Tuesday, June 20, 2017

Fakta dan manfaat buah belimbing

kasanah.id - Buah yang satu, sudah cukup dikenal di Indonesia. Buah belimbing mempunyai nama latin yaitu Averrhoa carambola. Belimbing merupakan buah asli yang mudah ditemukan di Asia Tenggara dan India. Buah ini dapat tumbuh di wilayah tropis dan subtropis, dengan pohon bisa mencapai ketinggian antara 5 - 12 meter.


     Dalam bahasa Inggris, buah belimbing disebut dengan starfruit. Bentuknya yang seperti bintanglah yang membuatnya mempunyai nama starfruit. Buah Belimbing bisa mempunyai panjang antara 6,3 cm - 15 cm dan lebar hingga 9 cm. 


Manfaat buah belimbing

     
     Selain mengandung berbagai vitamin ( terutama vitamin C ), belimbing juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan zinc. Buah ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga baik dalam menjaga penampilan. Berikut beberapa manfaat dari buah belimbing :


kandungan nutrisi buah belimbing
kandungan nutrisi buah belimbing

1. Obat berbagai macam penyakit


      Buah ini secara tradisional digunakan sebagai penyembuh beberapa penyakit sekaligus. Kandungan nutrisi pada belimbing dapat menyembuhkan penyakit seperti batuk, demam, bisul dan sakit tenggorokan. Belimbing juga efektif dalam mengobati maag, radang pada kulit dan kulit melepuh. 

2. Membantu proses diet


     Kandungan serat dan air yang tinggi pada buah belimbing, akan sangat membantu bagi mereka yang sedang melakukan diet. Banyaknya air pada buah ini akan membuat orang tetap merasa kenyang, sedangkan serat akan membantu dalam melancarkan proses pencernaan. Selain itu, buah belimbing juga rendah kalori.

3. Melancarkan pencernaan


      Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah belimbing dapat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Buah belimbing mengandung cukup banyak serat. Dimana serat ini akan menstimulasi gerakan peristaltik ( gerakan menyedot/menelan makanan ke dalam saluran pencernaan ) dan meningkatkan sekresi cairan lambung.

      Mengonsumsi buah belimbing akan membuat anda terhindar dari sembelit dan melindungi tubuh dari kanker kolorektal. 

4. Mengatur tekanan darah


     Buah belimbing sarat akan kandungan kalium dan memiliki kandungan sodium yang rendah. Kalium akan menjaga pembuluh darah dalam kondisi rileks dan mempertahankan tekanan darah pada taraf normal. 


buah belimbing
buah belimbing

5. Ramah bagi penderita diabetes


      Musuh utama bagi orang yang mempunyai diabetes adalah meningkatnya kadar gula apalagi jika peningkatan itu terjadi secara mendadak. Buah belimbing memiliki rangking Indeks glikemik ( angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah ) yang rendah, sehingga ramah bagi penderita diabetes.

       Selain itu, buah belimbing lebih lambat diserap ke dalam aliran darah, membuatnya tidak menimbulkan kenaikan kadar gula secara mendadak dan memberi waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan.

6. Membantu mengatasi infeksi


      Buah belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup besar bagi tubuh. Vitamin C akan berfungsi sebagai antioksidan. Ant oksidan ini akan membantu tubuh dalam mencegah infeksi dan menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

7. Mengatasi insomnia


      Anda mempunyai kebiasaan tidur yang buruk atau malah insomnia ? cobalah mengonsumsi buah belimbing. Kandungan magnesium pada buah belimbing akan membantu meningkatkan kualitas tidur, durasi dan membuat tubuh rileks selama tidur. 

      Buah belimbing juga dapat berguna dalam mengatur metabolisme, membantu mengurangi gangguan tidur dan mencegah terjadinya insomnia.

8. Anti bakterial


      Buah belimbing mempunyai sifat sebagai anti bakteri yang sanggup melawan bakteri seperti bacillus cereus (bakteri penghasil racun yang menyebabkan muntah dan diare ), e.coli ( bakteri penyebab diare ), salmonella typhi ( bakteri penyebab tifus ).
buah belimbing yang belum matang
buah belimbing yang belum matang

9. Baik untuk rambut


     Belimbing merupakan obat alami untuk rambut rontok karena terdapat antioksidan dan vitamin C yang membantu menunda proses penuaan secara alami. Vitamin B kompleks pada buah belimbing juga membantu menjaga rambunt tetap sehat dan kuat.

10. Baik untuk kulit


     Gunakan buah belimbing sebagai masker untuk kulit dan wajah, maka kulit berminyak dan wajah berjerawat akan bisa diatasi. Buah belimbing juga mengandung seng ( Zinc ) yang mengurangi timbulnya jerawat. Antimikroba pada buah belimbing akan mencegah jerawat bertambah dan menyebar.

Lihat juga : Manfaat dan fakta buah kelengkeng

Fakta tentang buah belimbing


      Selain bentuknya yang unik dan berbeda dari lainnya, buah belimbing memiliki beberapa fakta. Di antaranya sebagai berikut :

  1.  Buah belimbing dapat dipanen antara 40 - 50 hari.
  2.  Daun pohon belimbing akan terlipat ketika di malam hari, ini sebagai respon terhadap getaran yang ditimbulkan oleh pohon belimbing.
  3.  Pohon belimbing dapat mekar sepanjang tahun
  4.  Penyerbukan dari pohon belimbing dilakukan oleh lebah yang biasanya tertarik dengan bunga dari pohon ini.
  5.  Pohon belimbing dapat berbuah setelah di tanam 3 - 4 tahun dan sepanjang tahun dapat menghasilkan buah dengan total 90 - 181 kg.
  6.  Di alam liar, pohon belimbing dapat bertahan hingga 40 tahun.
  7.  Jika buah belimbing dipotong melebar, maka hasilnya terlihat seperti berbentuk bintang. Inilah mengapa dalam bahasa inggris buah belimbing disebut dengan starfruit.
  8.  Selain disebut starfruit, buah belimbing juga disebut dengan Carambola.

buah belimbing yang belum dipetik
buah belimbing yang belum dipetik

Efek samping


      Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah belimbing. Sangat tidak direkomendasikan bagi orang yang mempunyai batu ginjal, karena akan memperparah kondisinya. Bahkan jika punya riwayat terhadap batu ginjal, tetap tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini.

     Hal ini disebabkan adanya oksalat pada buah belimbing, oksalat adalah mineral yang bisa memperparah kondisi batu ginjal karena akan ikut menyumbat dan memperbesar batu ginjal.

      Bagi orang yang sedang melakukan pengobatan atau mengonsumsi obat, tidak disarankan untuk memakan belimbing karena efeknya akan menganggu proses pengobatan.


      Sekian artikel mengenai Fakta dan manfaat buah belimbing. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

8 komentar

kebetulan saya lagi diet dan butuh nutrisi tambahan selama diet ?. kira-kira kalau buah belimbing apakah bisa ?

Bisa saja, silahkan dicoba. Tapi perhatikan pula bahwa buah belimbing mengandung banyak gula, jadi konsumsinya harus dibatasi.

wah, cocok ini gan. saya ingin diet tapi takut juga kalau maag nya jadi makin parah, kira kira kalau buah belimbing di konsumsi saat perut kosong apakah bisa?

ternyata banyak sekali manfaat dari buah belimbing ini., pantas saja ada yang pernah mencari ke kebun untuk beli bauh belimbing., ternyata bisa dijadikan sebagai obat., selama ini saya mengelola kebun belimbing hanya memikirkan bagaimana cara nya agar buahnya selalu tumbuh sehat dan segar., ternyata manfaat lain dari buah ini adalah sebagai obat juga., nice info

Harusnya tidak msalah karena belimbing tidak terlalu mengandung banyak asam. Tetapi perlu diperhatikan pula efek samping lainnya, sebelum mengonsumsi belimbing.

memang buah belimbing mengandung banyak manfaat dan sering dijadikan sebagai obat tradisional. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah ini, tentunya dengan memperhatikan porsi yang tepat.

Untung saya suka belimbing, gak nyangka belimbing ternyata kaya manfaat, makasih infonya gan

memang belimbing banyak manfaatnya kok. Vitamin dan mineralnya juga banyak. jangan lupa untuk mengonsumsi belimbing.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon