Saturday, April 29, 2017

Manfaat dari buah Nangka untuk tubuh kita

kasanah.id - Tahukah anda mengenai buah Nangka? Buah yang bernama latin Artocarpus heterophyllus ini, biasa juga disebut dengan buah jack fruit. Buah ini merupakan buah nasional di negara Banglades.

     Nangka merupakan buah asli dari wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah ini dapat tumbuh di negara-negara tropis dan biasa dikembangkan di wilayah dataran rendah. 

      Selain rasanya yang manis dan lembut, buah Nangka mengandung banyak serat dan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.


Manfaat Buah Nangka/Jack Fruit 


     Buah Nangka mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin, mineral, fitonutrien, karbohidrat, elektrolit, serat, lemak dan protein. 

      Meskipun mengandung kalori tetapi tidak terdapat lemak jenuh dan juga kolesterol pada buah nangka. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memakan buah ini yang akan dijelaskan di bawah ini.


Kandungan nutrisi buah nangka
Kandungan nutrisi buah nangka


1. Mencegah kanker


     Nangka mengandung antioksidan dan fitonutrien serta vitamin C, kandungan nutrisi pada buah nangka tersebut membuat buah ini bermanfaat dalam mencegah dan menyembuhkan kanker. 

      Ada beberapa jenis kanker yang dapat disembuhkan dan dicegah dengan mengonsumsi buah ini mulai dari kanker paru-paru, kanker payudara, kanker lambung, kanker kulit dan kanker prostat. Nutrisi pada buah ini akan mencegah pengrusakan pada sel, sehingga sel tidak akan berubah menjadi sel kanker.


2. Mengendalikan asma


     Buah nangka merupakan buah yang bermanfaat dalam mencegah dan mengendalikan penyakit asma. Dengan menggunakan ekstrak dari akar buah nangka, penyakit asma akan bisa dikendalikan dan diredakan.


3. Mengatur tekanan darah


     Pada buah ini terdapat kandungan mineral kalium yang penting bagi kesehatan tubuh. Kalium akan mengatur tekanan darah supaya tetap dalam taraf normal, efeknya adalah tubuh bisa terhindar dari serangan jantung, stroke ataupun ganguan jantung lainnya.


Nangka yang masih muda
Nangka yang masih muda


4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


     Buah Nangka mengandung vitamin C yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C akan membantu dalam proses produksi sel darah putih. Sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat akan membuat tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi ataupun virus.

Lihat juga : Buah Alpukat dan berbagai manfaatnya


5. Menyehatkan mata


      Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang terdapat dalam buah Nangka. Nutrisi ini membuat buah Nangka bermanfaat dalam menyehatkan mata. Selain itu, mata juga akan terhindar dari penyakit katarak dan proses penuaan mata juga akan diperlambat.


6. Sumber energi


     Nangka merupakan salah satu buah yang kaya akan sumber energi. Pada Nangka terdapat fruktosa dan sukrosa yang meningkatkan energi dalam tubuh.

     Meskipun buah Nangka mengandung banyak sumber energi tetapi buah ini tidak mengandung lemak jenuh ataupun kolesterol sehingga baik untuk dikonsumsi.


7. Memperkuat dan menyehatkan tulang


      Nangka mengandung magnesium yang akan membantu proses penyerapan kalsium dan membantu kalsium dalam memperkuat tulang. Ketika tulang menjadi kuat dan sehat, kita akan terhindar dari gangguan pada tulang seperti osteoporosis.


8. Mencegah anemia


     Ada banyak nutrisi penting dalam buah Nangka, seperti vitamin A, C, E, K, B6 serta nutrisi lainnya seperti Niacin, Folat, Asam Pantonenat, Tembaga, Mangan dan Magnesium yang dapat membantu proses pembentukan darah terutama sel darah merah. Nutrisi ini membantu proses penyerapan zat besi, nutrisi ini akan mencegah dan menyembuhkan anemia.


Buah nangka yang belum dipanen
Buah nangka yang belum dipanen


9. Mengatur gula darah


     Salah satu penyebab dari tingginya gula darah adalah tubuh kekurangan mineral mangan. Dalam buah Nangka, ternyata terdapat cukup kandungan mangan yang akan mengatur tekanan darah pada tubuh sehingga menjadi normal.

Lihat juga : 11 Manfaat Ciplukan bagi tubuh

10. Mengurangi keriput


     Nutrisi yang terdapat pada buah Nangka dapat membantu mengurangi keriput pada kulit. Caranya adalah dengan dengan menyelupkan biji nangka ke dalam susu yang dingin. Lalu remukkan biji nangka tersebut dan tempelkan ke bagian yang keriput.

      Sekian artikel mengenai Manfaat dari Jack Fruit untuk tubuh kita, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ini.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

4 komentar

oh ternyata buah nangka sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh kita, saya kira cuman buah biasa. Selain itu, nangka juga bagus untuk kulit ya?. Terima kasih atas informasinya, saya jadi tahu.

iya, ada banyak manfaat dari buah nangka, salah satunya bisa memperbaiki kualitas kulit. Terima kasih sudah berkunjung.

ternyata banyak banget ya manfaat yang bisa didapat dari nangka ini, dan ternyata bisa buat ngurangin keriput. Baru tau nih. Thans gan

iya, ada banyak manfaat dari buah nangka salah satunya baik untuk kulit. Terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon