Saturday, May 13, 2017

Manfaat Cabai Rawit untuk kesehatan

kasanah.id - Cabai rawit atau dalam bahasa inggris disebut Cayenne pepper ataupun Chilli pepper, mempunyai nama latin Capsicum annuum. Biasanya sayur jenis ini digunakan sebagai penyedap tambahan dalam masakan.

     Cabai rawit biasanya dapat tumbuh di daerah tropis dan daerah dengan iklim yang mempunyai temperatur cukup hangat. Selain digunakan sebagai penyedap,Cabai rawit juga digunakan dalam pengobatan tradisional di Cina. Tingkat kepedasan Cabai rawit mencapai 30.000 - 50.000 SHU dalam skala Scoville ( Skala kepedasan Cabai )


Manfaat Cabai Rawit untuk kesehatan 


      Meskipun kebanyakan orang hanya melihat Cabai rawit sebagai sayur yang menghasilkan rasa pedas, ternyata terkandung cukup banyak nutrisi di dalamnya. 

      Terdapat beberapa vitamin seperti vitamin A, C, E, K , asam folat dan berbagai mineral yang akan bermanfaat dalam menyehatkan tubuh. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat yang terdapat dalam Cabai rawit.


Kandungan nutrisi Cabai rawit
Kandungan nutrisi Cabai rawit

1. Meningkatkan metabolisme

     
      Cabai rawit dapat bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme, berkat kandungan capsaicin yang terdapat di dalamnya. Mengonsumsi Cabai rawit akan meningkatkan panas yang terdapat dalam tubuh, akibatnya lebih banyak kalori yang akan terbakar.

2. Dapat membantu mengurangi rasa lapar


      Selain membantu proses metabolisme, capsaicin yang terdapat dalam Cabai rawit ternyata dapat bermanfaat dalam mengurangi rasa lapar. Capsaicin akan membantu mengurangi produksi hormon ghrelin dan membuat anda merasa tidak lapar. 


3. Menjaga kesehatan jantung


     Ternyata mengonsumsi Cabai rawit bisa sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan bahkan mampu mengatasi serangan jantung dengan cepat. Kandungan yang terdapat dalam Cabai rawit akan membantu membuka arteri dan melancarkan aliran darah ke jantung.


Biji dan bagian dalam Cabai rawit
Biji dan bagian dalam Cabai rawit

4. Membantu mengurangi rasa sakit


     Seringkali kita melihat bahwa cabai digunakan dalam krim ataupun salep untuk pereda rasa sakit. Ternyata salah satu sifat yang dimiliki oleh Cabai rawit adalah mampu mengurangi rasa sakit. 

     Sayur ini akan mampu mengurangi kandungan zat P ( zat yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak ) dan membuat otak teralihkan dari rasa sakit yang telah ada.

5. Mampu meminimalkan resiko terkena kanker


    Cabai rawit dapat bermanfaat dalam menurunkan resiko terkena kanker dengan cara menyerang tumbuhnya sel-sel yang akan menjadi sel kanker. 

     Capsaicin yang terdapat dalam Cabai rawit mampu membunuh dan melambatkan pertumbuhan sel kanker terutama kanker prostat, pankreas dan kanker kulit. 

6. Membantu proses pencernaan


       Salah satu manfaat dari Cabai rawit adalah membantu proses pencernaan. Mengonsumsi Cabai rawit akan memberikan rangsangan terhadap saluran pencernaan dan meningkatkan produksi enzim dan cairan lambung. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan proses pencernaan menjadi lancar.

7. Membantu proses detoksifikasi


      Cabai rawit dapat membantu proses sirkulasi dan mengurangi kadar asam. Selain itu, sayur ini juga mampu mengembalikan sistem peredaran darah dengan membuka kapiler dan mengatur gula darah. Cabai rawit juga mampu mengeluarkan bakteri dan racun dari dalam tubuh.

8. Melawan jerawat


      Cabai rawit bermanfaat dalam melawan jerawat dengan cara melancarkan sirkulasi dan aliran darah ke kulit. Sayur ini mengandung beberapa nutrisi dan antioksidan yang mampu meningkatkan kesehatan epidermis dan kulit. 


Tanaman Cabai rawit
Tanaman Cabai rawit

9. Menangkal radikal bebas


      Kandungan antioksidan pada Cabai rawit akan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat berakibat buruk bagi tubuh karena mampu merusak sel - sel dalam tubuh. Ketika orang bekerja  di luar ruangan atau berpergian, orang tersebut rentan terhadap serangan radikal bebas.

10. Anti jamur


      Berdasarkan tes in vitro yang pernah dilakukan oleh peneliti, ditemukan adanya CAY-1. Senyawa CAY-1 ini secara efektif menekan pengembangan 16 jenis jamur.

11. Mencegah penggumpalan darah


       Cabai rawit mempunyai sifat mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan cara menghilangkan faktor - faktor yang menyebabkan adanya penggumpalan darah. Hal ini sangat baik dalam mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.


       Sekian artikel mengenai Manfaat Cabai Rawit untuk kesehatan. Semoga artikel ini berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

      

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

6 komentar

Ternyata ada banyak manfaat dari cabai rawit, saya pikir cuman untuk memberi rasa pedas saja. Berarti sambal ada manfaatnya. Terima kasih atas informasinya.

ada kok, tidak hanya bisa memberi rasa pedas, tetapi juga banyak manfaatnya. Tapi konsumsinya tidak boleh berlebihan,efeknya bisa tidak baik, mulai dari mules, pusing,dll.

Cabai juga bisa melawan jerawat? Ini benar mas ? Saya baru tau sumpah. Kalo gitu ane konsumsi cabai terus ah dengan cara menyambal hehehe

Bisa kok mas, karena cabai selain melancarkan sirkulasi darah di kulit juga akan membuat tubuh mengeluarkan keringat, keringat akan membawa serta racun dari tubuh, kulit bisa menjadi lebih segar dan sehat,serta terhindar dari jerawat. asal jangan terlalu banyak, bisa menyebabkan sakit perut.

saya sangat suka makanan pedas walaupun banyak orang yang bilang makan pedas tidak bagus untuk kesehatan tapi saya selalu merasa puas setelah makan yang pedas2

memang makanan pedas cocok bagi sebagian orang, tetapi yang perlu diingat tidak boleh berlebihan karena akan menimbulkan iritasi.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon