Sunday, May 28, 2017

8 kebiasaan baik untuk memulai hari

kasanah.id - Ada banyak cara untuk memulai hari anda dan tentu saja setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Ada yang memulai harinya dengan mematikan alarm terlebih dahulu lalu terburu-buru untuk segera bersiap kerja.

      Tapi tidak sedikit yang bangun lebih awal bersantai sebentar, berolahraga dan bersiap untuk bekerja. Hampir setiap orang akan mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda tergantung dari pribadi masing-masing.

Cara dan kebiasaan baik untuk memulai hari


     Dari penjelasan singkat di atas kita bisa tahu bahwa ada banyak cara dan kebiasaan untuk memulai hari, tetapi cara dan kebiasaan baik apa yang harusnya kita lakukan ?. Di bawah ini akan dijelaskan cara dan kebiasaan baik untuk memulai hari kita.

1. Bangun dengan lebih awal


     Bangun dengan lebih awal tentu akan membawa banyak manfaat bagi diri kita. Anda bisa menjalani rutinitas pagi anda dengan lebih tenang dan santai alih-alih terburu-buru. Selain itu anda juga punya waktu untuk introspeksi diri dan memasang mindset yang baik agar segala kegiatan di hari ini dapat berjalan dengan baik.

     Bangun lebih awal juga membuat anda mempunyai waktu untuk menyelesaikan pekerjaan anda terlebih dahulu. Anda juga bisa berolahraga terlebih dahulu sebelum bersiap-siap untuk bekerja.

kebiasaan baik untuk memulai hari
Berdoa dan bersyukur

2. Berdoa dan bersyukur


     Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengawali hari kecuali dengan berdoa dan bersyukur. Tak peduli apapun keyakinan dan agama anda, bersyukur dan berdoa adalah cara yang terbaik untuk mengawali hari.

      Dengan berdoa dan bersyukur, anda akan lebih memaknai arti hidup dan hati serta pikiran menjadi lebih tenang. Efeknya adalah anda lebih siap mengawali hari dan siap menghadapi apapun yang akan terjadi dalam waktu sehari itu.

awali hari dengan tersenyum
Tersenyum

3. Tersenyum dan berpikir positif


       Setelah anda bangun, anda bisa tersenyum dan memikirkan hal-hal yang positif. Penelitian telah mengungkapkan bahwa tersenyum membawa beberapa dampak yang baik bagi tubuh. Saat tersenyum tubuh akan melepaskan dopamine dan endorfin, keduanya akan membuat mood anda menjadi lebih baik.

       Senyum juga membawa efek dalam sistem kekebalan tubuh, tubuh akan merespon senyum anda dengan baik dan begitu pula dengan sistem kekebalan tubuh dalam diri anda. Jika anda kesulitan untuk tersenyum, paksakan saja. Meskipun senyumnya dipaksakan, tetap akan memberi efek yang baik bagi tubuh. 

        Selain tersenyum anda juga bisa bercermin dan mengatakan suatu hal atau kata-kata motivasi yang baik kepada diri anda, hal ini akan membawa efek yang luar biasa bagi tubuh anda. Yang perlu di ingat, tubuh merespon setiap kata-kata dan tindakan anda, baik itu positif maupun negatif.

4. Rapikan tempat tidur


       Seperti yang selalu orang tua kita ajarkan semenjak kita kecil. Setelah bangun tidur, jangan lupa untuk merapikan tempat tidur anda terlebih dahulu. Meskipun hal ini tampak sederhana, merapikan tempat tidur ternyata membawa efek yang cukup baik bagi tubuh.

       Dengan merapikan tempat tidur, anda akan merasakan ketenangan dalam diri anda atau bahkan sedikit kebanggaan, karena anda berhasil melakukan satu tugas pertama dalam hari itu. Hal ini juga akan mendorong diri untuk menyelesaikan berbagai tugas lainnya yang sudah menanti anda.

5. Lakukan stretching atau pemanasan


      Melakukan pemanasan di pagi hari merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan. Pemanasan akan membantu menyiapkan otot-otot setelah selama beberapa jam tidak melakukan apa-apa. Selain itu, pemanasan juga akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

       Anda bisa melakukan berbagai gerakan pemanasan dan jika memang waktunya mepet, lakukan saja pemanasan ringan dengan menggerakan bagian-bagian tubuh terutama sendi masing-masing selama 15 detik.

meditasi untuk hidup yang lebih baik
Meditasi

6. Bermeditasi


      Meditasi di pagi hari apalagi dengan udara yang masih sangat segar, tentu akan membawa efek tersendiri bagi tubuh. Meditasi akan meningkatkan fokus anda dan mengurangi stres, meditasi juga akan meningkatkan stabilitas emosi dalam diri anda. Selain itu, meditasi juga mencegah berbagai gangguan kesehatan.

      Anda bisa melakukan meditasi dengan menerapkan cara ini. Pertama, duduklah dengan posisi yang nyaman. Kedua, tutup mata dan fokus pada pernafasan. Ketiga, tarik nafas dalam 4 hitungan, tahan dalam 4 hitungan dan keluarkan dalam 8 hitungan. 

      Setiap kali anda merasa pikiran anda tidak fokus, kembali tarik nafas dan ulangi. Lakukan meditasi setidaknya selama 3 menit.

7. Mandi dan sarapan pagi


     Tentunya sebelum memulai bekerja anda diharuskan untuk mandi dan sarapan. Mandi akan membersihkan segala kotoran yang ada pada tubuh dan terlebih lagi menjadikan tubuh segar dan kembali fokus.

      Sarapan pagi merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Selain untuk mengisi perut, sarapan pagi akan menjaga pikiran tetap fokus dan siap untuk menjalankan berbagai aktifitas. Jangan lupa untuk memilih menu makanan yang sehat untuk sarapan anda.

manfaat air lemon untuk tubuh
Air lemon

8. Minum air hangat dengan lemon


     Setelah mandi dan sarapan pagi, jika anda masih punya waktu anda bisa meminum air hangat yang ditambahkan dengan lemon. Meskipun hal ini terlihat sederhana, ternyata ada banyak manfaat di dalamnya. 

      Air lemon akan membersihkan dan merangsang hati dan ginjal. Lemon juga mempunyai banyak vitamin C yang akan membantu tubuh dalam menangkal serangan radikal bebas.


       Sekian artikel mengenai 8 kebiasaan baik untuk memulai hari. Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang di sekitar anda. Terima kasih.

      

      

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

10 komentar

Bagus sekali mass. Tapi ngomong2 ada tpis untuk aga tidur lebih cepat ga ? Soalnya ane susah tidur/insom terus otomatis bangun juga jadi siang

mungkin nanti ada artikel untuk mengatasi insomnia. Terima atas masukannya dan terima kasih sudah berkunjung.

Alhamdulillah. Semoga dengan cara yg ditulis pada artikel itu. Badan saya menjadi lebih segar dan sehat. Karena saya biasakan setiap bangun tidur
Makasih ya gan atas infonya

Aamiin, dicoba dulu gan, InsyAllah berhasil. Terima kasih sudah berkunjung.

Saya lebih suka melakukan stretching pada pagi hari untuk melenturkan otot dan saraf yang tegang, selain itu gerakan gerakan di pagi hari bisa membuat tubuh full spirit saat kerja dan otot tidak kaget dengan gerakan gerakan disaat kerja, termasuk kerja berat.

wah itu kebiasaan yang bagus sekali. Stretching di pagi hari memang sangat baik untuk tubuh. Terima kasih sudah berkunjung.

Wah wah bisa dicoba nih, memulai hari dengan menyiapkan jiwa dan raga. Keep positive thinking bisa juga menjadi salah satu hal untuk ketenangan diri. Salam...

memang mentalitas dan cara berpikir yang positif akan membawa manfaat baik bagi tubuh, selain tubuh lebih sehat, tubuh juga siap dalam menghadapi berbagai masalah. Terima kasih sudah berkunjung.

Mudah sekali ya melakukan seperti di atas agar tetap sehat bagi tubuh. Boleh dicoba nih karena mudah banget.

silahkan untuk dicoba terlebih dahulu, mudah kok. terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon