Monday, April 17, 2017

18 Manfaat mengonsumsi Arugula untuk kesehatan dan efek samping serta faktanya

kasanah.id - Sudah tahukah kamu mengenai sayuran jenis ini?. Selain Arugula ada beberapa nama lain dari sayuran ini, seperti rocket, rucola, rucoli, rugula, colewort, dan juga roquette.  Arugula mempunyai nama latin Eruca sativa.

      Sayuran ini lebih banyak digunakan untuk hidangan salad. Arugula merupakan sayur yang mulanya berasal dari daerah mediterania. Sayur ini merupakan sayur yang mempunyai masa hidup selama 1 tahun.


Manfaat mengonsumsi Arugula untuk kesehatan


      Dengan mengonsumsi Arugula akan membawa banyak manfaat bagi tubuh, selain menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, ada banyak manfaat lainnya sebagai berikut :


kandungan nutrisi pada Arugula dan efek samping dari arugula
kandungan nutrisi pada Arugula

1. Mencegah kanker


     Arugula merupakan salah satu jenis sayur yang mempunyai banyak kandungan phytochemical. Phytochemical merupakan zat - zat seperti tiosianat, sulforaphane, ataupun indoles. 

      Zat - zat ini sudah terbukti dapat mencegah kanker selama berpuluh-puluh tahun, terutama sulforaphane. Selain menimbulkan rasa pahit, ternyata sulforaphane terbukti dapat memerangi kanker.

     Dengan mengonsumsi Arugula, kamu dapat terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, payudara, servik, usus, dan juga kanker ovarium. 

      Arugula juga mengandung klorofil yang terbukti mampu mencegah karsinogenik dari amina heterosiklik yang dihasilkan saat memanggang makanan di suhu tinggi.

2. Baik untuk ibu hamil


     Bagi ibu yang sedang hamil, Arugula merupakan salah satu sayur yang direkomendasikan. Dalam Arugula terdapat banyak kandungan folat. 

      Folat yang termasuk dalam asam folat terbukti mampu mengurangi kemungkinan terjadinya cacat mental pada bayi yang baru lahir. Konsumsi Arugula yang rutin dan berkecukupan, akan banyak membantu kesehatan bayi.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh


     Selain manfaat diatas, ternyata Arugula juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Arugula mempunyai kandungan vitamin B-complex yang berfungsi untuk memperbaiki metabolisme sel, hal ini akan membuat tubuh kita lebih sehat. 

        Vitamin B-complex juga dapat membantu aktifitas lain dari sel pada tubuh kita seperti sintesis lemak, menghasilkan energi, produksi sel darah merah dan berbagai aktifitas lainnya yang dapat memperbaiki metabolisme dan kesehatan kita.

4. Mencegah osteoporosis


     Kekurangan vitamin k pada tubuh akan mengakibatkan tulang menjadi rapuh, hal inilah yang sering dialami oleh para lansia. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin k seperti Arugula ini akan membantu memperkuat tulang pada tubuh. 

     Vitamin K akan membantu menyusun matrik pada tulang, mengurangi ekskresi kalsium pada urin serta membantu penyerapan kalsium, hasilnya tulang menjadi lebih kuat dan memperlambat proses osteoporosis, jika memang sudah terjadi.

manfaat arugula untuk kesehatan dan efek sampingnya
Tanaman Arugula yang masih berkembang

5. Menjaga penglihatan


     Kandungan karotenoid pada Arugula, dapat membantu memperbaiki dan menjaga penglihatan kamu. Dengan bertambahnya umur, maka kemampuan penglihatan akan berkurang, kandungan karotenoid pada Arugula mampu memperlambat proses penuaan pada mata yang mengakibatkan gangguan penglihatan.

6. Membantu proses diet


     Biasanya orang yang melakukan diet akan memilih makanan yang mengandung kalori yang rendah, tapi kaya akan nutrisi, Arugula bisa menjadi pilihan. 

      Banyaknya kandungan nutrisi pada Arugula akan membantu proses diet kamu. Badan tetap sehat dan terjaga selama diet, karena nutrisi tetap terpenuhi dengan baik, tanpa menganggu proses diet yang telah berlangsung.

7. Mengandung antioksidan


     Antioksidan merupakan zat penting yang harus terkandung dalam tubuh, zat ini akan mampu menangkal radikal bebas yang setiap hari menyerang tubuh kita dan menimbulkan berbagai penyakit. 

     Arugula merupakan salah satu sayur yang mempunyai banyak kandungan antioksidan, yang menjaga tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit, baik penyakit yang tergolong ringan ataupun yang berat.

8. Menyehatkan badan


     Pada Arugula terkandung vitamin a. Vitamin A ini akan membantu menjaga kesehatan gigi, mata dan tulang pada tubuh kita. 

      Selain itu, pada Arugula juga terdapat senyawa flavonoid yang mampu menjaga berbagai organ penting dalam tubuh agar terhindar dari penyakit.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh


     Vitamin c merupakan salah satu vitamin yang penting dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Arugula merupakan salah satu sayur yang mempunyai banyak kandungan vitamin c. 

      Dibantu dengan berbagai macam zat lainnya yang terdapat di Arugula, proses peningkatan daya tahan tubuh dengan memproduksi sel darah putih, akan membantu memperkuat daya tahan tubuh kita.

10. Membantu penyerapan mineral


      Pada beberapa sayur-sayuran terdapat kandungan oksalat yang cukup tinggi, hal ini akan membantu menghambat proses penyerapan mineral yang diperlukan oleh tubuh. 

       Namun hal ini berbeda pada Aruhula, kandungan oksalat pada Arugula tergolong rendah, sehingga tubuh akan bisa menyerap mineral - mineral yang diperlukan secara normal.

fakta mengenai arugula
Sayur Arugula siap dimasak


11. Membantu peningkatan kemampuan atletik


      Bagi kamu yang sedang meningkatkan kemampuan atletik, latihan fisik saja akan kurang, kamu perlu menjaga nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Arugula merupakan jenis sayur yang cukup banyak mengandung suplemen nitrat. 

     Suplemen nitrat dapat membantu memperpanjang kemampuan kamu dalam berlatih, dengan durasi latihan yang lebih lama, kemampuan atletik kamu juga akan meningkat. 

      Hal lainnya, suplemen nitrat mampu meningkatkan kondisi tubuh bagi mereka yang mempunyai gangguan pernafasan dan gangguan metabolisme tubuh.

12. Menjaga kesehatan jantung


      Arugula mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah, hal ini tentu akan menjaga kesehatan jantung kamu. Kalium pada Arugula, menjaga tekanan darah kamu tetap normal.

Baca juga : Amaranth dan manfaatnya untuk tubuh kita, efek samping serta faktanya

13. Baik untuk penderita diabetes


     Stres oksidatif dapat mengakibatkan diabetes mellitus. Ekstrak yang terdapat pada Aragula mampu mencegah timbulnya stres oksidatif. Arugula tidak hanya mampu mencegah terjadinya diabetes, tetapi juga mampu mengobati dengan cara mengurangi kadar gula dalam darah.

14. Mengobati penyakit ulkus


      Kandungan pada Arugula, dapat membantu proses pengobatan penyakit ulkus. Kandungan anti sekresi dan antioksidan pada Arugula membantu penyembuhan pada penyakit ulkus dan secara tradisional praktek ini telah dilakukan.

15. Melindungi ginjal


      Arugula dapat membantu proses peningkatan produksi urin dan juga mencegah retensi air. Dua hal ini akan membantu proses penghilangan racun dalam tubuh secara alami. Arugula juga membantu mencegah timbulnya batu ginjal dan mencegah infeksi saluran kemih.

arugula dan manfaatnya untuk kesehatan
Arugula juga dapat dipadukan dengan pizza


16. Mengobati anemia 


      Dengan mengonsumsi Arugula akan membantu memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh kamu, tidak hanya dengan cara mencegah hilangnya zat besi, vitamin c pada Arugula juga membantu penyerapan zat besi pada tubuh.

17. Mengatasi masalah rambut


      Minyak yang dihasilkan dari biji Arugula, membawa banyak manfaat bagi rambut kamu. Minyak dari biji Arugula mampu menghilangkan ketombe, kutu, gatal - gatal pada kulit kepala. Selain itu, Arugula juga membuat rambut kamu lebih sehat dan kuat.

18. Meningkatkan libido


     Arugula, pada zaman Romawi dipilih karena dapat digunakan sebagai afrodisiak ( zat yang mampu meningkatkan gairah seksual ). 

       Meskipun memang kandungan zat ini tidak terlalu banyak pada Arugula, tetapi dengan mengonsumsi Arugula secara rutin setiap hari akan meningkat gairah seksual kamu.


Efek samping mengonsumsi arugula


        Mengonsumsi Arugula memang membawa manfaat bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi dalam kadar yang berkecukupan, tetapi bila berlebihan efeknya justru akan berbeda. Untuk itu, ada abeberapa pertimbangan sebelum mengonsumsi Arugula.

1. Bisa menyebabkan batu ginjal


       Seperti kebanyakan sayur-sayuran yang terdiri dari daun-daunan, Arugula juga mengandung asam oksalat. Mengonsumsi makanan yang mengandung asam oksalat secara berlebihan bisa mengakibatkan batu ginjal.

2. Menimbulkan iritasi ringan pada tenggorokan


       Arugula mempunyai rasa pedas yang cukup kuat dan hal ini bisa menimbulkan iritasi ringan ditenggorokan. 

Fakta mengenai arugula dan efek samping arugula
Burger dengan arugula

3. Menyebabkan kram perut, diare dan rasa tidak nyaman


      Mengonsumsi Arugula yang belum dimasak bisa mengakibatkan kram perut dan diare, serta rasa tidak nyaman. Ini dikarenakan adanya sulforaphane di dalamnya.


4. Berbahaya bagi orang dengan kelainan darah


      Arugula bisa membawa efek yang tidak baik bagi mereka yang mengalami kelainan darah tertentu atau bagi orang yang sedang mengonsumsi obat untuk pengenceran darah. Ini dikarenakan Arugula mengandung vitamin K yang bisa menyebabkan pengumpalan darah jika bereaksi dengan beberapa jenis pengecer darah.

Fakta tentang Arugula


      Arugula ternyata memiliki beberapa fakta unik dan patut untuk kita simak. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang arugula :

  1.  Salah satu nama lain dari Arugula dalam bahasa Inggris adalah rocket, hal ini dikarenakan Arugua dapat tumbuh dengan sangat cepat layaknya sebuah rocket.
  2.  Arugula memiliki batang hijau kecil yang dapat tumbuh antara 8 inchi hingga 40 inchi.
  3.  Arugula berkembang pada musim semi panas dan musim panas. Bunga dari Arugula dapat menarik beberapa serangga yang membantu proses penyerbukan dari tanaman ini.
  4.  Daging atau buah dari Arugula yang berbentuk kapsul, ternyata berisi biji dari tanaman ini.
  5.  Daun Arugula yang masih muda memiliki rasa yang manis dan enak, sedangkan daun arugula yang sudah tua memiliki rasa yang sedikit pedas.
  6.  Minyak dari Arugula disebut minyak Taramira. Minyak ini digunakan untuk memasak dan digunakan dalam salad. Selain itu, minyak ini juga digunakan untuk keperluan medis dan kosmetik.

      Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu bahwa memang terdapat banyak manfaat dari mengonsumsi sayur arugula, setidaknya ada 18 manfaat mengonsumsi arugula untuk kesehatan. Selain itu, ada pula beberapa efek samping dari sayur yang satu ini. Adapula beberapa fakta unik yang bisa kita simak.

     Semoga setelah membaca artikel mengenai ini dapat menambah wawasan kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, jika memang bermanfaat. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

3 komentar

belum pernah dengar gan. tapi kayak bayam ya bentuknya.. jadi penasaran sama rasanya.
di indonesia sudah ada belum ya?

Memang bentuknya hampir mirip dengan bayam, tapi keduanya berbeda, termasuk pula dengan nutrisi yang ada di dalamnya. Sudah ada, beberapa kali saya pernah melihat ada yang berjualan arugula.

This comment has been removed by a blog administrator.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon