Sunday, April 16, 2017

Ternyata ini manfaat jeruk untuk tubuh

kasanah.id - jeruk merupakan salah satu buah yang cukup populer. Saking populernya, jeruk sangat mudah di dapatkan, mulai dari toko buah di pinggir jalan hingga ke supermarket. 

     Jeruk merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Timur. Ada beberapa spesies dari jeruk, misalnya jeruk nipis, jeruk citrus, jeruk keprok, jeruk bali dan lainnya.


Manfaat jeruk untuk tubuh :


Ada beragam manfaat buah jeruk untuk tubuh kita, yang jelas dengan mengonsumsi buah jeruk akan membuat badan kita lebih segar dan sehat.

Kandungan nutrisi pada jeruk
Kandungan nutrisi pada jeruk

1. Mencegah kerontokan rambut


     Seperti kita ketahui, bahwa jeruk mempunyai banyak kandungan Vitamin C. Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, kolagen akan menjaga agar jaringan - jaringan pada rambut tetap kuat dan akan mencegah kerontokan. Untuk para wanita, agar rambut anda tidak rontok, konsumsilah jeruk setiap hari.


2. Mencegah penyakit ginjal


     Dengan mengonsumsi jeruk, akan membantu mencegah berbagai penyakit ginjal dan juga mencegah terjadinya batu ginjal. 

      Tapi perlu diingat bahwa jeruk juga mengandung gula yang tinggi, dengan mengonsumsi jeruk secara berlebihan akan membuat kerusakan gigi dan juga dapat menghancurkan lapisan enamel pada gigi.

3. Mencegah kanker


     Selain kedua manfaat di atas, ternyata jeruk juga mampu mencegah kanker. Jeruk mengandung senyawa yang disebut dengan D-limonene, senyawa ini dapat mencegah timbulnya berbagai macam jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker kulit, kanker payudara dan berbagai jenis kanker lainnya. 

      Jeruk juga mengandung antioksidan dan vitamin c yang memperkuat sistem imun tubuh, sehingga mampu mencegah penyakit kanker.

jeruk
buah jeruk


4. Menurunkan kolesterol


     Saat ini penyakit kolesterol tidak hanya menyasar orang-orang yang dewasa, bahkan banyak anak muda yang kolesterolnya melebihi ambang batas normal. 

      Bagi anda yang kadar kolesterolnya berlebih, konsumsilah jeruk. Jeruk yang memiliki serat - serat yang mudah larut, dimana juga terkandung Pectin dan Hesperidin, akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Menyehatkan jantung


     Jeruk mengandung banyak potasium yang akan menjaga dan memelihara jantung agar tetap dalam kondisi sehat dan normal. Ketika jumlah potasium lebih rendah daripada seharusnya, ritme dari jantung anda akan menjadi tidak normal, penyakit ini disebut dengan aritmia

6. Menjaga kulit


     Bagi anda yang sering berada di luar rumah ataupun sering berpergian maka kulit akan sering sekali bersinggungan dengan radikal bebas. 

      Radikal bebas akan berakibat tidak baik bagi kulit, karena akan merusak kulit, layaknya seperti besi yang tidak dilapisi dan terkena udara bebas sehingga berkarat. 

     Dengan mengonsumsi jeruk, dimana di dalamnya terkandung antioksidan dan vitamin c, yang akan mencegah dan memperlambat efek yang ditimbulkan dari radikal bebas, sehingga kulit anda tetap sehat dan kelihatan lebih muda, selain itu juga akan tampak bersinar.

Lihat juga : Inilah manfaat Acerola


7. Menyehatkan otak


    Kandungan asam folat yang terdapat pada jeruk akan membantu pengembangan otak dan menjaga organ penting pada tubuh tetap pada kondisi normal. Selain itu, jeruk juga baik untuk wanita hamil karena dapat mencegah gangguan neurologis pada bayi.

pohon jeruk
pohon jeruk


8. Merawat mata dan menjaga penglihatan


     Tercatat dalam jeruk terdapat beberapa nutrisi - nutrisi penting seperti vitamin a, vitamin c, potasium, alpha-beta karoten, beta-crypthoxanthin, zea-xanthin dan lutein, dimana kesemua nutrisi ini penting untuk merawat mata dan menjaga penglihatan anda.

      Selain itu, vitamin a pada jeruk juga mampu menjaga selaput lendir dan kulit mata yang penting untuk menjaga penglihatan anda.


9. Meningkatkan kekebalan tubuh


     Mengonsumsi satu buah jeruk dapat memenuhi kebutuhan vitamin c anda dalam sehari. Hal ini penting, mengingat bahwa vitamin c merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga sistem imun/sistem kekebalan tubuh yang akan menghindarkan anda dari penyakit dan juga infeksi. 

10. Baik untuk penderita diabetes


     Pada orang yang memiliki diabetes, organ pankreas pada tubuh mereka tidak dapat memproduksi insulin dengan baik atau sel - sel tubuh mereka tidak mampu merespon insulin yang telah diproduksi. 

      Jeruk merupakan buah yang mempunyai kandungan serat yang tinggi dan juga angka indeks glikemik yang tinggi sehingga dapat dijadikan pilihan makanan untuk penderita diabetes.

11. Mampu mengatur tekanan darah


     Bagi penderita tekanan darah tinggi, jeruk mengandung hesperidin yang mampu mengatur tekanan darah tinggi. Adanya magnesium pada jeruk juga dapat menjaga tekanan darah pada tubuh agar tetap normal.

12. Mengatasi sembelit


      Jika anda sulit BAB dan mengalami sembelit, cobalah konsumsi jeruk. Jeruk banyak mengandung serat, serat pada jeruk ini mengatasi sembelit dan melancarkan BAB.

      Buah jeruk dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh kita, konsumsilah buah jeruk setiap hari secara normal atau tidak berlebihan, agar manfaatnya bisa maksimal. 

       Bagi anda yang diet, jeruk juga merupakan buah yang disarankan dan cocok untuk memenuhi nutrisi anda selama menjalankan diet. 


Efek samping


      Dari berbagai makanan dari jeruk, ternyata ada pula efek samping yang ditimbulkannya, terutama jika dikonsumsi dengan jumlah yang besar dan melebihi normal.

     Jeruk mengandung cukup banyak asam, mengonsumsi jeruk dalam jumlah banyak akan membuat perut sakit. Kandungan vitamin C yang banyak pada jeruk juga bisa memperparah penyakit batu ginjal. 

        Vitamin C yang terdapat pada jeruk dapat menganggu proses pengobatan karena membuat tubuh tidak dapat merespon obat dengan baik, terutama dalam kasus darah encer. Asam pada jeruk juga dapat menyebabkan kerusakan enamel dan erosi pada gigi.

Fakta tentang jeruk


      Buah jeruk ternyata memiliki beberapa fakta unik, berikut ini beberapa fakta unik tentang jeruk :

  1.  Jeruk ditemukan pada tahun 4000 SM ( Sebelum Masehi ) di daerah Asia Tenggara, lalu disebarkan hingga ke India.
  2.  Buah ini tidak dapat ditemukan di alam bebas karena jeruk merupakan pengembangan dari pomelo atau jeruk bali dan jeruk keprok.
  3.  Pohon jeruk dapat tumbuh hingga 8 meter
  4.  Bahasa inggris dari buah jeruk adalah orange, sebenarnya kata orange ini berasal dari Arab " naranj " dan dikenalkan di Inggris pada abad ke 14 dengan kata " narange ". Lambat laun huruf "n" tidak di eja sehingga disebut saja dengan arange dan akhirnya berubah menjadi orange.
  5.  Sebenarnya ada 2 tipe jeruk, jeruk yang mempunyai rasa manis dan pahit, untuk versi komersil maka jeruk rasa manis lah yang dijual-belikan.
  6.  Moorish, seorang pedagang dan penjelajah yang berkebangsaan Italia dan Portugal mengenalkan jeruk manis ke Eropa pada abad ke 15, setelah menemukan buah ini saat berlayar ke Asia dan Timur Tengah. 
  7.  Jeruk mulai dibudidayakan di Timur Tengah pada Abad ke 9.
  8. Pohon jeruk pertama di kepulauan Karibia di tanam oleh Christopher Columbus pada abad ke-15.
  9.  Jeruk komersil biasanya akan berwarna lebih terang karena disuntik dengan pewarna buatan Citrus Red No.2, pewarna ini disuntikkan pada bagian kulit saja.
  10.  Jeruk dapat disimpan pada suhu kamar atau kulkas dan dapat bertahan hampir selama 2 minggu, dengan kadar vitamin yang masih sama.

     
      Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat lebih memahami manfaat jeruk untuk tubuh kita dan jangan sungkan untuk membagikan artikel ini. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Previous
This Is The Oldest Page

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon