Saturday, June 3, 2017

7 hal yang harus dihindari sebelum tidur

kasanah.id - Tidur adalah suatu hal penting yang harus dilakukan. Dengan mencukupi kebutuhan tidur, tubuh bisa kembali fokus dan dapat bekerja dengan baik. 

      Kurang tidur tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi bisa juga masyarakat ataupun tempat anda bekerja, karena ketika kita kurang tidur maka produktifitas kita akan berkurang.

       Selain itu, seseorang yang waktu tidurnya kurang maka cenderung mengalami masalah kesehatan seperti hipertensi, diabetes, depresi, obesitas dan berbagai permasalahan kesehatan lainnya yang akan mempengaruhi kualitas hidup kita.


Hal yang harus dihindari sebelum tidur


       Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat menganggu proses tidur kita sehingga kita tidak bisa tidur dengan nyaman. Kebiasaan-kebiasaan ini sebenarnya cukup mengganggu, tidak hanya membuat tidur kita menjadi tidak teratur tetapi juga menurunkan kualitas tidur. Padahal, kualitas tidur yang baik akan membawa dampak yang baik bagi tubuh.

Hindari makan sebelum tidur
Hindari konsumsi makanan besar

1. Mengonsumsi makanan besar sebelum tidur


      Mengonsumsi makanan besar sebelum tidur akan menyebabkan gangguan tidur. Tubuh yang seharusnya merasa rileks sebelum tidur malah  memiliki keseibukan baru yaitu mencerna makanan. 

       Kesibukan ini tidak hanya membuat tubuh tetap terjaga tetapi juga membuat kita menjadi merasa tidak nyaman. Ini tentu akan menurunkan kualitas tidur kita. Selain itu, mengonsumsi makanan besar sebelum tidur akan meningkatkan resiko terkena obesitas.

2. Menggunakan gadget


      Saat ini, orang sangat bergantung terhadap gadget, dari usia belia sampai yang sudah tua sekalipun, gadget selalu ditangan. Ini bukanlah suatu hal yang baik, gadget bisa menganggu rutinitas kita jika penggunaannya tidak dibatasi.

      Meskipun kita menyukai gadget, ternyata tubuh dan otak kita tidaklah merasa demikian. Sinyal atau gelombang elektrik yang ditimbulkan oleh gadget akan merangsat fungsi kognitif pada tubuh dan membuat tubuh tetap terjaga. Oleh karena itu, sebelum dan saat tidur, lebih baik matikan gadget.

3. Mengonsumsi makanan pedas ataupun junk food


      Mengonsumsi makanan besar saja merupakan suatu kesalahan yang dilakukan sebelum tidur, apalagi dengan mengonsumsi makanan yang pedas ataupun junk food. Hal itu tentu membawa efek yang lebih buruk lagi.

      Makanan pedas akan meningkat suhu dan metabolisme pada tubuh, membuat tubuh tetap terjaga. Sedangkan junk food dapat merangsang sinyal di otak sehingga menjadi tidak normal dan mengalami gangguan. Atas alasan tersebut, hindarilah mengonsumsi kedua jenis makanan itu sebelum tidur.

bahaya merokok sebelum tidur
Hindari alkohol dan rokok

4. Mengonsumsi alkohol atau merokok


     Alkohol dan nikotin yang terdapat pada rokok ternyata dapat menyebabkan gangguan saat tidur. Apalagi jika keduanya digabungkan, efeknya menjadi lebih buruk lagi. 

      Alkohol akan mengurangi kemampuan tubuh untuk masuk ke dalam fase deep sleep atau tidur nyenyak. Sedangkan nikotin malah merangsang otak dan tubuh agar tetap terjaga. Tentu saja ini akan menganggu proses tidur anda.

5. Jangan mandi sebelum tidur


      Biasanya setelah pulang kerja atau lembur di kantor, orang akan mandi dengan air hangat. Hal ini sangatlah tidak bagus, apalagi jika anda ingin segera tidur setelah mandi. 

      Suhu tubuh akan naik setelah mandi dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menurunkan suhu tersebut. Sedangkan pada saat anda tidur, dibutuhkan suhu yang cukup rendah. Untuk itu, jika anda ingin mandi lalu tidur, berilah jeda sekitar 1 jam.

6. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein


      Biasanya kafein terdapat dalam beberapa jenis minuman, misalnya seperti pada kopi. Kafein terbukti mampu membuat anda tetap dalam kondisi terjaga, sedangkan tubuh anda sudah protes dan ingin segera tidur. 

      Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan kita, karena proses tidur akan terganggu. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein sebelum tidur.

beberapa hal yang harus dihindari sebelum tidur
Tunggu sampai mengantuk

7. Jangan paksakan untuk tidur


     Sesuatu yang dipaksakan biasanya berujung dengan tidak baik, begitu pula dengan tidur. Untuk dapat tidur dengan nyenyak, tubuh harus dalam kondisi yang tenang dan rileks. 

      Saat kita memaksa untuk tidur, hal yang sebaliknya justru akan terjadi, tubuh akan merasakan stres. Oleh karena itu, biarkanlah tubuh untuk rileks dan tunggu sampai siap, barulah anda bisa tidur.


      Sekian artikel mengenai 7 hal yang harus dihindari sebelum tidur. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

8 komentar

Wah baru tahu nih kalo Gadget tidak dimatikan sebelum tidur akan berakibat buruk.

memang gadget akan membawa efek buruk, seperti stres dan juga menganggu konsentrasi, serta menimbulkan radiasi. Alangkah baiknya jika mematikan gadget sebelum tidur.

saya sering mengoperasikan gadget, sekarangsaya tahu itu hal yang harus dihindari sebelum tidur

gadget akan membawa efek buruk jika digunakan sebelum tidur, karena akan membuat tubuh terutama otak menjadi stres dan juga menganggu konsentrasi, ini merupakan hal yang tidak baik terutama jika kita ingin segera tidur.

Waduh ada 3 kebiasaan saya sebelum tidur ternyata nggak baik. Tapi saya lebih sering tertidur saat bermain hp. Apakah ada solusi?

Mungkin bisa dicoba untuk ya mematikan hp terlebih dahulu atau menjauhkan hp dari tempat tidur ketika sudah merasa ngantuk. Caranya akan berbeda untuk setiap individu, pilihlah cara yang paling nyaman dan mudah untuk dilakukan.

Nomer 2 tuh yang ane sering. Alhasil malah nggak tidur tidur. Nunggu batere habis baru berangkat tidur.....

wah itu kebiasaan yang kurang baik dan harus dihindari. Karena efek buruk gadget maka sebaiknya hindari penggunaan gadget sebelum tidur.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon