Thursday, May 11, 2017

Buah Quince dan 12 manfaat di dalamnya

kasanah.id - Buah dengan nama latin Cydonia Oblonga ini mempunyai bentuk yang serupa dengan buah pir.  

     Buah Quince merupakan buah asli dari wilayah Asia Selatan, Iran, Armenia, Turki dan Georgia. Selain dimanfaatkan sebagai makanan, bunga dari tanaman buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan.


Manfaat Buah Quince


     Buah Quince kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium dan berbagai nutrisi lainnya ( vitamin A, vitamin B, zat tembaga, zinc, kalium, selenium, fosfor dan magnesium ) dalam jumlah yang lebih kecil. 

      Selain itu buah ini merupakan buah yang rendah lemak dan mengandung serat. Dari berbagai nutrisi yang terdapat di dalamnya, akan dijelaskan mengenai manfaat dari buah Quince.

kandungan nutrisi buah quince
kandungan nutrisi buah quince

1. Mengobati tukak lambung


      Buah Quince jenis Quince Cina dapat bermanfaat dalam mengobati tukak lambung. Pada buah ini terdapat fenolat yang sangat efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Mengonsumsi buah ini juga akan menyehatkan saluran pencernaan.

2. Mengurangi rasa mual dan muntah 


      Buah Quince yang direbus atau di panggang dapat bermanfaat dalam mengurangi rasa mual dan muntah. Buah ini akan mampu menjadi diuretik yang baik dan membantu mengurangi kemungkinan muntah.

3. Menjaga tekanan darah


     Kalium merupakan salah satu mineral yang terdapat pada buah Quince dan mineral ini merupakan mineral penting bagi tubuh kita. Kalium akan berperan dalam menjaga tekanan darah dalam tubuh dan membantu proses penyebaran cairan ke dalam sel-sel tubuh.

    Peran kalium dalam mengatur tekanan darah di lakukan dengan cara membuat pembuluh darah dan arteri menjadi rileks, sehingga ketegangan pada sistem kardiovaskular menjadi berkurang. 

     Dengan mengonsumsi buah Quince secara berkecukupan maka akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.


buah quince
buah quince

4.  Mencegah kanker


      Buah Quince merupakan salah satu buah yang banyak mengandung antioksidan, sehingga bermanfaat dalam menangkal berbagai radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker.

        Dalam butir-butir buah Quince terdapat senyawa yang biasa disebut dengan tanin. Tanin akan melindungi selaput lendir dari kanker dengan cara mengikat racun dan bahan-bahan kimia yang menyebabkan kanker pada usus besar.


 5. Meredakan stres


      Kandungan antioksidan dalam buah Quince dapat membantu dalam meredakan stres dan menjaga pikiran tetap tenang. Selain itu dengan mengonsumsi buah ini, tubuh akan menjadi lebih segar dan siap melakukan berbagai aktifitas.

6. Menurunkan kolesterol


     Buah Quince merupakan buah yang dapat bermanfaat dalam menurunkan kolesterol. Antioksidan akan membantu mengurangi oksidasi lemak, menetralisir gliserida dan menurunkan jumlah lemak yang terdapat pada pembuluh darah. 

7. Baik bagi penderita diabetes


      Dengan kandungan serat yang tinggi, buah Quince mampu mencegah terjadinya lonjakan kadar gula dalam darah dan menurunkan kadar gula. Kadar gula yang tidak stabil akan berakibat fatal bagi penderita diabetes. 

      Buah Quince merupakan salah satu buah dengan indeks glikemik ( GI ) yang rendah. Indeks glikemik adalah indeks yang menunjukkan peringkat makanan dan minuman berdasarkan potensi peningkatan gula darah.

8. Membantu pembentukan sel darah merah


     Kandungan zat tembaga dan zat besi pada buah Quince dapat membantu dalam membentuk sel darah merah yang baru. Dengan meningkatnya jumlah sel darah merah, tubuh akan terhindar dari penyakit anemia dan tubuh juga mampu bekerja lebih lama dari biasanya.

9. Menjaga penglihatan


     Flavonoid dan fitonutrien yang terdapat pada buah ini mampu memerangi radikal bebas yang dapat merusak mata. Selain itu buah Quince dapat mengobati penyakit rabun senja. Dengan mengonsumsi buah Quince anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang mata.


buah quince yang sudah dipanen
buah quince yang sudah dipanen

10. Anti-iflamasi


      Buah Quince merupakan salah satu buah yang mengandung cukup banyak vitamin C. Vitamin C akan sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengobati peradangan (bersifat anti-inflamasi).

11. Menjaga kulit tetap sehat


      Berbagai kandungan antioksidan dan vitamin pada buah Quince akan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Antioksidan akan melindungi kulit dari serangan radikal bebas sehingga kulit terhindar dari keriput, radiasi UV dan menjaga kulit tetap bersih dan terlihat segar.

12. Mengobati berbagai penyakit


       Mengonsumsi jus buah Quince akan membantu mengobati penyakit kardiovaskular, penyakit pernafasan, asma dan anemia. Jika dikonsumsi secara rutin akan membantu dalam mengobati tuberkulosis dan disentri. Buah ini juga cocok bagi anda yang sedang diet karena mengandung banyak serat.


        Sekian artikel mengenai Buah Quince dan 12 manfaat di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk membagikannya ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

4 komentar

apakah buah ini benar-benar bisa menurunkan tekanan darah ? karna saya kebetulan punya darah tinggi.

berdasarkan kandungan nutrisi dan penelitian yang pernah dilakukan, buah ini memang bisa menurunkan tekanan darah. Silahkan konsumsi, asal jangan berlebihan.

keren gan, baru tau ada buah kayak begini. ternyata manfaatnya banyak ya
itu rasanya kayak gimana gan? seperti buah peer bentuknya..

iya, selain bermanfaat, rasanya juga enak kok. Boleh dicoba dulu.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon