Wednesday, June 28, 2017

Kemangi dan manfaatnya untuk kesehatan

kasanah.id - Kemangi merupakan sayuran yang berasal dari bagian Timur laut dari Afrika dan Asia Selatan. Sayur ini mempunyai nama latin Ocimum citriodorum. Dalam bahasa Inggris kemanggi disebut dengan basil. Terdapat banyak jenis kemanggi, tapi yang sering digunakan di Indonesia adalah jenis lemon basil atau kemanggi lemon.

      Kemanggi tidak hanya terkenal di Indonesia. Ternyata sayur ini juga digunakan sebagai obat - obatan di Arab Saudi. Sedangkan di Laos, Malaysia, Thailand dan Persia, kemangi digunakan sebagai tambahan dalam makanan. Berbeda halnya dengan Indonesia yang menjadikan kemanggi hanya sebagai lalapan.

Manfaat kemangi untuk kesehatan

   
      Meskipun kebanyakan penggunaan kemangi di Indonesia hanya untuk lalapan dan sering diremehkan, ternyata kemanggi mempunyai banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini akan dijelaskan manfaat kemangi untuk kesehatan.


kandungan nutrisi kemangi
kandungan nutrisi kemangi

1. Antibakteri


     Beberapa studi ilmiah telah menunjukkan bahwa kemanggi memiliki sifat antibakteri. Hal ini dikarenakan di dalam kemanggi terdapat minyak atsiri yang meliputi estragole, linalool, cineole, eugenol, sabinene, myrcene dan limonene. 

     Minyak ini akan membatasi pertumbuhan berbagai bakteri seperti Listeria monocytogenes (bakteri penyebab infeksi), Staphylococcus aureus (bakteri penyebab infeksi), Escherichia coli (bakteri penyebab diare), Yersinia enterocolitica (bakteri penyebab infeksi) dan Pseudomonas aeruginosa (bakteri penyebab pneumonia). 

2. Mencegah kanker


     Meskipun terlihat remeh, ternyata kemanggi dapat bermanfaat dalam mencegah kanker. Ini berkat adanya fitokimia yang terdapat di dalamnya. Fitokimia terbukti dapat mencegah kanker termasuk di antaranya kanker kulit, kanker hati, kanker mulut dan kanker paru - paru. 

     Kemanggi juga dapat menginduksi apoptosis sel kanker ( mematikan sel berbahaya ) dan menghentikan penyebaran tumor kanker.

3. Bersifat anti inflamasi


     Kemanggi mengandung minyal esensial yang penting bagi tubuh dimana di dalamnya terdapat eugenol, sitronelol dan linalool. Minyak ini akan membantu menurunkan peradangan. Peradangan dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi inflamasi usus.

4. Menangkal radikal bebas


     Ternyata di dalam kemanggi juga terdapat antioksidan, bahkan antioksidan ini bisa larut dengan mudah dalam tubuh. Dua antioksidan ini dikenal dengan orientin dan viceninare, keduanya membantu melindungi sel darah putih dan secara tidak langsung berarti ikut menjaga sistem kekebalan tubuh. 

     Antioksidan ini juga akan menangkal radikal bebas yang bisa berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas bisa mengubah sel tubuh yang sehat menjadi rusak atau bahkan menjadi sel kanker. 

5. Berperan sebagai adaptogen


     Penelitian menunjukkan bahwa kemanggi dapat berperan sebagai adaptogen alami. Adaptogen akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan stres dan menormalkan efek dari stres yang bisa berbahaya bagi tubuh. 


Bunga kemangi yang berwarna putih
Bunga kemangi yang berwarna putih

6. Mengatasi depresi


     Bagi mereka yang mengalami depresi, gangguan mental ataupun tidak mood, cobalah untuk mengonsumsi kemanggi. Kemanggi dapat bermanfaat sebagai antidepresan karena berdampak positif bagi fungsi otak dalam korteks adrenal dalam merangsang neurotransmiter yang mengatur hormon sehingga kita bisa merasa bahagia dan energik.

7. Menyehatkan hati dan membantu detoksifikasi


     Mengonsumsi kemanggi akan membuat tubuh mampu memproduksi enzim untuk detoksifikasi secara lebih baik. Sehingga proses pengeluaran racun dari dalam tubuh bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kemanggi juga akan mengurangi penumpukan lemak di dalam hati, penumpukan lemak ini bisa menyebakan penyakit di hati.

8. Aphrodisiac alami


     Kemangi dapat bermanfaat sebagai aphrodisiac alami atau zat yang dapat meningkatkan libido secara alami. Aroma yang ditimbulkan kemanggi diyakini bisa meningkatkan libido dan gairah, dengan cara meningkatkan aliran darah dan tingkat energi serta mengurangi peradangan. 

9. Menyehatkan kardiovaskular


     Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kemangi dapat bersifat sebagai anti inflamasi dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi kemangi akan membantu otot - otot dalam mengendalikan pembuluh darah dalam berkontraksi dan relaksasi, sehingga tekanan darah menjadi normal. 

      Kemangi juga membantu mencegah pengumpalan di arteri yang bisa menyebabkan adanya serangan jantung. Ekstrak dari kemangi dapat mengurangi peradangan pada kardiovaskular dengan menghambat pelepasan sitokinin yang dapat menyebabkan inflamasi.


Kemangi sebagai tambahan pada makanan
Kemangi sebagai tambahan pada makanan

10. Memperlancar pencernaan


     Mengonsumsi kemangi akan membantu menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh dan mengembalikan pH tubuh ke level yang normal. Hal ini akan memperlancar proses pencernaan dan kekebalan tubuh dengan membantu perkembangan bakteri sehat dalam usus, sekaligus menghilangkan bakteri berbahaya yang bisa menimbulkan penyakit.

     Selain itu, secara tradisional kemangi digunakan dalam membantu mengurangi kembung dan retensi air, menaikkan nafsu makan, mengatasi kram perut, bahkan dipercaya dapat membunuh cacing dalam perut.


Lihat juga : 10 Manfaat dari wortel untuk kulit dan tubuh


11. Menyehatkan mata dan menjaga penghlihatan


     Kemangi ternyata mengandung cukup banyak vitamin A dan antioksidan. Seperti yang selalu didengungkan, vitamin A akan membawa manfaat yang baik bagi mata dan menyehatkan mata. Sedangkan antioksidan akan melindungi mata dari radikal bebas dan mencegah degenerasi makula ( penurunan kemampuan mata akibat penambahan usia ), serta melindungi mata dari berbagai penyakit.

Efek samping dari kemangi


      Meskipun kemangi memiliki banyak manfaat, bukan berarti semua orang boleh mengonsumsi kemangi. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang tidak diperbolehkan mengonsumsi kemangi. Pada beberapa orang, kemangi bisa menyebabkan gula darah rendah.

       Minyak dari kemangi dan bagian atas dari kemangi bisa membawa efek yang buruk jika dikonsumsi secara terus menerus karena justru bisa menyebabkan kanker hati. Selain itu, minyak dan ekstrak minyak kemangi dapat menyebabkan perlambatan pembekuan darah dan pendarahan. 

      Jika ada seseorang yang akan menjalankan operasi, sebaiknya hindari konsumsi kemangi selama 2 minggu sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya resiko pendarahan yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi kemangi.


Bunga kemangi yang berwarna ungu
Bunga kemangi yang berwarna ungu

Fakta dari kemangi


     Kemangi memiliki beberapa fakta unik yang layak untuk kita simak. Berikut beberapa fakta dari kemangi :

  1.  Kemangi merupakan tanaman serbaguna. Kemangi bisa dikonsumsi secara langsung dalam kondisi segar ataupun dikeringkan dan dijadikan tambahan dalam masakan.
  2.  Kemangi sering dijadikan sebagai obat tradisional. Teh dari daun kemangi dapat mengobati sembelit dan kram, bahkan juga bisa mengurangi depresi dan rasa gelisah.
  3.  Kemangi mengandung bahan kimia tertentu yang ternyata tidak disukai oleh serangga terutama nyamuk. Jadi jika tidak ada obat nyamuk, anda bisa menggunakan kemaki sebagai gantinya.
  4.  Ternyata kemangi juga menjadi bagian dari keluarga tumbuhan mint.
  5.  Beda tipe kemangi, akan menghasilkan bau yang berbeda pula.
  6.  Kebanyakan jenis kemangi akan mempunyai bunga yang berwarna putih, tapi beberapa jenis malah mempunyai bunga berwarna ungu.

     Sekian artikel mengenai Kemangi dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon