Thursday, May 25, 2017

12 Manfaat jagung untuk kesehatan

kasanah.id - Jagung merupakan salah satu tanaman yang sudah dikenal hampir oleh setiap orang. Tanaman ini mempunyai nama latin Zea mays ssp.mays . 

     Jagung merupakan makanan pokok bagi penduduk di Amerika Tengah dan Selatan dan beberapa negara di Afrika. Tanaman ini ditemukan di Meksiko Selatan sekitar 10.000 tahun yang lalu.

     Yang menarik dari jagung adalah kemudahan dalam mengolah tanaman yang satu ini. Jagung dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dibakar, dijadikan sayur, ataupun diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tentunya enak dan bergizi.


Manfaat Jagung untuk kesehatan


     Tercatat berbagai macam nutrisi terdapat dalam jagung. Jagung mengandung berbagai mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan. Jagung dapat bermanfaat dalam berbagai hal seperti melancarkan pencernaan, mencegah anemia dan berbagai manfaat lainnya yang akan dijelaskan di bawah ini.

Kandungan nutrisi pada jagung
Kandungan nutrisi pada jagung

1. Melancarkan pencernaan


     Jagung mengandung banyak serat, baik serat yang dapat larut ataupun yang tidak dapat larut. Serat yang dapat larut berguna dalam membantu menghalangi penyerapan kolesterol oleh tubuh. Sedangkan serat tidak larut berguna dalam mencegah konstipasi dan masalah pada usus, hasilnya proses pencernaan akan berjalan dengan lancar.

2. Mencegah anemia


     Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan vitamin B dan asam folat. Ternyata keduanya terdapat dalam jagung. Selain itu, pada jagung juga terdapat zat besi yang penting dalam membentuk sel darah merah yang baru. Kekurangan zat besi juga menjadi penyebab utama dari penyakit anemia.


3. Menjaga kesehatan jantung


     Homosistein adalah salah satu penyebab timbulnya masalah pada jantung. Jagung mengandung folat yang diketahui dapat mencegah kadar homosistein. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung folat, resiko terkena penyakit jantung akan menurun.

4. Mengendalikan hipertensi dan diabetes


     Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji jagung (tentunya yang sudah diolah) akan membantu mengendalikan dan mencegah diabetes. Selain itu, adanya fitokimia fenolik dalam jagung membuatnya bermanfaat dalam mengatasi hipertensi. Fitokimia juga membantu penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, hal ini akan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Sifat anti-kanker


     Dalam jagung ditemukan adanya antioksidan yang dapat melawan dan menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Ditambah dengan adanya asam ferulic maka tubuh akan mampu melawan tumor, terutama tumor payudara dan hati.

Jagung yang telah dipanen
Jagung yang telah dipanen

6. Mencegah Alzheimer


     Jagung mengandung berbagai nutrisi yang penting dalam menjaga kemampuan otak. Timin yang terdapat dalam jagung akan membantu menjaga fungsi kognitif dari otak. 

      Selain itu, timin juga dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin, neurotransmiter yang penting untuk menjaga ingatan agar tidak pikun dan sekaligus mencegah penyakit alzheimer.

7. Menjaga kesehatan  mata


     Bagian inti berwarna kuning pada biji jagung mengandung senyawa yang disebut karotenoid. Karotenoid merupakan senyawa penting yang berperan dalam mengurangi resiko penurunan kemampuan penglihatan. Selain itu, jagung juga mengandung beta-karoten yang membantu dalam produksi vitamin A yang penting untuk mata.

8. Mencegah cacat bayi


      Kaya akan asam folat membuat jagung sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Bagi ibu yang akan merencanakan untuk hamil ataupun ibu yang sedang mengandung, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat adalah suatu keharusan.

     Kekurangan asam folat pada wanita hamil akan menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang kurang dan resiko cacat lahir pada bayi. Oleh sebab itu, makanan yang mengandung asam folat menjadi hal yang harus diperhatikan. Pada beberapa kasus, hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

9. Sumber energi


     Jagung merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan sebagai sumber pangan karena mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat mampu memberikan energi bagi tubuh, baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. 

Tanaman jagung yang belum dipanen
Tanaman jagung yang belum dipanen

10. Membantu meningkatkan berat badan


      Bagi orang-orang yang mempunyai berat badan dibawah ideal dan sedang ingin menaikkan berat badannya, jagung bisa menjadi pilihan. 

      Selain mengandung banyak karbohidrat, jagung juga kaya akan kalori yang akan berperan dalam mengisi tubuh. Mengonsumsi jagung tentu akan membantu proses penambahan berat badan.

11. Mengendalikan kolesterol


     Jagung manis ternyata mengandung cukup banyak vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid yang baik dalam mengendalikan kadar kolesterol. Mengonsumsi jagung akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga jumlah kolesterol baik (HDL). 

12. Membuat kulit tampak lebih muda


      Jagung mengandung banyak antioksidan yang akan membantu menghilangkan radikal bebas dan menjaga kulit tetap terlihat segar. Hasilnya kulit akan tampak lebih muda. Pati jagung dapat juga digunakan dalam mengatasi iritasi kulit dan ruam.


       Sekian artikel mengenai 12 manfaat jagung untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

ternyata banyak juga ya khasiat jagung ini, saya cukup tertarik karena tadi disebutkan kalau jagung ini bisa menambah berat badan dan menangkal kolesterol dan menyehatkan janin, tiga hal ini yang menurut saya luar biasa. Mungkin saya akan tindak lanjuti ke dokter untuk mendapatkan cara mengkonsumsinya secara teratur. Mungkin jagung ini cocok dikonsumsi setiap hari kalau memang manfaatnya seperti demikian.

jagung memang banyak manfaatnya, di beberapa daerah jagung juga menjadi makanan pokok (menggantikan nasi), jadi tidak ada salahnya mengonsumsi jagung. Terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon