Saturday, June 3, 2017

9 hal yang disarankan untuk dilakukan sebelum tidur

kasanah.id - Tidur adalah suatu hal yang kita lakukan secara rutin setiap hari. Tentunya sudah diketahui bahwa jika waktu tidur kurang maka efeknya tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

       Hal lainnya yang perlu diketahui adalah bahwa hal-hal yang kita lakukan sebelum tidur juga akan memberi pengaruh terhadap kualitas tidur kita. Buruknya kualitas tidur membuat kita bangun dalam keadaan lelah, pusing ataupun berbagai gangguan lainnya.


Hal yang disarankan untuk dilakukan sebelum tidur


       Sebenarnya ada banyak hal yang disarankan untuk dilakukan sebelum tidur, tetapi pada kesempatan ini, penulis mencoba merangkumnya. Yang perlu diingat, jika melakukan saran di bawah ini tentunya akan memberi dampak yang baik bagi tubuh karena proses tidur/istirahat berjalan dengan baik. Esok ketika bangun, tubuh akan segar dan siap menjalankan berbagai aktifita.

minum susu hangat sebelum tidur
Minumlah susu hangat

1. Minum susu hangat


     Meskipun cara yang satu ini terbilang cara lama, tetapi ini merupakan suatu cara yang efektif. Susu mengandung tryptophan, sebuah asam amino yang akan berubah menjadi serotonin. 

      Serotonin merupakan suatu senyawa kimia yang berperan dalam memperbaiki suasana hati, mengurangi rasa sedih dan depresi. Tentunya setelah minum susu, tubuh akan merasa lebih baik dan tidurpun nyenyak.

2. Matikan gadget


      Rasanya perlu untuk mematikan berbagai gadget yang anda punya sebelum tidur, cahaya ataupun radiasi yang ditimbulkan oleh gadget akan menganggu proses tidur atau bahkan membuat tubuh tetap terjaga meskipun anda sudah memejamkan mata. 

       Yang perlu anda ketahui adalah otak tetap merespon baik suara, getaran atau apapun yang terjadi, meskipun anda sudah tidur. Gadget adalah salah satu sumber gangguan pada saat anda tidur, jadi lebih baik matikan gadget anda dan nikmati tidur anda.

3. Lakukan persiapan untuk besok


     Hal yang satu ini tentunya perlu untuk diperhatikan dan dilakukan. Sebelum tidur, alangkah baiknya jika anda mengatur jadwal dan mempersiapkan hal-hal yang sekiranya perlu dipersiapkan sejak awal. 

      Jika anda melakukan hal ini, maka pada saat anda bangun, tidak ada lagi yang namanya keteteran alias kesusahan karena semuanya sudah dipersiapkan sejak awal bahkan ketika waktu bangun anda mepet.

4. Hilangkan segala stres


     Sebelum tidur, pastikan anda terlepas dari berbagai beban baik dari beban di kantor, dirumah ataupun beban karena keluarga. Dengan melakukan hal ini anda akan bisa tidur dengan nyenyak dan tubuh akan bangun dengan kondisi yang fit. 

      Hindari segala kegiatan yang menimbulkan stres sebelum tidur. Bila anda belum mengantuk, jangan paksakan untuk tidur, hal ini juga akan menimbulkan stres.

5. Lakukan sedikit refleksi


     Refleksi disini lebih diartikan untuk melihat ke dalam diri anda sendiri. Dengan melakukan refleksi terhadap kegiatan seharian anda ataupun terhadap masalah yang sedang anda hadapi, secara tanpa anda sadari alam bawah sadar akan ikut merespon dan bisa jadi menemukan suatu ide inovatif yang dapat menyelesaikan masalah anda.

     Anda bisa melakukan refleksi dengan menulisnya ataupun hanya sekedar memikirkannya. Bisa juga anda melakukan refleksi sambil bermeditasi, pilih mana yang paling gampang dan paling anda sukai. Tapi ingat, jangan terlalu stres.

6. Matikan segala pencahayaan termasuk lampu


     Berbagai polusi cahaya yang terdapat atau masuk ke kamar anda bisa menyebabkan gangguan pada tidur anda. Meskipun kamar anda dilengkapi dengan lampu tidur tetapi lampu tidur juga cukup terang dan mampu menganggu proses tidur anda. Lebih baik matikan semua lampu dan cahaya agar tidur bisa lebih nyenyak.

hal yang biasa dilakukan sebelum tidur
Tidur di waktu yang sama


7. Cobalah untuk tidur dalam waktu yang sama


     Segala sesuatu yang dilakukan dalam waktu yang sama ataupun cara yang sama akan membuat tubuh mengingat hal tersebut sebagai rutinitas. 

      Akibatnya, meskipun anda tidak mengantuk sekalipun, anda akan tertidur pada saat waktu tersebut karena tubuh sudah biasa untuk tidur pada waktu tersebut. Oleh karena itu, menjaga waktu tidur dalam waktu yang sama adalah suatu hal yang disarankan untuk dilakukan.

8.  Bacalah buku atau quote


      Dengan membaca buku atau quote terutama yang menginspirasi, akan paling tidak membuat anda memikirkan hal baru atau bahkan bisa menginspirasi. Ini adalah salah satu hal yang biasanya dilakukan oleh orang-orang sukses, dengan melakukan hal ini mereka merasa bisa lebih fokus lagi pada kehidupan mereka dan membantu mereka menemukan inspirasi baru.

yang perlu dilakukan sebelum tidur
Lakukan stretching

9. Cobalah untuk melakukan stretching


     Meskipun terlihat aneh, tapi saran yang satu ini bisa bekerja dengan baik lho. Ada kalanya setelah anda melakukan berbagai aktifitas selama seharian penuh, tubuh menjadi kaku dan tegang. Padahal untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh harus dalam kondisi yang rileks. Untuk itu, cobalah lakukan stretching ringan agar tubuh bisa kembali rileks, tidak perlu sampai berkeringat, secukupnya saja.


      Sekian artikel mengenai 9 hal yang disarankan untuk dilakukan sebelum tidur. Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

stretching juga ya? kalau lampu tidur saya lebih nyenyakan pas lampu hidup hehe

iya, sedikit peregangan bisa membuat tubuh kembali rileks dan lebih mudah untuk tidur.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon