Monday, May 1, 2017

11 Manfaat ciplukan bagi tubuh

kasanah.id - Buah yang satu ini, dulu dapat dengan mudah di temukan di daerah persawahan ataupun ladang, ciplukan dapat tumbuh subur disana. Tetapi saat ini, rasanya susah untuk bisa menemukannya.


      Ciplukan mempunyai nama latin Physalis Peruviana, merupakan buah yang berasal dari Peru. Di beberapa negara seperti Afrika Selatan, Inggris, Australia ataupun Selandia Baru, ciplukan disebut dengan Cape gooseberry atau Physalis. Dan ternyata, meskipun dulu sempat diabaikan, ciplukan ini merupakan buah yang harganya termasuk mahal.

Manfaat buah Ciplukan :


     Setelah mengetahui atau berkenalan dengan Ciplukan, kita akan segera mengetahui manfaat Ciplukan. Buah ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Simak informasi dibawah ini untuk mengetahui manfaat dari Ciplukan.

Kandungan nutrisi buah Ciplukan
Kandungan nutrisi buah Ciplukan


1. Mampu menyembuhkan flu dan radang tenggorokan


      Salah satu manfaat dari buah Ciplukan adalah mampu menyembuhkan flu dan radang tenggorokan. Ternyata, daun dan akar dari tanaman ini mengandung nutrisi juga yang dapat menyembuhkan penyakit seperti flu dan radang tenggorokan.

       Ambil daun dan akarnya atau bisa juga seluruh bagian dari tanaman, lalu bersihkan dan potong-potong hingga dalam bentuk yang cukup kecil. 

      Lalu keringkan hasil potongan tadi. Setelah itu, masukkan ke dalam air mendidih, tunggu sampai cukup larut (seperti membuat teh). Minumlah hasil rebusan tadi sebanyak 3 x sehari.

2. Melindungi hati dan ginjal

      
      Selain bermanfaat dalam menyembuhkan flu dan radang tenggorokan, akar dari tanaman Ciplukan juga mampu melindungi hati dan ginjal. 

     Penelitian menyebutkan bahwa akar dari tanaman ini mampu melindungi tubuh dari penyakit fibrosis. Sehingga hati dan ginjal tidak akan kekurangan cairan dalam jaringan dan akan tetap sehat serta terhindar dari fibrosis.

3. Baik bagi ibu hamil


      Zat besi yang ditemukan dalam buah Ciplukan merupakan zat yang penting bagi ibu hamil. Setiap harinya, seorang ibu hamil membutuhkan zat besi sekitar 27 mg. 

     Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin setiap hari, buah Ciplukan akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan zat besi dan menambah perlindungan tubuh dari berbagai macam penyakit.

4. Mengobati diabetes


      Salah satu manfaat dari buah Ciplukan adalah mampu mengobati diabetes. Cara untuk melakukan pengobatan diabetes dengan Ciplukan, hampir sama dengan cara saat mengobati flu dan radang tenggorokan. 

      Hanya saja, saat merebus tanaman Ciplukan, gunakan 2 gelas air saja dan rebus sampai tersisa 1 gelas air. Lakukan hal tersebut di pagi hari, sisa rebusan dapat direbus kembali dan diminum untuk siang harinya.

Buah Ciplukan
Buah Ciplukan


5. Mengobati penyakit paru-paru


      Tanaman dari buah Ciplukan ini ternyata juga mampu bermanfaat dalam mengobati penyakit paru-paru. Cara pengobatan sama seperti yang telah disebutkan, namun gunakan 3-5 gelas air. Rebus dalam air mendidih dan pastikan telah larut, setelah itu air rebusan bisa diminum sebanyak 3 kali sehari.

6. Dapat mengobati epilepsi


       Ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah Ciplukan, mulai dari vitamin dan mineral. Nutrisi ini ternyata mampu menyembuhkan epilepsi atau setidaknya meringankan, cukup makan buah Ciplukan 8 - 10 buah per hari.

7. Mempercepat penyembuhan luka


      Vitamin C yang terdapat dalam buah Ciplukan, membuat buah ini mampu mempercepat produksi kolagen dalam tubuh dan pada akhirnya akan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu buah Ciplukan juga mempunyai antioksidan yang cukup penting bagi tubuh.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


      Dalam buah Ciplukan terkandung Vitamin A, C dan juga antioksidan. Nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang penting dalam memerangi radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

      Radikal bebas mampu mengubah sel dalam tubuh menjadi rusak atau bahkan dalam kondisi parah, menyebabkan kanker. Mengonsumsi buah Ciplukan tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

9. Meningkatkan fungsi kardiovaskular

  
      Buah Ciplukan kaya akan Vitamin B1. Vitamin B1 akan membantu proses produksi asetilkolin, yang mengirimkan pesan/perintah ke otot dan saraf. Jika tubuh kekurangan asetilkolin, detak jantung akan menjadi tidak teratur dan berbahaya bagi tubuh.

Buah Ciplukan yang belum dipetik
Buah Ciplukan yang belum dipetik


10. Menjaga penglihatan


     Seperti yang telah disebutkan bahwa salah satu kandungan dalam buah Ciplukan adalah Vitamin A. Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan gangguan pada mata seperti menurunnya kemampuan mata saat melihat dalam kondisi yang kurang cahaya. 

      Dengan mengonsumsi buah Ciplukan akan membawa manfaat seperti meningkatkan dan menjaga penglihatan dan juga memperlambat penuaan pada mata yang meningkat seiring bertambahnya usia.

11. Membantu meringankan radang sendi


      Nyeri yang disebabkan karena radang sendi dapat dikurangi dengan cara memompa lebih banyak darah pada daerah yang terkena radang sendi. 

      Buah Ciplukan mengandung niasin yang bermanfaat dalam meningkatkan aliran darah ke beberapa bagian tubuh yang pada akhirnya bisa meringankan rasa sakit akibat radang sendi.


Efek samping


         Mengonsumsi buah ciplukan secara berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek samping di antaranya adalah Hipertensi dan Takikardia ventrikel. Selain itu, bisa juga timbul reaksi alergi terutama bagi mereka yang alergi terhadap berry. 

        Ciplukan yang belum matang juga tergolong beracun, jadi perhatikan betul apakah buah tersebut sudah matang atau belum sebelum mengonsumsinya.

Fakta tentang Ciplukan


      Ciplukan memiliki beberapa fakta yang diantaranya ada pula yang unik, berikut fakta tentang ciplukan :

  1.  Ada setidaknya 43 nama lain dari Ciplukan yang berasal dari 43 negara yang berbeda. Di Sudan ciplukan disebut dengan habwa sedangkan di Malawi disebut dengan Jamu.
  2.  Buah ciplukan dapat berukuran diameter antara 1 - 2,5 cm.
  3.  Tanaman ciplukan akan berbunga di bulan Juni sampai dengan Agustus.
  4.  Biji ciplukan mempunyai diameter hanya sekitar 2 mm.
  5.  Ciplukan akan tumbuh dengan baik pada bulan Agustus sampai dengan November.
  6.  Ada salah satu suku di India yaitu suku Muthuvan yang menjadikan Ciplukan sebagai obat-obatan umum.
  7.  Di Afrika Selatan, daun ciplukan yang sudah dipanaskan digunakan sebagai obat pereda nyeri.
  8.  Di Kolombia, rebusan daun ciplukan digunakan sebagai obat diare dan asma.
  9.  Tanaman Ciplukan bisa tumbuh hingga 1,8 meter.

       Sekian artikel mengenai 11 Manfaat Ciplukan bagi tubuh, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke orang-orang sekitar anda. Terima kasih.
      

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

4 komentar

dulu saya sering nemu ciplukan, tapi sekarang dah jarang. saya kira nggak ada manfaatnya, e cernyata ada 11 manfaat yang bisa bermanfaat dari ciplukan. tapi sekarang tanamannya bisa dibilang jarang di temukan.

memang saat ini jarang ditemukan di alam liar, baru dibudidayakan lagi. Tetapi sepertinya yang di alam liar juga akan tetap jarang ditemukan.

Ternyata warnanya lucu ada yang kuning sama merah kulit luarnya

memang warnanya akan berbeda-beda, tergantung dari tingkat kematangan buah dan juga spesiesnya. terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon