Monday, April 24, 2017

Mengenal buah Pitanga dan manfaatnya

kasanah.id - Buah pitanga atau yang biasa disebut dengan Dewandaru, mempunyai nama latin Eugenia uniflora. Buah ini merupakan buah yang berasal dari daerah Amerika Selatan seperti Brazil, Uruguay, Paraguay dan Argentina.

       Pitanga dapat dikembangkan di negara-negara tropis dengan tanah yang kering. Biasanya pitanga akan berbunga pada bulan September dan buah ini bisa dipanen 2-3 kali setahun. Ada dua jenis pitanga yaitu berwarna merah terang dan berwarna gelap mendekati hitam.


Manfaat buah Pitanga


     Pitanga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, Pitanga juga terdapat antioksidan didalamnya. Dari berbagai nutrisi tersebut, tentu akan membawa manfaat bagi tubuh. Berikut berbagai manfaat dari buah pitanga :

Kandungan nutrisi buah Pitanga
Kandungan nutrisi buah Pitanga


1. Mencegah jerawat


      Salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah Pitanga adalah vitamin A. Vitamin ini mampu mengurangi produksi sebum (zat berminyak, terutama terdiri dari minyak, selular dan keratin) secara berlebihan dan mengurangi jerawat. Selain itu, selaput lendir dan jaringan kulit juga akan terjaga sehingga kulit menjadi lebih sehat.

2. Membantu proses diet


      Bagi anda yang sedang melaksanakan program diet, Pitanga bisa anda tambahkan ke menu diet anda. Pitanga merupakan buah yang mengandung sedikit kalori dan buah ini juga termasuk dalam buah yang bersifat diuretik (menambah produksi urin), sehingga cocok untuk diet.

Lihat juga : Buah Aprikot dan manfaatnya


3. Mencegah penyakit jantung


      Radikal bebas adalah salah satu penyebab aterosklerosis. Aterosklerosis adalah kondisi dimana terjadi  penyumbatan pada arteri yang bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke. 

       Buah Pitanga mengandung vitamin C yang mampu mencegah kerusakan pada pembuluh darah dengan menangkal radikal bebas. Vitamin C mampu mengatasi berbagai masalah lainnya terkait jantung.

pitanga
Buah Pitanga dengan warna gelap kehitaman


4. Mencegah kanker


     Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah Pitanga, mampu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, tenggorokan, kolon dan berbagai jenis kanker lainnya. Dengan mengonsumsi sayur dan buah yang tepat secara rutin dan berkecukupan, kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Menjaga kelembaban dan kesehatan kulit


      Pada buah Pitanga, terkandung vitamin A yang mempunyai banyak manfaat. Salah satu manfaat dari vitamin A adalah membantu membersihkan tubuh dari racun dan juga radikal bebas, termasuk yang menyerang kulit. 

      Dengan mengonsumsi buah Pitanga secara rutin dan berkecupan, maka kulit akan menjadi lebih lembab dan lebih lembut, serta tetap terjaga. Kulit juga akan terhindar dari penyakit psoriasis.

6. Memperlancar pencernaan


     Berbagai kandungan nutrisi dan serat yang terdapat pada buah Pitanga tentu akan memudahkan proses pencernaan pada tubuh. Nutrisi dapat diserap secara lebih baik,sedangkan serat akan membantu proses penyerapan dan pengeluaran secara cepat. Serat pada buah ini juga akan membantu menyembuhkan diare.

7. Menyembuhkan batuk dan pilek


     Vitamin C yang terkandung dalam buah Pitanga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjadikan tubuh lebih kebal terhadap penyakit. Nutrisi ini juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi yang berfungsi untuk membuat tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan juga virus.

8. Menumbuhkan sel baru


     Di dalam buah Pitanga terdapat vitamin B2 yang ini mampu membantu meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan sel baru. Dengan melakukan regenerasi terhadap sel, organ-organ tubuh akan tetap terjaga dan tubuh tetap sehat. Vitamin B2 ini juga membantu menyehatkan kuku, kulit dan juga rambut.

Buah Pitanga merah cerah
Buah Pitanga merah cerah


9. Memperlambat penuaan


      Buah ini mengandung antioksidan yang membantu memperlambat proses penuaan. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur maka akan memperlambat timbulnya keriput dini, garis-garis halus, kulit kendur, bercak-bercak gelap dan berbagai gejala penuaan lainnya.

Lihat juga : Buah Alpukat dan berbagai manfaatnya

10. Mencegah anemia


     Kandungan vitamin C dan zat besi yang terdapat pada buah Pitanga akan membantu proses pembentukan sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah ini maka tubuh akan terhindar dari anemia dan gejalanya seperti pusing dan lelah.

11. Meningkatkan nafsu makan


     Adanya vitamin B kompleks pada buah ini akan meningkatkan kinerja organ pada tubuh. Dengan meningkatnya kinerja organ, tubuh akan lebih mampu menikmati makanan dan nutrisi di dalamnya, hasilnya nafsu makan akan meningkat.


      Sekian artikel mengenai Mengenal buah Pitanga dan manfaatnya ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.





A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

aku kira itu tadi cermei gan. buah itu sudah bisa di budidayain di indonesia belum ya gan?

oh berbeda itu. Di Indonesia sudah ada beberapa yang membudidadayakan buah ini. meskipun jumlah penjualnya masih kecil.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon