Sunday, May 14, 2017

9 Cara meningkatkan stamina

kasanah.id - Stamina adalah kekuatan dan energi fisik seseorang yang memungkinkan ia untuk mampu bertahan baik dalam melakukan kegiatan ataupun menjaga kesehatan badannya.

     Dengan meningkatnya ketergantungan manusia terhadap teknologi sehingga segala sesuatu dapat diperoleh secara instan, mengakibatkan orang menjadi kurang berlatih secara fisik dan staminanya pun dapat menurun.


Cara meningkatkan stamina :


     Ada banyak cara yang digunakan untuk meningkatkan stamina, baik dengan latihan ataupun tanpa latihan. Seringkali orang merasa jenuh selama latihan ataupun enggan bersusah payah dalam latihan dan akhirnya menggunakan obat-obatan untuk meningkatkan stamina mereka.

    Tentu saja dengan menggunakan obat-obatan, akan membawa efek yang tidak baik ke tubuh. Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk meningkatkan stamina, simak informasi berikut ini.

1. Pilih makanan yang sehat dan seimbang


    Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh, salah memilih makanan akan mengakibatkan menurunnya stamina atau bahkan kesehatan tubuh ikut menurut. Agar bisa meningkatkan stamina anda, perlu memilih makanan yang sehat dan memiliki kandungan nutrisi yang seimbang.

     Pilihlah makanan yang seimbang, mengandung sedikit lemak tetapi banyak mengandung energi seperti dengan menambahkan buah dan sayur ke dalam menu makan anda. Selain membuat tubuh memiliki lebih banyak energi, buah dan sayur akan menyehatkan tubuh anda.

     Agar stamina tetap terjaga anda dapat memakan makanan kecil sehingga tubuh tidak merasa lapar dan energi dalam tubuh dapat mencukupi untuk melakukan aktifitas. Makanan kecil tadi dapat berupa buah-buahan, kacang-kacangan ataupun sayur-sayuran, pilih yang mengandung sedikit lemak tetapi banyak nutrisi di dalamnya.

cara untuk bisa meningkatkan stamina
Latihan fisik


2. Perbanyak latihan fisik


     Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan efektif dalam meningkatkan stamina tubuh. Meskipun pada awalnya anda akan merasa lelah pada awalnya, tapi itu semua layak untuk dilakukan. 

     Agar memperoleh hasil efektif, anda dapat menggabungkan latihan kardiovaskular dan latihan memperkuat tubuh. Semuanya harus dilakukan secara konsisten dan dengan porsi yang sesuai.

      Anda bisa memilih latihan kardiovaskular yang anda sukai seperti berlari, bersepeda, berenang. Dengan latihan kardiovaskular, suplai oksigen ke otot-otot akan berjalan dengan lancar. Hasilnya, ketahanan tubuh dan stamina akan meningkat.

       Sedangkan untuk latihan meningkatkan kekuatan tubuh anda dapat memilih olahraga seperti angkat beban, push up, sit up, pull up ataupun latihan lainnya yang akan memperkuat tubuh. Pada akhirnya akan terdapat peningkatan kekuatan dan stamina tubuh.

3. Perbanyak minum air


    Dengan memperbanyak minum air, tubuh akan banyak mendapat manfaat dari air tersebut. Mulai dari membantu proses diet, mencegah terjadinya batu ginjal, memperlancar sirkulasi darah dan berbagai manfaat lainnya.

     Air juga akan membantu meningkatkan stamina dengan membuat otot-otot dalam kondisi siap untuk terus berlatih dan menjaga kekuatan otot selama proses latihan. 

     Baiknya, minumlah air sebelum, selama dan sesudah proses latihan. Semakin berat latihan yang anda lakukan, semakin banyak air yang harus anda minum.

4. Pilih latihan yang anda suka


     Agar proses peningkatan stamina dapat berjalan dengan baik dan konsisten, ada baiknya anda memilih latihan yang telah anda suka. Hal ini penting, ketika anda melakukan hal yang anda suka maka anda akan lebih mampu melakukannya dalam durasi yang lama.

     Selain tidak akan merasa cepat jenuh, tubuh juga akan merespon proses latihan dengan baik. Jika anda belum tahu latihan apa yang pas dan anda suka, lebih baik anda mencoba berbagai latihan yang ada dan melakukan evaluasi. Setelah itu pilihlah latihan yang anda suka dan lakukan secara berulang.

5. Jadilah individu yang aktif


     Jika saat ini anda mempunyai banyak kesibukan, mungkin anda akan mengalami kesulitan untuk bisa melakukan latihan secara rutin apalagi setiap hari. Solusinya adalah anda harus menjadi invidu yang lebih aktif. 

      Hindari berdiam diri atau hanya duduk/berdiri saja sepanjang hari. Cobalah untuk selalu bergerak dan mulailah dari hal-hal kecil seperti berjalan atau bersepeda untuk ke kantor ataupun saat ke tempat-tempat yang cukup dekat dengan tempat tinggal anda. Jika anda bosan melalui rute-rute itu saja, ganti rute yang anda lalui atau bisa pula dengan membedakan rute saat berangkat dan pulang.

Beberapa cara untuk meningkatkan stamina
Latihan bersama teman

6. Minta bantuin orang lain


     Terkadang sulit bagi beberapa individu tertentu untuk bisa memulai dan menjalankan proses latihan, maka perlu orang lain untuk membantunya. Pilihlah orang yang bisa berkomitmen dalam membantu anda dan mau menemani anda selama proses latihan.

     Jika bisa, pilih orang yang ahli atau menyukai tipe latihan yang sama dengan yang anda suka, agar proses latihan bisa berjalan dengan baik. Anda juga perlu mengatakan target yang anda pilih dan minta saran bagaimana meraihnya.

7. Tetapkan target selama proses latihan


     Setiap indiviu mempunyai alasan yang berbeda dalam meningkatkan stamina, mulai dari untuk menyehatkan badan hingga mencapai level fisik tertentu. Secara sederhana, target yang dimiliki seorang atlit olahraga dan orang yang bukan atlit akan berbeda. 

      Target menjadi penting agar anda tahu cara yang harus dilakukan untuk meraihnya dan tetap merasa termotivasi. Yang terpenting adalah selalu ada peningkatan/progress dalam meraih target yang telah anda tentukan.

8. Ubah rutinitas


    Selama ini mungkin rutinitas yang anda miliki tidak terlalu beragam dan menjadikan tubuh kurang bergerak. Anda bisa mengevaluasi aktifitas yang anda lakukan selama ini dan jika perlu ganti dengan aktifitas baru. 

     Pilihlah aktifitas baru yang mamp atau bahkan memaksa tubuh anda untuk bergerak dan tanpa anda sadari tubuh akan terlatih . Hasilnya tubuh menjadi lebih sehat dan stamina dapat meningkat.

Cara biar stamina kuat
Istirahat

9. Istirahat yang cukup


    Setelah berlatih baik latihan ringan ataupun berat, sempatkanlah istirahat. Dengan beristirahat tubuh akan merasa lebih baik dan otot juga mampu kembali rileks. 

     Istirahat, terutama tidur malam, dapat menjadi sangat penting karena akan membantu menyegarkan tubuh dan membuat tubuh lebih fokus saat sudah bangun. 

         Meskipun kebutuhan durasi tidur malam setiap orang berbeda, tetapi untuk orang dewasa disarankan untuk tidur malam dengan durasi 6 - 8 jam sehari.

      Yang harus anda ingat, saat tubuh beristirahat dengan cukup, badan anda akan siap untuk melakukan aktifitas dan latihan yang akan anda lakukan. Sedangkan saat tubuh kekurangan istirahat, tubuh akan terkena dampak yang kurang baik seperti meningkatnya tekanan darah, meningkatnya berat badan atau bahkan sakit. 


      Sekian artikel mengenai 9 Cara meningkatkan stamina. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke orang-orang di sekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

10 komentar

terimakasih atas tips-tips nya, saya juga merasa stamina saya kurang. Saya akan coba tips yang mas berikan

sama-sama, terima sudah berkunjung. Silahkan dicoba terlebih dahulu dan semoga berhasil.

Ubah rutinitas gimana nih kurang paham mas ?
Harus doble rutinitas apa gimana ..

Jika bisa double rutinitas akan lebih baik, jika tidak bisa misalnya bangun pagi biasanya langsung siap-siap kerja diganti dengan bangun lebih awal dan olahraga pagi dulu baru siap-siap kerja. Intinya adalah mengurangi rutinitas yang tidak terlalu penting, diganti dengan rutinitas yang memaksa tubuh untuk bergerak agar tubuh menjadi lebih sehat.

Sebenarnya masih banyak lagi untuk meningkatkan stamina seperti memakan makanan atau minuman vitamin. Dan juga pastinya harus olahraga yang cukup

memang untuk meningkatkan stamina bisa dengan vitamin, tapi itu sifatnya sementara. Untuk hasil yang maksimal, lebih baik berolahraga.

saya sangat setuju dengan artikel ini karena meninglatkan stamina sanga perlu bagi kesehatan kita dalam bekerja agar tetap semangat

iya, stamina memang sangat penting, apalagi dalam meningkatkan kemampuan kerja kita. Otomatis kalo kemampuannya meningkat,incomenya juga bisa meningkat.

Tipsnya bagus sekali mas, saya sering kecapekan atau loyo gara-gara kebanyakan rutinitas yang tidak penting, saya akan mencoba untuk merubah gaya hidup saya supaya bisa memiliki stamina yang cukup untuk melakukan rutinitas setiap hari :D

bagus sekali komitmennya, silahkan coba dulu cara-cara diatas, semoga berhasil.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon