Friday, May 26, 2017

Pare dan 11 Manfaatnya untuk tubuh

kasanah.id - Pare mempunyai nama latin Momordica charantia. Pare dapat tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis dengan wilayah persebaran meliputi Asia, Afrika dan kepulauan Karibia. Pare merupakan tanaman yang berasal dari India dan disebarkan oleh China pada abad ke 14.

      Sayur ini dalam bahasa Inggris disebut bitter melon atau bitter gourd, bitter sendiri memiliki arti pahit. Rasa dari Pare memanglah pahit, tetapi setelah diolah menjadi berbagai jenis masakan, rasanya menjadi enak dan bisa dikonsumsi.


Manfaat Pare untuk tubuh


      Meskipun rasanya pahit, sayur ini banyak mengandung nutrisi. Jumlah kalori dalam pare juga terhitung rendah. Pare mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, zat seng, zat tembaga dan nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh. Mengonsumsi pare tentu akan membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Kandungan nutrisi Pare
Kandungan nutrisi Pare


1. Menyehatkan hati


     Meminum satu gelas jus pare setiap ternyata mampu membuat hati lebih sehat. Lakukan hal ini secara rutin selama satu minggu dan lihat hasilnya, kesehatan hati akan terjaga.

2. Menurunkan jumlah kolesterol jahat


      Kolesterol jahat adalah salah satu penyebab adanya gangguan pada jantung, pare merupakan salah satu sayur yang dapat bermanfaat dalam menurunkan jumlah kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi pare, resiko penyakit jantung dan stroke akan berkurang.

        Pare yang kaya akan kalium juga mampu menjaga tekanan darah dengan cara menyerap sodium dalam tubuh. Adanya zat besi dan asam folat akan turut serta dalam menjaga kesehatan jantung anda.


3. Mengatasi diabetes


      Pare mengandung senyawa yang bekerja layaknya insulin, senyawa ini mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Hal ini tentu sangat penting bagi penderita diabetes. 

      Selain itu, rasa pare yang pahit menandakan tidak adanya gula dalam sayur ini, sehingga tidak akan memperparah penyakit diabetes.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


      Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan kandungan vitamin C mencapai 140% dari kebutuhan per hari, pare akan sangat bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

      Ditambah dengan adanya beberapa antioksidan, tubuh akan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Pare yang sudah diolah
Pare yang sudah diolah

5. Mengatasi sembelit


      Pare mengandung banyak serat yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Serat akan membantu penyerapan nutrisi dan membantu melancarkan tubuh dalam membuang sampah dari tubuh, tentunya tubuh akan terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

6. Membantu menurunkan berat badan


      Sayur yang satu ini tidak hanya mengandung banyak nutrisi, tetapi juga mempunyai kandungan lemak, kalori dan karbohidrat yang rendah. 

      Senyawa yang terdapat pare dapat menghambat produksi hormon penyebab rasa lapar dan membuat anda tetap merasa kenyang. Tentunya ini akan sangat membantu jika anda sedang melakukan diet.

7. Menjaga penglihatan


      Senyawa beta karoten dan vitamin A yang terdapat pada pare akan sangat berguna dalam hal penglihatan. Keduanya akan membantu menyehatkan mata dan memperkuat penglihatan anda. 

8. Mempercantik kulit dan rambut


      Bagi para wanita, konsumsi pare tidak hanya menyehatkan badan anda tetapi juga akan menjaga penampilan anda. Adanya anti oksidan disertai dengan vitamin A dan vitamin C akan mencegah penuaan kulit dan timbulnya keriput. Lebih jauh lagi, Pare dapat membantu mengurangi jerawat dan melindungi kulit dari sinar UV.

       Mengoleskan esktrak pare ke kulit kepala anda akan membuat rambut lebih terjaga dan mengurangi rontok serta rambut beruban. Selain itu, ekstrak tersebut juga dapat mengatasi rambut bercabang dan ketombe.

Pare yang masih muda dan belum dipanen
Pare yang masih muda dan belum dipanen

9. Membersihkan darah


     Sifat antimikroba dan antioksidan yang terdapat dalam pare, membantu mengatasi masalah dalam darah dan membersihkan darah dari racun. 

      Bahkan pare juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah sehingga darah dapat mengalir dengan lancar dan hasilnya tubuh akan lebih sehat.

10. Mempercepat penyembuhan luka


      Pare dapat membantu dalam mengatur sirkulasi darah dan pembekuan darah, hal ini akan menyebabkan proses penyembuhan luka berjalan dengan lebih cepat. Dengan penyembuhan luka yang lebih cepat, tubuh akan terhindar dari infeksi.

11. Sumber energi


      Konsumsi pare secara rutin akan meningkatkan stamina dan energi dalam tubuh. Selain itu, pare juga akan membantu tubuh agar mempunyai siklus tidur yang teratur dan sesuai, tentunya ini akan membantu tubuh untuk memperoleh energi yang cukup dalam melakukan berbagai aktifitas ketika sudah bangun.


      Sekian artikel mengenai Pare dan 11 manfaatnya untuk tubuh. Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

6 komentar

makasih infonya tentang manfaat pare, iya emang benar bahwa manfaat pare itu banyak seperti untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. buat kalian yang belum mencoba makan atau mengkonsumsi pare mulai sekarang lah antum harus mulai mengkonsumsinya.

duh manfaatnya bagus .. tapi pahit sih jadi males juga makannya. soalnya emang dari Dulu gasuka pait

iya, memang pare bagus untuk kesehatan dan penampilan. Terima kasih sudah berkunjung.

Bisa diolah biar rasanya nggk pahit kok, dicoba dulu, enak dan bergizi lho. Terima kasih sudah berkunjung.

ternyata dibalik rasa yang pahit ada manfaat yang terkandung didalam nya, terimakasih telah memberi saya informasi tentang pare ini

Sama-sama, memang meskipun rasa pare pahit tetapi ada banyak manfaat didalamnya jadi tidak akan sia-sia jika makan pare. Terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon