Tuesday, May 16, 2017

Tips melakukan olahraga pagi dengan benar

kasanah.id - Sebelum mengawali hari, alangkah baiknya jika kita melakukan aktifitas yang bisa menyegarkan tubuh kita, misalnya dengan melakukan olahraga pagi. Olahraga pagi akan membawa efek yang baik bila dilakukan dengan benar.

     Dengan melakukan olahraga pagi secara rutin, selain tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, juga akan terhindar dari berbagai penyakit. Agar tidak terlalu membebani, anda bisa memilih untuk melakukan olahraga pagi yang sederhana dengan porsi yang ringan.


Tips olahraga pagi


     Agar manfaatnya bisa maksimal, anda perlu memerhatikan beberapa hal dalam melakukan olahraga pagi, baik dari persiapan dan teknik yang harus dilakukan. Kesalahan teknik dalam melakukan olahraga pagi akan berakibat tidak baik bagi tubuh, mulai dari keseleo ataupun lainnya.


cara melakukan olahraga pagi yang baik
konsumsi buah-buahan


1. Mengonsumsi makanan sebelum olahraga


     Sebelum anda memulai olahraga pagi, alangkah lebih baik jika anda mengonsumsi makanan terlebih dahulu seperti buah-buahan, terutama pisang. Pisang akan memberikan nutrisi yang cukup untuk berolahraga dan membuat anda merasa cukup kenyang.

     Jika anda ingin berolahraga dalam durasi yang lebih lama (sampai berjam-jam ) maka terlebih dahulu harus sarapan. Tetapi yang perlu diingat, jangan sampai terlalu berlebihan atau sampai kekenyangan karena akan menganggu proses olahraga.

2. Pilih lokasi yang sesuai


     Jika anda akan berolahraga diluar rumah, ada baiknya anda memilih lokasi yang sesuai. Kalau olahraga yang anda pilih adalah lari-lari dan menyusuri jalan, maka pilihlah jalan yang tidak terlalu ramai terutama di waktu pagi hari, supaya udara yang anda dapat adalah udara bersih dan menyegarkan. 

      Selain itu anda juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di kota anda, bisa berupa GOR (Gelanggang Olahraga), stadion, alun-alun kota ataupun tempat lainnya yang memang diperuntukkan untuk berolahraga.


tips olahraga pagi yang benar
Minum air sebelum olahraga

3. Minumlah air sebelum berolahraga


     Sebelum berolahraga pagi, biasakanlah untuk minum air dengan secukupnya. Akan lebih baik lagi jika setelah bangun tidur dan berolahraga pagi minum air terlebih dahulu. Air akan membantu melancarkan sirkulasi dalam tubuh dan menghindari dehidrasi.

    Saat beristirahat, anda juga dapat meminum air agar tubuh tidak kekurangan cairan. Jangan pernah meminum air es / mengandung es setelah berolahraga, karena efeknya tidak akan baik. Minumlah air putih setelah berolahraga.

Baca juga : 8 Tips dalam melakukan stretching

4. Pilih waktu yang tepat


     Olahraga pagi memang baik, tapi anda harus memilih waktu yang tepat. Anda bisa memulai olahraga pada jam 6 pagi ataupun sebelumnya. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan olahraga terlalu pagi apalagi sewaktu embun belum turun. 

      Embun pagi bisa berbahaya bagi paru-paru, butirannya yang kecil dapat dengan mudah dihirup dan masuk ke paru-paru. Akibat dari masuknya embun pagi ke paru-paru dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah. Menyikapi hal tersebut, anda bisa memulai olahraga pagi pada jam 5 pagi.


beberapa tips untuk melakukan olahraga pagi
Lakukan stretching atau pemanasan

5. Awali dengan pemanasan


    Seperti yang selalu diutarakan oleh guru olahraga kita sejak kecil, mulailah olahraga dengan pemanasan. Ibarat kata, otot tersebut dalam kondisi santai lalu tiba-tiba diminta untuk berolahraga dengan berat, pasti akan kaget. 

     Pemanasan penting agar otot tidak kaget. Dengan melakukan pemansan, tubuh akan terhindar dari kram ataupun nyeri pada sendi-sendi.

6. Tambahkan olahraga ringan


     Sebelum melanjutkan aktifitas ataupun melangkah ke olahraga berat, alangkah baiknya jika ditambahkan olahraga ringan setelah pemanasan. Anda dapat memilih beragam olahraga ringan yang tersedia, mulai dari berjalan kaki, berlari, senam aerobik dan berbagai olahraga ringan lainnya.

    Setelah olahraga ringan, anda dapat melanjutkan aktifitas anda atau jika hari libur, lanjutkan dengan olahraga yang anda sukai. 


    Sekian artikel mengenai Tips melakukan olahraga pagi dengan benar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung.
     

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

12 komentar

tips olahraganya sangat penting, terima kasih

sama-sama gan,semoga bermanfaat. terima kasih sudah berkunjung.

bagaimana caranya agar kita semangat dalam melakukan kegiatan olah raga di pagi hari., mengingat kita adalah seorang karyawan yang bekerja di shift sore hingga pagi..,., ketika pulang di pagi hari apakah masih sempat olahraga disaat tubuh dalam keadaan lelah.,?.,....

agak susah memang gan kalo shift ke-3, kalo begitu jadwal olahraga mengikuti, bisa di siang hari menjelang sore atau sore hari di jam 3. Pilih olahraga yang ringan saja, yang penting rutin dilakukan. Harus konsisten dan berkomitmen gan, cari motivasi, biar olahraganya bisa rutin, jadinya badan sehat dan kerjapun lancar.

Mau tanya. Bukankah makan dan minum sebelum olahraga itu bisa menyebabkan keram perut/suduk.en ??

tidak, asal makan dan minumnya tidak berlebihan dan jarak waktunya tidak terlalu dekat dengan waktu berolahraga. Beri jarak minimal 30 menit.

Wah ringan juga ya langkah2 untuk melakukan olahraga pagi ini, tapi sayang sekali di jakarta bangun pagi pun sempet kejar2an sama waktu kerja euy ...

memang itu salah satu kesulitannya, mungkin bisa bangun lebih awal atau jika tidak ganti saja dengan latihan lainnya yang bisa dilakukan dengan waktu yang lebih singkat.

Untuk yang olahraga setelah subuh katanya bahaya kan.
Apa itu gak ada solusinya gan
Soalnya aneh kebiasaan olahraga habis subuhan

maksudnya kalo kepagian emang bahaya gan, kan embun biasanya turun sekitar jam 4 an. Nah jangan olahraga sebelum embunnya sudah turun, soalnya embun bahaya bagi tubuh. Kalo olahraga setelah embun turun tidak masalah, malah bagus bagi kesehatan, karena udaranya masih segar.

saya juga sangat senang untuk melakukan olahraga pada pagi hari karena pada waktu itu udara masih sangat segar dan suasana masih sepi. selain membuat badan menjadi bugar olahraga ini dapat meningkatkan daya konsentrasi otak, terbukti dengan selalu beolahraga ini terasa akan lebih prima dalam bekerja dan beraktivitas

Betul sekali, olahraga memberi banyak manfaat bagi tubuh, selain menyehatkan, olahraga juga membuat otak lebih berkonsentrasi dan menjaga daya ingat. Terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon