Monday, May 22, 2017

Metode diet Dr. Atkins

kasanah.id - Sudah anda tahu tentang metode diet yang satu ini ? . Jika belum, mari sama-sama belajar metode diet ini. Sebenarnya ada banyak metode diet, setiap metode ini ditemukan oleh orang yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Oleh karena itu ketahui dulu tujuannya, baru melakukannya.


Apa itu metode diet Dr. Atkins ?


      Metode ini merupakan metode yang ditemukan oleh seorang dokter dan ahli jantung yang bernama Robert Coleman Atkins atau biasa disebut Dr. Atkins. Ia berpendapat bahwa yang membuat orang kelebihan berat badan adalah karbohidrat, bukan lemak makanan. 

       Dr. Atkins mencanangkan sebuah program jangka panjang untuk menurunkan dan menjaga berat badan dengan cara mengonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat yang rendah. Diet ini lebih ditekankan pada konsumsi protein, lemak dan sayuran. Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, harus dihilangkan dari menu makan.

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet

Cara kerja metode diet Dr. Atkins


     Tadi telah dijelaskan bahwa menurut Dr. Atkins, karbohidrat akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan berat badan. Selain itu, karbohidrat juga meningkatkan kadar gula darah. 

      Jadi cara kerja dari metode ini adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, sehingga tubuh akan membakar lebih banyak lemak. Efeknya tidak hanya berat badan yang berkurang, tetapi juga kadar gula darah.

      Terdapat empat fase dalam metode yang disusun oleh Dr. Atkins ini. Berikut adalah penjelasan untuk setiap fase dari metode ini.

  1. Tahap pertama : Tahap ini disebut dengan tahap induksi. Jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dibatasi hingga 20 gram per hari. Tahap ini berlangsung selama 2 minggu. Pada tahap inilah terjadi penurunan berat badan yang paling signifikan.
  2. Tahap kedua : Tahap ini disebut dengan tahap penyeimbangan. Pada tahap kedua, jumlah asupan karbohidrat boleh sedikit ditingkatkan. Caranya adalah dengan menambahkan sayuran, buah-buahan seperti beri, kacang-kacangan dan biji-bijian. Tahapan ini berlangsung cukup lama dan akan berlanjut ke tahapan selanjutnya jika anda tinggal 5 kg lagi dari target yang anda tetapkan.
  3. Tahap ketiga : Inilah tahap pra-perawatan. Disini anda boleh menambahkan 10 gram karbohidrat setiap minggunya. Jika penurunan berat badan berhenti, turunkan jumlah karbohidratnya. Hal ini terus dilakukan agar anda bisa berhasil mencapai target yang telah ditentukan.
  4. Tahap keempat : Tahap ini merupakan tahap perawatan dan berlangsung seumur hidup. Anda bisa menambahkan karbohidrat. Jumlah karbohidrat yang boleh anda konsumsi adalah 45 gram sampai dengan 100 gram setiap hari.


ilustrasi pengukuran makanan untuk diet
ilustrasi pengukuran makanan untuk diet

Makanan yang boleh dikonsumsi

     
       Ada beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi, diantaranya :

  1. Daging : Daging sapi, ayam, kambing, bacon, dll.
  2. Ikan dan Seafood : salmon, trout, sarden, dll.
  3. Telur
  4. Sayuran rendah karbohidrat : bayam, brokoli, asparagus, dll.
  5. Susu berlemak dan sejenisnya : mentega, keju, yogurt, krim, dll. *
  6. Kacang dan biji-bijian : almond, kacang macadamia, kenari, biji bunga matahari, dll.
  7. Lemak sehat : minyak zaitun extra virgin, minyak kelapa, alpukat
  8. Buah-buahan dan sayuran dengan banyak kandungan serat
      * Tidak direkomendasikan dan sebaiknya dihindari

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi 


       Selain terdapat makanan yang boleh dikonsumsi, ada pula beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi seperti :

  1. Mengandung banyak gula : soft drink atau minuman bersoda, jus buah, kue, permen, es krim, dll.
  2. Biji-bijian : gandum, beras, dieja, jelai, dll.
  3. Minyak sayur : minyak kedelai, jagung, biji kapas, kanola, dll.
  4. Lemak trans : Biasanya terdapat pada makanan dengan label "hydrogenated" dan makanan dengan kadar rendah lemak ataupun untuk diet.
  5. Sayuran berkabohidrat tinggi : wortel, lobak, dll.
  6. Buah berkabohidrat tinggi : pisang, apel, jeruk, pir, anggur.
  7. Mengandung pati : kentang, ubi.
  8. Kacang polong : kacang tanah, kacang-kacangan, buncis, dll.

Baca juga : Metode diet Sup kubis

Ringkasan metode diet Dr. Atkins


      Cara yang diterapkan oleh Dr. Atkins dengan mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi, memang terbukti menjadi cara yang manjur dalam menurunkan berat badan. 

      Dengan melakukan pembatasan terhadap jumlah karbohidrat yang dikonsumsi, lemak yang terbakar akan meningkat jumlahnya dan berat badanpun berkurang.

      Meskipun metode diet ini telah terbukti efektif dalam menurunkan berat badan, tapi untuk mengaplikasikan diet rendah lemak dalam jangka waktu yang panjang memang terbukti sulit, untuk itu perlu ketekunan dan komitmen.

      Sebagai catatan, ada perubahan dalam metode yang diterapkan pada saat ini dengan metode awal. Konsumsi lemak dalam jumlah besar dihilangkan dan diganti dengan makanan berlemak rendah dan berbagai makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran. Makanan berlemak bisa menyebabkan gangguan jantung, peningkatan tekanan darah atau bahkan stroke.

      Pada beberapa kasus, terdapat beberapa efek samping yang timbul akibat melakukan diet ini yaitu berupa bau mulut, insomnia, pusing, sembelit, lesu. Untuk itu, sebelum melakukan diet ini, harap dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

       Setelah anda memutuskan untuk melakukan diet ini, lakukanlah sampai selesai, berhenti di tengah jalan akan membuat berat badan anda meningkat kembali bahkan secara signifikan. Semoga berhasil.


       Sekian artikel mengenai metode diet Dr. Atkins. Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

4 komentar

jika orang yang obesitas menerapkan hal ini,., maka berapa hari yang diperlukan orang tersebut agar memiliki tubuh yang ideal hasil dari diet ala dr. Atkins ini>???

paling cepat mungkin 1 bulan. Durasi setiap orang akan berbeda-beda tergantung target yang ingin dicapai dan komitmen dalam menjalankan diet.

Kalau saya malah pengennya agak gemukan sih. Kalau ada tips cara menggemukan badan min.

terima kasih atas masukannya, mungkin akan ditambahkan di lain waktu.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon