Tuesday, June 13, 2017

10 kesalahan umum saat melakukan diet

kasanah.id - Saat seseorang sedang melakukan diet, seringkali ia lupa bahwa ada beberapa faktor yang tanpa sadari ternyata dapat menggangu atau bahkan membuat proses dietnya gagal.

      Diet adalah sesuatu yang perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan harus dipantau perkembangannya, apalagi jika diet tersebut dilakukan atas alasan kesehatan maka tidak boleh gagal.



Beberapa kesalahan umum saat melakukan diet


      Ada banyak kesalahan yang bisa dilakukan oleh seseorang yang tengah melakukan diet, biasanya kesalahan ini dilakukan tanpa disadari dan dianggap remeh oleh pelakunya. Dibawah ini adalah rangkuman beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat melakukan diet.


kesalahan umum dalam diet
Jangan lupa sarapan

1. Tidak sarapan pagi


      Perlu anda ketahui bahwa sarapan pagi akan memberi dampak yang sangat besar bagi tubuh. Di pagi hari, untuk memulai aktifitas, penting bagi tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

      Selain mengeyangkan, sarapan pagi juga memberi sinyal ke tubuh bahwa aktifitas rutin akan segera dilakukan, ini penting agar tubuh tidak "kaget".


2. Melakukan crash diet


      Crash diet adalah diet yang dilakukan secara tiba-tiba atau tanpa perencanaan sama sekali. Biasanya ini dilakukan karena pelakunya panik dan baru sadar kalo ternyata berat badannya tidak ideal.

     Cara diet yang satu ini haruslah dihindari karena tidak hanya berat badan yang turun, tetapi juga masa otot dan metabolisme tubuh ikut menurun. Akibatnya, setelah diet berakhir tubuh akan menahan berat badan sementara. Pada akhirnya beratnya justru akan naik secara signifikan dan metabolisme tubuh tetap berjalan lambat.

Baca juga : 7 makanan yang harus diperhatikan dalam diet


3. Sarapan dengan hanya minum jus saja


      Terkadang, demi alasan instan dan tidak perlu repot, orang lebih memilih untuk meminum jus saja dengan tanpa menambahkan makanan apapun. 

      Padahal, jus akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Hasilnya tubuh akan lebih mudah merasa lapar.


kesalahan umum diet
lakukan olahraga


4. Tidak berolahraga sama sekali

 

      Ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan ketika melakukan diet yaitu dengan tidak melakukan olahraga sama sekali. Padahal olahraga akan sangat membantu proses pembakaran kalori, meskipun olahraga yang dilakukan hanyalah olahraga ringan saja.

     Dengan tidak berolahraga, massa otot dan metabolisme tubuh juga akan menurun. Hal ini tidak baik bagi kesehatan. Sedangkan berolahraga secara berlebihan akan menimbulkan stres dan tidak baik bagi tubuh dalam jangka panjang.


5. Memilih makanan rendah lemak 

 

      Makanan olahan yang rendah lemak atau dikhususkan untuk diet, diklaim bahwa makanan tersebut baik dalam membantu proses diet. Tetapi yang terjadi adalah kebalikannya. 

     Kebanyakan makanan yang mempunyai kedua label tersebut justru mengandung banyak gula. Selain itu, makanan tipe ini juga tidak akan membuat anda merasa kenyang, pada akhirnya anda harus memakan lebih banyak dari biasanya.


6. Tidak makan cukup protein


     Ada banyak makanan yang bisa dijadikan sumber protein, baik protein hewani maupun protein nabati. Protein akan berperan sangat penting dalam proses diet. Proses diet akan berjalan berjalan dengan lebih lancar jika tubuh tercukupi kebutuhan proteinnya.

     Protein akan mengurangi nafsu makan dan membuat tubuh tetap merasa kenyang. Selain itu protein juga mengurangi asupan kalori, melindungi massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Tentunya ini membuat protein penting dalam proses diet agar berhasil.


7. Tidak mengonsumsi cukup serat


      Penelitian membuktikan bahwa semua jenis serat terutama serat yang dapat larut, sangat membantu dalam proses diet. Serat yang mudah larut akan mengurangi nafsu makan dan mengurangi penyerapan kalori oleh tubuh.

8. Mengonsumsi makanan/minuman bergula


     Banyak orang yang melakukan diet sudah tahu bahwa minuman bersoda akan menganggu proses diet karena terdapat banyak gula di dalamnya. 

     Tetapi banyak yang tidak tahu bahwa jus dari buah-buahan juga mengandung banyak gula. Makanan dan minuman yang mengandung gula serta kalori harus dihindari selama proses diet, karena akan menganggu proses diet.

9. Menimbang berat badan setiap hari


       Memang tampak menyenangkan bila kita tahu progress atau kemajuan dari proses diet kita. Tetapi jika terjadi gangguan pada proses diet dan berat badan kita tidak mengalami penurunan, hal tersebut akan mengakibatkan setres. Idealnya. timbanglah berat badan setiap seminggu sekali, selama proses diet masih berlangsung.


yang harus dihindari dalam diet
makan cemilan sehat ( misalnya kacang )


10. Tidak mengemil sama sekali


       Mungkin kebanyakan orang berpikiran bahwa selama proses diet tidak diperbolehkan untuk mengemil, ini tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Memang agar hasilnya lebih cepat terlihat, pelaku bisa saja tidak mengemil sama sekali.

     Tetapi tidak ada yang salah dengan mengemil, asal cemilannya berupa cemilan sehat. Cemilan sehat diantara sela waktu makan besar akan membuat anda merasa tetap kenyang,  meningkatkan metabolisme dan kadar gula dalam darah. Ini akan memicu penurunan berat badan dengan lebih baik lagi.

     Sekian artikel mengenai 10 Kesalahan umum saat melakukan diet. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

6 komentar

wah saya baru tahu kalo ternyata ada beberapa kesalahan yang sering saya lakukan selama proses diet. terima kasih atas informasinya.

seperti yang dijelaskan di atas, ada banyak hal yang perlu diperhatikan selama proses diet, kalo bisa semuanya dihindari.

Wah ternyata banyak kesalahan yang gak diduga ya, untung baca artikel ini, jadi nambah tau, btw thanks ya mas

sama-sama, semoga bisa menjadi koreksi dan bisa diterapkan selama proses diet.

Sering sekali yang dilakukan orang die adalah menimbang berat badan setiap hari dan kurang olahraga. Hal di atas harus diketahui peserta diet supaya dietnya berhasil.

jika seseorang terlalu sering menimbang berat badannya selama proses diet, maka biasanya dia akan mudah putus aja ketika tidak melihat adanya penurunan berat badan. Ini penting bagi mentalitasnya, oleh karena itu usahakan menimbang seperlunya saja, seminggu sekali sudah cukup.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon