Monday, June 26, 2017

Inilah fakta dan manfaat dari buah durian

kasanah.id - Buah yang biasanya tumbuh di daerah tropis ini, mempunyai nama latin yaitu Durio zibethinus. Durian sering disebut sebagai raja dari segala buah atau king of fruit. Buah ini berasal dari Asia Tenggara dan dikembangkan terutama di Malaysia, Indonesia dan Brunei Darussalam.

      Nama durian diambil dari kulitnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam yang menyerupai duri. Sebenarnya ada berbagai jenis durian, bahkan tercatat setidaknya ada 20 spesies dari durian. 

Manfaat buah durian

        
      Bagi beberapa orang, buah durian menjadi buah pilihan apalagi ketika musim durian sudah datang. Tetapi bagi sebagian orang, mereka alergi terhadap bau dari buah ini. Tapi coba pertimbangkan terlebih dahulu karena ada banyak manfaat dari buah ini. Berikut manfaat dari buah durian :


kandungan nutrisi
kandungan nutrisi

1. Membantu proses pencernaan


     Durian mengandung cukup banyak "daging" dan masing -  masing terdapat kadar serat yang tinggi. adanya serat merupakan hal yang penting bagi proses pencernaan. Serat akan merangsang gerakan peristaltik dan sekresi cairan penceraan serta lambung. 

     Mengonsumsi buah ini akan membuat tubuh terhindar dari sembelit, penyumbatan pada usus, kembung, mulas, kram dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, resiko terkena kanker kolorektal juga akan menurun.

    Bagi orang yang sedang diare, durian juga bisa menjadi pilihan dalam mengobati diare dan mengakibatkan frekuensi diare berkurang. Serat juga membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dan mengeluarkannya sebelum menjadi plak dalam tubuh.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


     Sistem kekebalan tubuh mempunyai peranan penting dalam menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, virus dan radikal bebas. Agar sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan baik, anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan.

     Vitamin C yang terdapat dalam buah durian akan berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Efeknya tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit, terutama dari penyakit yang sering menyerang seperti flu dan pilek.


olahan buah durian
olahan buah durian

3. Mengurangi anemia


     Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan jumlah hemoglobin, akibatnya suplai oksigen ke berbagai bagian tubuh akan berkurang. Tubuh akan menjadi lebih mudah lelah, lemas, merasakan sakit kepala, susah tidur dan sesak nafas. 

     Untuk bisa membantu mengatasi anemia, cobalah  mengonsumsi buah durian. Buah durian mengandung folat dalam jumlah yang tinggi. Folat akan membantu produksi hemoglobin. Pada akhirnya bisa membuat suplai darah ke berbagai bagian tubuh menjadi normal kembali.

4. Menyehatkan dan memperkuat tulang


      Durian merupakan salah satu buah yang mengandung kalium dan kalsium. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak menyusun tulang. Sedangkan kalium adalah mineral yang membantu distribusi dan pengendapan mineral dalam tulang. Jadi dengan mengonsumsi durian, tulang akan menjadi lebih sehat dan lebih kuat.


Buah durian
Buah durian

5. Menurunkan tekanan darah


     Selain berguna dalam membantu distribusi dan pengendapan mineral dalam tulang, kalium juga berguna dalam menjaga keseimbangan garam dan berbagai cairan dalam tubuh. Kalium akan membuat pembuluh darah rileks. Hasilnya, tekanan darah akan berkurang dan tubuh terhindar dari gangguan kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

6. Menunda penuaan


      Mengonsumsi buah durian yang kaya akan antioksidan akan membantu menunda proses penuaan. Antioksidan akan memerangi radikal bebas yang menyerang tubuh dan mencegah timbulnya keriput, bintik - bintik pada kulit dan berbagai gangguan lainnya yang terjadi seiring bertambahnya usia.


Pohon durian
Pohon durian

7. Mengobati insomnia


     Bagi anda yang kesulitan untuk tidur, cobalah untuk mengonsumsi buah durian. Dalam buah durian terdapat triptofan yang dapat diubah menjadi serotonin. Serotonin inilah yang dapat membuat tubuh menajadi lebih rileks dan bahagia. Tentu setelah mengonsumsi buah durian, anda akan merasa lebih rileks dan lebih mudah untuk tidur, gangguan berupa insomnia pun hilang.

8. Mengatasi disfungsi seksual


     Terdapat beberapa penelitian yang telah dilakukan terhadap buah durian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah durian bisa meningkatkan libido seksual dan stamina, serta meningkatkan kesuburan baik pada pria dan wanita. Tentunya ini memperlihatkan bahwa buah durian dapat bermanfaat dalam mengatasi disfungsi seksual.

Efek samping dari buah durian


      Terdapat beberapa efek samping yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah durian. Durian mengandung cukup banyak gula yang membuatnya tidak disarankan bagi penderita penyakit diabetes. Bagi ibu hamil, buah durian juga tidak direkomendasikan karena kandungan gulanya yang tinggi .

     Mengonsumsi buah durian akan meningkatkan suhu tubuh dan jika terus dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan sakit perut dan mual. Mengonsumsi durian secara berlebihan juga bisa membuat kadar kolesterol menjadi naik karena dalam durian terdapat lemak. Untuk itu, agar bisa mendapat manfaat durian secara utuh, konsumsilah durian secara berkecukupan.


Larangan MRT Singapura
Larangan MRT Singapura

Fakta buah durian

      
        Ada beberapa fakta unik yang dimiliki oleh buah durian, diantaranya :

  1.  Buah durian mempunyai bau yang sangat menyengat terutama bagi orang yang belum pernah mengenal buah ini. Bahkan saking baunya, ada yang menyebutnya seperti bau kaos kaki.
  2.  Buah ini berasal dari Asia Tenggara dan berasal dari Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia. Meskipun begitu, Filipina juga sempat mengklaim bahwa durian berasal dari negara tersebut dan hal itu menimbulkan kontroversi.
  3.  Kulit durian biasanya digunakan dalam mengusir tinggi atau kutu kasur.
  4.  Di beberapa negara di Asia, durian terlarang untuk dibawa melalui transportasi umum karena dianggap terlalu bau. Negara yang memberlakukan aturan ini adalah Singapura, Thailand, Jepang, Hongkong dan China.
  5.  Di setiap bulan mei, Thailand mengadakan festival durian yang berlangsung selama 9 hari di provinsi Chanthaburi. 
  6.  Thailand merupakan negara terbesar eksportir dari buah durian, meskipun negara tersebut bukan merupakan tempat asli durian berasal.
  7.  Tinggi pohon durian bisa mencapai puluhan meter.
  8.  Pohon durian akan mulai berbuah setelah berusia 5 tahun.
  9.  Berat satu buah durian bisa mencapai 3 kg.

     Sekian artikel mengenai inilah fakta dan manfaat dari buah durian. Semoga artikel ini berguna dan jangan lupa untuk membagikannya ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon