Monday, June 5, 2017

Kacang buncis dan 7 manfaatnya untuk kesehatan

kasanah.id - Hampir setiap orang mungkin sudah kenal dengan sayur yang satu ini. Kacang buncis mempunyai nama latin Phaseolus vulgaris. Penyebaran dari kacang buncis sudah merata di seluruh dunia dan menjadikannya salah satu jenis sayur yang paling banyak dikonsumsi.

      Di beberapa negara, kacang buncis didistribusikan tidak hanya dalam kondisi yang masih segar tetapi juga dipasarkan dalam bentuk kalengan ataupun sayuran beku. 

      Pengolahan dari kacang buncis dapat dengan digoreng, dikukus, direbus ataupun dipanggang. Di beberapa restoran Jepang, kacang buncis dibuat menjadi tempura.

Manfaat kacang buncis untuk kesehatan


       Kacang buncis mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh, termasuk beberapa jenis vitamin dan mineral. Pada kacang buncis terdapat vitamin A, B6, C, K. Selain itu juga terdapat mineral berupa kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor. Berbagai nutrisi di atas akan sangat berguna dalam menyehatkan tubuh.

Kandungan nutrisi kacang buncis
Kandungan nutrisi kacang buncis

1. Mencegah infeksi


      Dalam kacang buncis terdapat kandungan nutrisi seperti niacin dan dan thiamine. Keduanya merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh dan membantu tubuh dalam mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh.


2. Mencegah kanker


      Kacang buncis merupakan salah satu jenis sayur yang banyak mengandung klorofil. Klorofit dapat berperan dalam menghambat dan mencegah kanker. Caranya dengan menghambat atau mengurangi efek karsinogenik amina heterosiklik yang dihasilkan saat memanggang daging pada suhu tinggi. 

      Bagi pengonsumsi makanan panggang, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak klorofil.

3. Mengatasi depresi


     Salah satu cara mengatasi depresi adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung folat. Folat akan membantu mengurangi jumlah homosistein dalam tubuh. Jika jumlah homosistein terlalu banyak maka suplai darah dan nutrisi ke otak akan menjadi lebih lambat. 

     Hal ini juga akan menganggu produksi hormon serotonin, dopamin dan norepinephrine yang bertugas untuk mengatur suasana hati, proses tidur dan nafsu makan. Akibatnya orang bisa menjadi depresi jika kekurangan produksi 3 hormon tadi.

tanaman kacang buncis
tanaman kacang buncis


4. Mencegah cacat lahir pada bayi


     Masih tentang folat, ternyata nutrisi ini memegang peranan penting bagi janin. Mengonsumsi makanan yang mengandung folat, dimana kacang buncis adalah salah satunya, dapat memberikan perlindungan bagi bayi dalam rahim.

      Kadar folat dan asam folat dalam tubuh, penting bagi janin dan ibu selama proses kehamilan dan akan melahirkan. Kedua nutrisi tersebut akan menjaga agar bayi tetap dalam kondisi yang sehat dan normal, serta terhindar dari cacat terutama cacat lahir.

5. Menjaga kesehatan mata


     Degenerasi makula merupakan penurunan fungi penglihatan pada mata, hal ini terjadi terutama seiring dengan bertambahnya usia. Karotenoid yang terdapat pada kacang buncis dapat memperlambat proses degenerasi makula, sehingga membuatnya mampu menjaga kesehatan mata. 

     Selain itu, lutein dan zeaxanthin yang terdapat pada kacang buncis berperan dalam mencegah stres yang terjadi pada mata dan memastikan bahwa tidak terjadi kerusakan pada mata.

6. Menjaga kesehatan tulang


      Ada beberapa nutrisi penting dalam kacang buncis yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Kacang buncis mengandung vitamin A, vitamin K dan silikon. Ketiganya berperan dalam mencegah kerusakan tulang dan osteoporosis. Silikon juga berperan dalam regenerasi tulang dan menjaga kesehatan tulang secara menyeluruh.

biji kacang buncis
biji kacang buncis

7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


     Pada kacang buncis terdapat beberapa antioksidan dan vitamin yang penting bagi sistem kekebalan tubuh. Antioksidan bermanfaat dalam menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit. 

      Dengan mengonsumsi kacang buncis akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan lebih mampu menangkal berbagai penyakit.

Efek samping dan resiko


      Meskipun terdapat berbagai nutrisi didalamnya, bukan berarti anda bisa mengonsumsi kacang buncis dengan tanpa batasan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Bagi orang yang mengonsumsi pengencer darah, pada kacang buncis terdapat vitamin K yang akan mengakibatkan pembekuan darah dan ini tidak baik bagi orang yang mengonsumsi pengencer darah.

      Lectin yang terdapat pada kacang buncis bisa menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini bisa diatasi dengan memasak kacang buncis sampai dengan benar-benar matang terlebih dahulu.

      Pada kacang buncis terdapat beberapa senyawa yang justru bisa mengikat dan mencegah penyerapan mineral tertentu, oleh karena itu jika memang dibutuhkan, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi kacang buncis. Tidak disarankan untuk hanya mengonsumsi satu jenis sayuran, cobalah berbagai variasi.


     Sekian artikel mengenai Kacang buncis dan 7 manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

Banyak yg menyepelekan tentang kesehatan tidak jarang dari mereka pilah pilih sayuran untuk di masak salah satunya buncis yg tdk semua orng tau manfaatnya dan tidak jarang pula mereka yg tidak suka termasuk saya padahal bnyak mnfaatnya.
Teruslah memberi manfaat agar semua anak indonesia Sehat.

memang banyak orang suka pilah pilih sayur mana yang akan dikonsumsi, padahal masing-masing sayur punya keistimewaan sendiri dan banyak nutrisi di dalamnya, seperti misalnya buncis ini. Memilih sayur yang dikonsumsi, harus dipilih sesuai nutrisi yang dibutuhkan bukan karena rasa. Terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon