Saturday, May 27, 2017

Timun dan 10 manfaatnya untuk tubuh, efek samping serta faktanya

kasanah.id - Sayur yang satu ini mempunyai nama latin Cucumis sativus L. Timun merupakan sayur yang berasal dari Asia Selatan. Tapi saat ini, timun telah tersebar hampir di seluruh benua.

        Sayur ini relatif mudah untuk ditemukan dan harganya juga relatif terjangkau. Timun bisa dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai masakan. Ada pula yang menggunakan timun sebagai lalapan.


Manfaat Timun untuk tubuh


        Selain rasanya yang menyegarkan untuk tubuh, timun juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin K dan berbagai mineral terdapat dalam sayur yang satu ini. 

        Tentunya mengonsumsi timun akan membawa manfaat baik bagi tubuh. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi timun.

kandungan nutrisi pada timun
kandungan nutrisi pada timun

1. Menjaga daya ingat


       Pada timun terdapat senyawa yang disebut dengan fisetin, senyawa ini mempunyai peran penting bagi otak. Selain menjaga daya ingat dan melindungi sel saraf, fisetin juga mencegah penurunan kemampuan otak dan mencegah penyakit alzheimer.

2. Membantu pengeluaran racun


       Banyaknya kandungan air dalam timun akan bertindak layaknya sebuah sapu, sapu ini akan membersihkan tubuh dari berbagai sampah atau racun sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Timun juga dapat bermanfaat dalam melarutkan batu ginjal, jika dikonsumsi secara rutin.

manfaat timun untuk tubuh
Timun bisa dijadikan salad

3. Sifat antioksidan


       Timun mengandung beberapa antioksidan, termasuk di antaranya adalah vitamin C, beta karoten, quercetin dan kaempferol. Seperti yang pernah dijelaskan, vitamin C dan beta karoten memegang peranan penting dalam menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh.

       Sedangkan quercetin berperan dalam mencegah pelepasan histamin dan kaempferol berperan dalam membantu melawan kanker dan menurunkan resiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung.

4. Menghilangkan bau mulut


     Tahukah kamu bahwa timun dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut ?. Caranya cukup sederhana, taruh irisan mentimun di bagian atas mulut. Timun akan membantu membersihkan mulut dari berbagai bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

5. Membantu mencegah kanker


      Pada timun terdapat 3 senyawa penting, ketiganya yaitu traceciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresol. Ketiga senyawa ini diketahui dapat mengurangi resiko terkena kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat.

manfaat timun untuk kesehatan
Tanaman timun

6. Mengurangi pusing saat bangun tidur


       Kamu sering pusing saat bangun tidur ?. Cobalah trik yang satu ini, makanlah beberapa irisan timun sebelum tidur. Timun mengandung cukup gula, vitamin dan elektrolit untuk mengantikan beberapa nutrisi penting yang hilang selama tidur. Dengan melakukan hal ini, kemungkinan kamu pusing saat bangun tidur akan berkurang.

7. Mengatur tekanan darah


      Penelitian yang telah di lakukan di DASH ( Dietary Approaches to Stop Hypertension ) menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, kalium dan serat mempunyai tekanan darah yang sesuai/normal. 

      Timun merupakan salah satu jenis sayur yang mengandung ketiganya. Untuk sebab itu, mengonsumsi timun dapat membuat tekanan darah menjadi kembali normal.

8. Membantu menurunkan berat badan


      Timun merupakan salah satu sayur yang mengandung banyak nutrisi tetapi tergolong rendah kalori. Kandungan kalori yang rendah dan kadar air yang tinggi, membuat timun menjadi makanan yang ideal bagi mereka yang sedang melakukan diet. 

       Selain itu, air pada timun juga mampu mengeluarkan racun dan mengakibatkan proses pencernaan menjadi lebih lancar.

9. Menyehatkan sendi dan mengurangi asam urat


      Sayur yang satu ini merupakan salah satu sumber silika yang sangat baik, silika dikenal dalam perannya untuk membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. 

       Timun juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang dapat meringankan asam urat dan menurunkan kadar asam urat, apalagi jika dicampur dengan jus wortel.

efek samping mengonsumsi timun
Irisan timun

10. Merawat kulit dan rambut


      Timun telah terbukti sangat berguna dalam merawat kulit dan rambut. Caranya juga cukup sederhana, tempatkan irisan timun di atas kulit, terutama bagian yang sering terkena sinar matahari. Hasilnya kulit akan lebih segar dan terlihat lebih menarik.

      Timun juga mengandung silikon dan belerang yang dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut. Mengonsumsi timun akan membantu memperkuat rambut sehingga terhindar dari perontokan.



Efek samping mengonsumsi timun

  
      Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setidaknya ada 10 manfaat dari sayur timun untuk tubuh. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan maka hasilnya justru bisa berkebalikan, timun ternyata memiliki beberapa efek samping yang harus diperhatikan seperti yang dijelaskan di bawah ini.


1. Kehilangan cairan tubuh secara berlebihan


     Biji mentimun adalah sumber cucurbitin, senyawa yang diketahui memiliki sifat diuretik (akan membuat kamu ingin buang air terus) bawaan. Meskipun sifatnya diuretik ringan, asupan berlebihan ternyata bisa berbahaya bagi tubuh kamu. 

      Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, bahan diuretik ini berakibat pada pembuangan cairan berlebihan dari dalam tubuh kamu, ini sekaligus menghambat keseimbangan elektrolitik di dalam tubuh. Dalam kondisi ekstrim, bisa membuat kamu mengalami dehidrasi serius!


2. Jumlah vitamin C yang berlebihan


     Vitamin C memang bisa berperan baik dalam menjaga sistem imun tubuh, tetapi jika berlebihan ternyata vitamin C juga bisa membahayakan tubuh.

     Saat jumlah vitamin C telah melebihi ambang batas normal, akan hilang sifat anti oksidannya. Efeknya, tubuh akan dengan mudah terkena paparan radikal bebas yang bisa membawa gangguan mulai dari jerawat, penuaan dini sampai ke penyakit yang serius seperti kanker.


3. Berbahaya untuk sistem ginjal

    
     Hyperkalemia adalah kondisi medis yang timbul karena adanya kandungan potassium yang tinggi dalam tubuh. Ini menyebabkan kembung, kram perut, dan gas usus, pada awalnya. Kondisi ini memburuk seiring waktu, menghambat fungsi ginjal. Hal ini, pada gilirannya, membuat sistem ginjal berisiko mengalami kerusakan.


fakta mengenai timun
Jus dari sayuran salah satunya timun



4. Dapat menyebabkan sinusitis

   
     Jika kamu menderita sinusitis atau kondisi pernafasan kronis, maka sebaiknya tinggalkan dan jauh-jauh dari timun. Efek pendinginan dari sayuran ini dapat memperparah kondisi tersebut, bahkan dapat menyebabkan komplikasi.


5. Tidak baik dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil

   
     Sifat diuretik dari sayuran ini akan memicu sering buang air kecil, memicu adanya iritasi dan rasa tidak nyaman. Selain itu, timun adalah sumber serat yang melimpah dan karenanya, mengonsumsi buah timun secara berlebihan bisa membuat kembung. Ini juga mungkit membuat perut semakin buncit disertai pula dengan rasa nyeri pada perut.



Fakta unik dari timun


      Nah setelah membahas efek samping dan manfaat dari timun ternyata masih ada hal yang menarik lagi dari sayur yang satu ini. Timun ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang patut kita simak seperti berikut ini :


  1. Secara botani, timun sebenarnya adalah buah, tetapi memang lebih banyak digunakan dan diperlakukan sebagai sayuran.
  2. Gherkin adalah jenis timun mungil yang biasanya digunakan sebagai pengawet.
  3. Meskipun namanya hampir sama, tetapi tidak ada hubungan antara timun laut dan timun. Timun laut adalah hewat, sedangkan timun adalah sayuran, tetapi karena bentuknya yang menyerupai timun lah yang menyebabkan disebut timun laut.
  4. Dulu ketika kulkas belum ditemukan, masyarakat Mesir menggunakan timun yang isinya telah dibuang sebagai wadah air. Cara ini akan menjaga air di dalamnya tetap bersuhu rendah ketika mereka ingin melewati gurun, meskipun di gurun suhunya bisa menjadi sangat panas. 
  5. Dari seluruh timun yang beredar didunia, hampir 76% dari itu diproduksi oleh negara China.
  6. Pada jaman romawi kuno, Emperor Tiberius memilih timun sebagai cemilan favoritnya dan selalu tersedia sepanjang tahun.
  7. Christopher colombus dipercaya adalah orang yang pertama kali menyebarkan timun ke negara Haiti.
  8. Jika biasanya kita menggunakan WD 40 untuk mengatasi sesuatu yang sulit untuk digerakkan atau yang tersangkut, ternyata kalo tidak ada WD 40 kita bisa menggunakan timun sebagai penggantinya.

      Sekian artikel mengenai timun dan 10 manfaatnya untuk tubuh. Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke orang-orang disekitar kamu. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

6 komentar

Wah harus dicoba nih timun hehe biar lebih PEDE ke orang-orang sekitar soalnya bisa mencegah bau mulut hehe apalagi dalam bulan ramadhan ini harus dicoba nih hehe

memang salah satu manfaat timun itu bisa mencegah bau mulut, manfaat lainnya juga banyak kok, apalagi rasanya juga segar. Terima kasih sudah berkunjung.

wah ternyata "si hijau segar" ini punya banyak manfaat ya, dan salah satunya menjaga daya ingat, kayaknya bagus tuh buat para pelajar untuk mengingat pemahaman.

iya, timun memang bagus untuk memperkuat ingatan. Jadi kalo bisa tambahkan timun ke dalam menu makan, banyak manfaat timun untuk tubuh. Terima kasih sudah berkunjung.

Katanya bisa menyehatkan mata ya ? Dengan cara di taro di atas mata ketika tidur ?

Kalau benar apalah itu juga manfaat dari buah timun ?

kalo cara yang disebutkan, itu lebih ke arah menyegarkan mata saja. Untuk menyehatkan mata, pilihlah buah atau sayur yang mengandung vitamin A dan beta-karoten. Terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon