Thursday, May 4, 2017

14 Manfaat dari buah Hamlam untuk tubuh

kasanah.id - Buah ini dapat ditemukan di Amerika Utara dan Amerika Selatan, tetapi saat ini telah dikembangkan di beberapa negara Eropa Barat dan Eropa Tengah. Buah Harlam juga disebut dengan black berry. Nama latin dari buah ini adalah Prunus serotina.


Manfaat dari buah Hamlam :


     Ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah  Hamlam yang akan membantu menyehatkan tubuh. Buah ini mengandung antioksidan yang disebut antosianin. Selain itu juga terdapat beberapa mineral dan vitamin yang penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.


nutrisi buah hamlam
kandungan nutrisi buah hamlam


1. Mencegah kerusakan gigi


     Adanya  kerusakan dan rongga pada gigi biasanya disebabkan karena kurangnya kebersihan mulut. Buah Hamlam mempunyai beberapa senyawa yang bermanfaat dalam mencegah plak yang terjadi dalam tubuh dan juga mencegah pembusukan.


2. Sumber energi


     Buah Hamlah merupakan salah satu buah yang bermanfaat sebagai sumber energi. Kandungan gula pada buah ini akan mampu mengembalikan energi yang telah terkuras. Tubuh anda akan merasa lebih segar dan mood juga menjadi lebih baik lagi.


3. Mencegah kanker


     Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah Hamlam dapat membantu menangkal serangan radikal bebas. Radikal bebas mampu mengubah sel menjadi rusak bahkan hingga menjadi sel kanker. Buah Hamlam juga mengandung Vitamin C, karotenoid dan antosianin yang masing-masing dapat membantu mencegah kanker.


buah hamlam yang belum dipetik
buah hamlam yang belum dipetik

Lihat juga : Ternyata inilah 14 Manfaat Buah Frambos

4. Membantu mengobati Arthritis


      Arthritis dapat terjadi bila terdapat penumpukan dan kristalisasi asam urat di sendi. Kandungan urat yang tinggi dalam darah akan menyebabkan tubuh terserang penyakit asam urat. Pada Buah Hamlam terdapat antosianin yang membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis. 

       Dengan meminum jus buah Hamlam secara rutin dan cukup, tubuh akan terhindar dari arthritis dan juga mengurangi rasa sakit bagi mereka yang memiliki penyakit ini.

5. Menyehatkan jantung


      Buah Hamlam dapat bermanfaat dalam menyehatkan jantung anda. Melatonin yang terdapat dalam buah ini mampu mengurangi resiko terkena stroke dan juga penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar lipid darah.

     Terdapat pula senyawa antosianin yang berperan dalam melindungi tubuh dari gangguan jantung. Mengonsumsi buah ini secara rutin dan cukup akan memberikan perlindungan terhadap jantung dan juga dinding arteri,

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


      Kombinasi antara Vitamin C dan Antioksidan yang terdapat pada buah Hamlam, membuatnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, Selain itu, terdapat 2 antioksidan kuat yaitu antosianin dan sianidin. Antioksidan akan membantu tubuh dalam menangkal berbagai penyakit.

7. Anti inflamasi


     Peradangan atau inflamasi, terjadi karena adanya radikal bebas yang menganggu sistem kekebalan tubuh. Antosianin pada buah Hamlam dapat membantu melawan berbagai radikal bebas dan juga menghambat jalur peradangan. Ekstrak buah Hamlam juga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

8. Mengobati insomnia


      Pada buah Hamlam terdapat kandungan melantonin yang membantu mengatur pola tidur secara alami. Jumlah kandungan melatonin pada buah ini melampui jumlah yang bisa diproduksi secara normal oleh tubuh, sehingga efektif dalam mengobati insomnia.


buah hamlam dan beberapa buah lainnya
buah hamlam dan beberapa buah lainnya


9. Menjaga kesehatan kulit


     Buah Hamlam merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air didalamnya, hal ini akan sangat bermanfaat bagi kulit seperti menjaga kelembaban kulit, kulit akan tampak bersih dan bersinar. Air juga akan membantu penyaluran nutrisi ke kulit dan membuang racun.

10. Mengurangi rasa sakit sesudah latihan berat


      Bagi anda yang sedang melakukan olahraga ataupun latihan berat, mengonsumsi jus buah Hamlam akan membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan setelah latihan. Kandungan antioksidan dan sifat anti inflamasi pada buah ini akan melindungi otot dan mengurangi rasa sakit pada tubuh.

11. Mencegah dan mengobati anemia


       Kandungan zat besi pada buah Hamlam akan membantu dalam proses produksi sel darah. Kekurangan sel darah merah merupakan penyebab dari anemia. Mengonsumsi buah Hamlam secara rutin dan cukup akan membantu tubuh agar terhindar dari anemia dan dapat menjadi obat bagi penderita anemia.

Lihat juga : Kumquat dan 14 manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh

12. Mengurangi kerontokan rambut


      Salah satu penyebab dari kerontokan rambut adalah jumlah sel darah merah yang kurang dari normal atau dalam kata lain "anemia". Seperti yang telah diuraikan di atas, zat besi pada buah Hamlam akan membantu memerangi anemia sekaligus menjaga agar rambut tidak rontok. Zat besi juga akan menghidupkan folikel rambut yang melemah sehingga rambut dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

13. Meningkatkan kesehatan rambut


      Buah Hamlam mengandung banyak nutrisi dan mineral yang penting dalam menjaga kesehatan rambut. Ekstrak dari buah ini mampu menguatkan rambut dan mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut rontok dan rambut bercabang.

14. Menunda penuaan


      Penuaan memang pasti akan terjadi pada setiap manusia, seiring bertambahnya waktu maka penuaan pada beberapa bagian tubuh akan semakin mudah terlihat. Salah satu penyebab dari penuaan adalah serangan radikal bebas yang tidak bisa ditangani oleh tubuh. 

     Antosianin yang terdapat pada buah Hamlam mampu mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas sehingga penuaan dini bisa dicegah. Selain itu, buah ini juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis-garis halus dan keriput.


Efek samping


     Selain bermanfaat bagi tubuh ternyata ada pula efek samping dari buah Hamlam. Buah hamlam bisa mengubah warna urin anda karena tingkat pegmentasi dari buah ini cukup tinggi. 

      Mengonsumsi buah hamlam secara berlebihan bisa menimbulkan diare, apalagi jika buah tersebut masih belum matang maka akan bisa terjadi konstipasi. Buah hamlam juga mengandung cukup banyak serat, bagi mereka yang sedang menjalankan diet dengan kadar serat yang sedikit maka tidak dianjurkan mengonsumsi buah ini.

Fakta tentang buah hamlam


      Berikut ini terdapat beberapa fakta yang dimiliki oleh buah hamlam, di antaranya :

  1.  Suhu yang ideal untuk memproduksi buah hamlam adalah 80 - 85 derajat fahrenheit.
  2.  Untuk varietas buah hamlam yang biasa, akan panen pada bulan Juni - Agustus. Namun saat ini, dikembangkan varietas baru yang bisa panen di antara bulan Juni - September. 
  3.  Lebah yang membantu proses penyerbukan buah hamlam biasanya akan memiliki madu yang warnanya lebih gelap dari madu umumnya.
  4.  Seorang herbalis Inggris pada abad ke-16 yang bernama Nicholas Culpeper menemukan bawa daun buah hamlam dapat digunakan untuk semir rambut.
  5.  Teh dari daun buah hamlam dapat digunakan untuk mengobati diare.
  6.  Jus dari buah hamlam dapat menghasilkan warna indigo atau nila.
  7.  Ada setidaknya 10 festival dari buah hamlam yang diadakan selama masa panen di Amerika Serikat.


     Sekian artikel mengenai 14 Manfaat dari buah Hamlam untuk tubuh, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke orang-orang di sekitar anda.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

saya baru tahu kalo balcakberry nama lainnya itu buah hamlam. apakah kandungan vitamin c nya itu bisa mengalahkan buah jeruk atau ada buah lain yang punya kandungan vitamin c yang lebih banyak. soalnya butuh asupan vitamin c dalam jumlah besar ini.

memang nama buah hamlam kurang terkenal dibanding blackberry, tapi itu adalah nama lain yang sering dipakai. Untuk kandungan vitamin C ada buah jeruk, acerola, strawberry, ketiganya punya kandungan vitamin c yang cukup banyak.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon