Tuesday, May 2, 2017

Ternyata inilah 14 Manfaat Buah Frambos

kasanah.id - Sudah kenalkah dengan buah yang satu ini ?. Raspberry merupakan nama lain dari buah ini. Bentuk dari buah ini memang mungil dan rasanya cenderung asam, tetapi terdapat banyak nutrisi di dalamnya.

        Buah Frambos berasal dari Asia Timur. Meskipun begitu, buah ini juga tersebar ke berbagai benua dan negara, terdapat beberapa jenis dari buah Raspberry. Sedangkan untuk jenis yang biasa kita sebut buah Frambos adalah jenis Rubus idaeus atau berry merah.

14 Manfaat buah Frambos 


       Meskipun bentuknya yang mungil, tetapi buah ini mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh kita. Selain terdapat kandungan Vitamin C yang cukup besar, juga terdapat berbagai macam vitamin dan mineral pada buah ini. Di bawah ini akan diuraikan berbagai manfaat dari buah Frambos.

Kandungan nutrisi buah frambos
Kandungan nutrisi buah frambos

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


       Adanya kandungan Vitamin C dan antioksidan yang berjumlah cukup besar membuat buah Frambos bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

      Selain Vitamin C dan antioksidan juga terdapat fitonutrien yang penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu memerangi penyakit.

2. Cocok dikonsumsi saat diet


     Buah yang satu ini kaya akan kandungan serat. Serat akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi serta membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. 

      Hal ini menjadikan Buah Frambos bermanfaat dalam menurunkan berat badan bagi anda yang sedang melakukan diet.

3. Meningkatkan metabolisme


     Selain mengandung serat, buah ini juga mengandung mineral mangan. Mineral mangan yang terdapat pada Buah Frambos menjadikan buah ini bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dalam tubuh. 
     
      Meningkatnya metabolisme akan membantu dalam proses pembakaran lemak. Tubuh akan menjadi lebih sehat dan segar.

4. Menangkal radikal bebas


      Radikal bebas merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit. Seringkali orang tidak menyadari ketika ia berada di lokasi yang penuh dengan berbagai polusi, tubuh akan diserang oleh radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak sel dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

       Buah Frambos merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan mengongsumsi buah Frambos, tubuh akan menjadi lebih kuat dalam menangkal radikal bebas.

5. Meningkatkan kesuburan


      Kandungan Vitamin C dan magnesium yang terdapat pada buah Frambos dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. 

       Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga mampu menjaga kesehatan sperma dan mengurangi resiko keguguran.

Buah frambos yang sudah dipanen
Buah frambos yang sudah dipanen


6. Baik dikonsumsi oleh wanita


      Buah Frambos ternyata sangat bermanfaat bagi wanita, baik wanita yang masih lajang ataupun sudah menikah, dan bagi ibu hamil ( harus dengan rekomendasi dokter ). Daun dari tanaman ini dapat digunakan sebagai teh herbal.

       Teh herbal ini mempunyai banyak manfaat seperti mengatur siklus haid dan mengurangi aliran darah selama haid. 

      Sedangkan bagi ibu hamil, bermanfaat dalam menurunkan rasa mual, mencegah pendarahan, meringankan rasa sakit dan membantu saat melahirkan. Bagi ibu menyusui, dengan mengonsumsi buah ini, jumlah ASI akan bertambah.

7. Mengurangi kerontokan rambut


     Dalam buah Frambos terdapat kandungan Vitamin B. seperti B-6 dan B-12, Dengan kandungan vitamin tersebut membuat buah Frambos bermanfaat dalam mencegah kerontokan dan juga mencegah timbulnya uban. Selain Vitamin B juga terdapat asam Folat yang akan membantu proses pertumbuhan rambut.


8. Mengurangi keriput


     Selain dapat dikonsumsi, buah Frambos juga dapat digunakan sebagai masker. Masker dari buah ini akan bermanfaat dalam mengurangi keriput pada kulit. 

     Cukup campurkan 1 cangkir yogurt murni dengan 2 buah Frambos. lalu haluskan. Setelah itu tempelkan hasilnya ke bagian yang berkeriput.

9. Mencegah infeksi dan kanker


     Dalam buah Frambos terdapat asam ellagic yang secara efektif dapat mencegah kerusakan pada sel dan juga menangkal radikal bebas, kerusakan sel dan radikal bebas merupakan salah satu penyebab kanker. Buah Frambos juga bermanfaat dalam mencegah infeksi yang disebabkan oleh mikroba.

10. Menjaga penglihatan


       Seiring bertambahnya usia, kemampuan manusia dalam melihat juga akan semakin berkurang karena otot mata semakin melemah. 

      Buah frambos mengandung beberapa vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Terdapat pula antioksidan yang mampu menjaga kesehatan mata dari radikal bebas yang mungkin menyerang mata.

11. Menjaga kesehatan kardiovaskular


      Kandungan kalium dalam buah Frambos ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga detak jantung agar tetap normal dan juga mengatur tekanan darah. 

      Selain itu juga terdapat mineral seperti mangan, tembaga dan besi yang membantu dalam proses pembuatan sel darah merah.

Buah frambos yang belum dipanen
Buah frambos yang belum dipanen


12. Baik bagi penderita diabetes


     Meskipun Buah Frambos mempunyai rasa yang manis tetapi buah ini mempunyai indeks glikemik yang rendah. Jadi bagi penderita diabetes, jika membutuhkan makanan yang manis maka bisa menambahkan buah Frambos kedalam asupan makanannya.

13. Menyehatkan kulit kepala


       Jumlah kandungan Vitamin C yang cukup banyak tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dalam tubuh, tetapi juga bermanfaat dalam menyehatkan kulit kepala. Dengan semakin sehatnya kulit kepala, maka rambut juga akan sehat dan terlihat lebih menarik.

14. Menjaga kesehatan kulit


      Buah Frambos tidak hanya dapat menjaga kulit dari radikal bebas, tetapi buah ini juga mampu menjaga kulit tetap terlihat awet muda. 

       Terdapat antosianin yang mampu menjaga kulit tetap awet muda dan tampak cerah. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat terutama bagi wanita.


Efek samping


      Frambos selain bermanfaat juga mempunyai efek samping. Buah ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang, reaksi alergi akan muncul dengan tanda berupa gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah atau tenggorokan.

     Jika terdapat riwayat penyakit seperti fibroid uterus, endometriosis, kanker payudara dan kanker ovarium pada masa lalu, maka tidak disarankan mengonsumsi buah ini. Bagi ibu hamil dan ibu menyusui, sebaiknya menanyakan terlebih dahulu ke dokter tentang porsi buah frambos yang boleh dimakan.

Fakta tentang Frambos


        Ada beberapa fakta unik yang perlu anda ketahui mengenai buah Frambos. Berikut ini adalah beberapa faktanya :

  1.  Frambos diperkirakan sudah dikonsumsi sejak zaman prasejarah  dan baru dikembang di Inggris dan Prancis pada abad ke 16.
  2.  Frambos memiliki nama latin Rubus idaeus. 
  3.  Dari beberapa jenis buah berry ( dimana frambos adalah satunya ), terdapat turunan hingga 200 jenis berry.
  4.  Frambos menghasilkan biji antara 100 - 120 biji.
  5.  Pada jaman dulu Frambos digunakan untuk membersihkan gigi dan obat sakit mata.
  6.  Di Amerika ada beberapa peringatan hari nasional raspberry yaitu di tanggal 3 Mei ( Hari raspberry popover dan tart nasional ), tanggal 31 Juli ( Hari kue raspberry nasional ), tanggal 7 Agustus ( Hari raspberry dan krim nasional ).
  7.   Orang-orang Troy adalah masyarakat yang pertama kali mengapresiasi dan mengakui keberadaan buah ini.
  8.  Setelah di petik, buah ini tidak akan tambah matang dan tetap seperti kondisi pada saat dipetik.


      Sekian artikel mengenai Ternyata inilah 14 Manfaat buah Frambos, semoga berguna dan jangan lupa bagikan ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih. 

      

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

nyari nya dimana gan? kayaknya enak yang dijadiin sirup wkwk

wah kalo itu saya kurang tahu, tetapi di beberapa toko online ada yang menjual. untuk lokasi pastinya saya tidak tahu.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon