Saturday, May 6, 2017

Kumquat dan 14 manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh

kasanah.id - Buah yang mempunyai nama latin Citrus japonica ini berasal dari Asia Selatan dan Asia Pasifik. 

       Sejak dulu, Buah ini sudah terdapat di beberapa negara seperti India, Jepang, Taiwan, Filipina dan beberapa negara di Asia Tenggara. Dengan bertambahnya waktu buah ini telah dikembangkan di berbagai negara.

     Ada beberapa jenis buah Kumquat tetapi yang paling banyak ditemukan adalah jenis kumquat yang berbentuk bulat dan terlihat seperti buah jeruk yang kecil. Kumquat memiliki rasa yang manis, sehingga cocok digunakan untuk koktail, selai, manisan, makanan pencuci mulut dan lainnya.


14 Manfaat Kumquat 


       Ada berbagai macam nutrisi yang terdapat di buah Kumquat. Kandungan nutrisi di dalamnya mencakup vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium dan berbagai nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Penjelasan lebih lengkap ada di bawah ini.

Kandungan nutrisi buah Kumquat
Kandungan nutrisi buah Kumquat

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


      Salah satu kandungan terbesar yang terdapat di buah ini adalah kandungan vitamin C. Dengan kadar vitamin C 73% dari kebutuhan tubuh setiap hari, buah ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Vitamin C akan membantu tubuh dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal berbagai macam penyakit.

2. Mencegah kanker


      Buah Kumquat dapat bermanfaat dalam mencegah kanker, kandungan antioksidan dan fitonutrien seperti karoten, zeaxanthin, pektin dan tanin akan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker. Mengonsumsi buah ini akan meminimalkan resiko terkena kanker.

3. Menurunkan kolesterol


     Pada buah ini terdapat serat dan juga beberapa nutrisi seperti Omega 3 dan Omega 6, membuat buah Kumquat mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga menurunkan trigliserida dalam darah. Selain itu, serat akan membantu proses pencernaan dalam tubuh sehingga menjadi lebih lancar.

4. Sebagai sumber energi


      Buah Kumquat merupakan salah satu buah yang dapat bermanfaat sebagai sumber energi. Pada buah ini terdapat Riboflavin yang berguna dalam mengatur metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Hasilnya tubuh akan menerima lebih banyak energi secara cepat.

buah Kumquat yang sudah dipanen
buah Kumquat yang sudah dipanen

5. Mengatasi sembelit


      Salah satu manfaat yang dimiliki oleh buah Kumquat adalah memperlancar proses pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan. Serat akan membantu dalam mengatasi sembelit, kelebihan gas, kembung dan kram. Selain itu, serat juga mampu meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi.

6. Menyehatkan mata


      Kandungan vitamin A dan beta karoten pada buah Kumquat membuatnya mampu menyehatkan mata. Beta karoten akan berfungsi sebagai antioksidan pada mata dan menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang mata sehingga tetap sehat.

      Fungsi lain dari beta karoten adalah mengurangi setres oksidatif pada sel makula, sehingga mengurangi degenerasi makula dan mencegah terjadinya katarak.

7. Memperkuat tulang


     Kalsium yang terdapat pada buah Kumquat akan membantu melindungi tulang dalam jangka panjang. Dengan meningkatnya jumlah kalsium, tubuh akan mempunyai lebih banyak endapan kalsium yang dapat berfungsi memperkuat tulang dan mencegah/memperlambat kerapuhan tulang.

8. Baik dikonsumsi untuk diet


     Dengan kandungan karbohidrat yang rendah, kandungan serat dan air yang tinggi, serta rendah kalori membuat buah Kumquat dapat bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Setelah mengonsumsi buah ini, anda akan merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan.

9. Mencegah diabetes


     Serat dari buah ini tidak hanya mampu membantu proses pencernaan tetapi juga mempunyai fungsi lainnya seperti mengoptimalkan keseimbangan insulin dan glukosa dalam tubuh. Hal ini akan membantu mencegah timbulnya diabetes.

10. Menyehatkan rambut dan gigi


      Adanya vitamin C, senyawa organik dan terdapatnya beberapa mineral akan memperbaiki kualitas tekstur, sifat berminyak dan juga kekuatan rambut. Hal ini juga berlaku bagi gigi, vitamin C dan beberapa mineral seperti kalsium dan kalium akan menjaga agar gigi tetap kuat dan sehat.

11. Menyehatkan kulit


      Dengan adanya berbagai macam vitamin dan mineral yang terdapat pada buah Kumquat ini, mampu membuat buah ini bermanfaat dalam menyehatkan kulit. Mengonsumsi buah ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya.

      Jika buah ini dikonsumsi secara rutin dan berkecukupan akan  membuat kulit tetap lembab, menunda munculnya keriput dan bintik-bintik pada kulit serta melindungi kulit dari sinar matahari.

buah Kumquat yang belum dipanen
buah Kumquat yang belum dipanen


12. Mengurangi resiko terkena batu ginjal


      Adanya konsentrasi asam sitrat yang tinggi pada buah ini akan membuat ginjal tetap sehat dan mencegah timbulnya batu ginjal.

13. Mempercepat proses penyembuhan


       Kandungan vitamin C yang melimpah pada buah ini ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C akan mempercepat proses penyembuhan sel yang rusak dalam tubuh dan membuat tubuh kembali sehat.

14. Mengurangi peradangan


      Terdapatnya fitonutrien, tanin dan antioksidan pada buah ini akan secara efektif mencegah terjadinya peradangan, terutama yang disebabkan oleh radikal bebas. Tubuh juga akan terhindar dari pengerasan arteri dan melindungi tubuh dari arthritis.


Efek samping


      Meskipun terdapat banyak manfaat dari kumquat, bukan berarti anda boleh mengonsumsi kumquat secara berlebihan karena ada efek samping dari buah ini. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kumquat bisa menimbulkan gangguan ginjal dan gangguan pada organ lainnya.

      Pada beberapa orang juga dimungkinkan terjadi reaksi alergi terutama pada orang yang alergi terhadap sitrus karena pada kumquat terdapat protein profilling. Penderita kanker payudara juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi buah kumquat.

Fakta tentang kumquat


        Ada beberapa fakta yang menyertai buah ini, bahkan beberapa diantaranya tergolong unik. Berikut fakta tentang buah kumquat :

  1.  Dulu kumquat termasuk dalam keluarga citrus, lalu pada tahun 1915, kumquat diberi genus tersendiri yaitu fortunella. 
  2.  Kumquat tidak hanya bisa dimakan mentah tetapi juga bisa dijadikan manisan, diasamkan, dibuat menjadi selai, makanan pencuci mulut atau bisa ditambahkan ke irisan daging.
  3.  Ada setidaknya 3 varietas hibrida dari kumquat yaitu limequat, mandarinquat dan orangequat.
  4.  Kumquat juga disebut dengan cumquats, nama ini diambil dari kata kamkwat di bahasa kanton yang berarti emas.
  5.  Tidak seperti spesies sitrus lainnya, kumquat adalah buah yang kokoh dan tahan terhadap suhu panas maupun dingin.
  6.  Diameter buah kumquat berukuran antara 1,6 - 4 cm.
  7.  Pada saat masih mentah, warna buah kumquat adalah hijau, tetapi ketika matang warnanya bisa menjadi oranye kekuningan atau oranye keemasan.

      Sekian artikel mengenai Kumquat dan 14 manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ini ke orang-orang disekitar anda.

       

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

4 komentar

ini kalo di indonesia, belinya dimana ya mas ? soalnya cukup menarik dan bermanfaat buahnya tetapi kok belum pernah ketemu ya.

kalo untuk toko fisiknya, silahkan coba cari di toko buah yang terdekat dari tempat tinggal. Sedangkan untuk toko online, ada beberapa yang jual.

wah aku kira ini tadi jeruk gan.. ternyata bukan ya. jadi penasaran sama rasanya.., hihi

buah ini berbeda jenis dengan jeruk. Rasanya cukup enak kok, silahkan dicoba dulu.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon