sembelit, kembung. diare, kram ataupun tukak lambung.

7. Memperbaiki metabolisme tubuh


     Kandungan vitamin B pada Acerola yang disertai dengan beberapa zat lainnya seperti niacin, riboflavin dan asam folat mampu mengatur proses hormonal dan proses metabolisme pada tubuh anda. Dengan mengonsumsi Acerola secara rutin, metabolisme tubuh akan menjadi normal.

8. Baik bagi penderita diabetes


     Mengonsumsi Acerola dengan rutin dan dalam porsi yang cukup, akan membantu memperlambat proses pelepasan gula ke aliran darah, Dengan hal ini pula, akan mencegah terjadinya lonjakan kadar gula dalam darah yang bisa berakibat fatal bagi penderita diabetes. Bagi orang yang sehat, Acerola akan membantu proses pengaturan kadar gula dalam darah.

Lihat juga : Ternyata ini manfaat jeruk untuk tubuh

9. Membantu mengurangi penyakit pada lambung dan usus


     Dengan menongsumsi Acerola akan membantu proses pembersihan kotoran pada usus. Hal ini tidak hanya membantu proses pencernaan anda tetapi juga membantu menyehatkan organ pencernaan lainnya seperti lambung.

10. Membantu menurunkan berat badan


      Bagi anda yang sedang melaksanakan diet, maka Acerola merupakan buah yang cocok anda konsumsi. Acerola mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh dan dapat mengontrol obesitas. Dengan mengonsumsi Acerola akan memperlancar proses diet anda sekaligus menyehatkan badan.

buah acerola
Buah Acerola 

11. Sebagai sumber energi


     Kandungan karbohidrat dan zat mangan pada Acerola akan memberikan sumber energi baru pada tubuh. Setelah anda mengonsumsi Acerola badan akan menjadi lebih sehat dan bugar.

12. Mencegah timbulnya penyakit pada saraf otot


      Acerola mengandung zat besi yang penting bagi tubuh. Zat besi ini membantu pembentukan hemoglobin sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit pada saraf otot. Selain itu, zat besi pada Acerola juga dapat menstabilkan suhu badan dan memperlancar metabolisme.

13. Membantu proses pembentukan dan pemeliharaan kolagen


     Adanya asam akrobat yang terdapat pada vitamin c di buah Acerola, mampu proses pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen akan menjadi sumber protein pada tubuh yang menjadikan kulit dan tubuh anda sehat.

Efek samping dari Acerola


      Setelah membahas manfaat dari Acerola, hal yang harus anda ketahui adalah mengonsumsi Acerola secara berlebihan akan membawa efek samping seperti sulit tidur, sakit perut bahkan hingga diare, reaksi pada setiap orang mungkin akan berbeda.

       Bagi anda penderita encok, buah ini tidak cocok untuk anda konsumsi, karena kandungan vitamin c pada buah ini terlalu banyak. Tidak diketahui efek samping Acerola pada ibu hamil dan menyusui, tetapi buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Konsumsi Acerola secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko batu ginjal.


Fakta tentang Acerola


       Buah yang bernama latin Malphigia emarginata ini mempunyai banyak fakta, tetapi pada kesempatan ini akan dirangkum beberapa fakta unik dari buah Acerola. Berikut fakta unik dari buah Acerola :

  1.  Ada setidaknya 18 nama lain dari buah yang satu ini. Tentu saja 18 nama lain ini berasal dari negara yang berbeda. Contohnya di Filipina buah ini disebut Malpi sedangkan di Suriname dengan nama Shimarucu.
  2.  Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun saat ini buah ini justru paling banyak dikembangkan di Texas dan India.
  3.  Tanaman Acerola dapat tumbuh antara 3 - 6 meter.
  4.  Bunga Acerola dapat tumbuh pada musim panas dan musim gugur.
  5.  Berdasarkan rasanya, ada dua jenis Acerola, pertama Acerola dengan rasa manis dan Acerola yang kedua dengan rasa asam.


      Semoga artikel Inilah manfaat buah Acerola ini dapat berguna bagi anda. Jika memang bermanfaat, bagikan artikel ini ke orang lain. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

Beli dimana ya buahnya? Masalahnya ini pertama kali saya tahu ada buah acerola...

maaf mas kalo itu saya masih belum tahu lokasi tepat dimana harus beli buah tersebut.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon