Friday, June 9, 2017

7 makanan yang harus diperhatikan dalam diet

kasanah.id - Diet merupakan suatu kegiatan yang perlu kombinasi antara latihan atau olahraga dengan mengatur pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Makanan akan memberikan nutrisi bagi tubuh dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.


Makanan yang harus diperhatikan dalam diet


       Dari berbagai makanan yang terdapat dalam menu diet, ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ataupun harus dihindari. Keduanya penting untuk diperhatikan agar proses diet dapat berjalan degan lancar dan berhasil memenuhi target.

1. Hindari minuman bersoda


     Minuman bersoda dapat menghambat proses diet anda, apalagi jika minuman bersoda tersebut tidak rendah lemak. Selain menggemukan perut anda, minuman berkarbonasi akan menambahkan lemak-lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jika anda haus, lebih baik minum air putih atau jika ingin minuman yang berasa minumlah jus buah.


makanan yang harus diperhatikan dalam diet
Hindari penggunaan garam

2. Hindari penggunaan garam


      Garam dapat dengan mudah larut dalam air. Hal ini akan memberikan lemak tambahan untuk tubuh, oleh karena itu sebaiknya hindari penggunaan garam dalam masakan. Menghindari penggunaan garam juga akan menjaga tekanan darah anda tetap normal.

3. Konsumsi yogurt probiotik


      Mengonsumsi yogurt akan membantu meningkatkan kesehatan usus dan memudahkan proses pencernaan. Yogurt juga memberikan kontribusi bagi tubuh dalam memenuhi kebutuhan gula, tanpa menambahkan lemak yang tidak diperlukan.


makanan untuk diet
Konsumsi sayuran

4. Konsumsi sayuran


       Sayur-sayuran dapat memberi efek yang sangat baik bagi tubuh dan akan sangat menyehatkan. Tetapi terkadang orang enggan untuk memakan sayuran apalagi jika masih mentah. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengukus sayuran daripada memakannya secara mentah-mentah. 

       Selain itu, dengan mengukus sayuran, tubuh akan lebih mudah dalam mencerna sayuran tersebut. Sayuran menjadi lebih mudah untuk dihancurkan dan nutrisi dari dalam sayuran lebih mudah untuk diambil dan dimanfaatkan oleh tubuh.

5. Minum lebih banyak cairan


      Seperti kita ketahui bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan atau dalam kata lain cairan memegang peranan yang sangat penting bagi tubuh kita. Tubuh setidaknya membutuhkan 8 gelas air putih setiap harinya agar dapat bekerja dengan baik. Tetapi jika anda bosan anda bisa mengonsumsi minuman lain yang tergolong sehat. misalnya teh, jus buah, dan lainnya.

yang harus diperhatikan dalam diet
konsumsi makanan rendah karbohidrat (beras merah)


6. Hindari karbohidrat


     Salah satu bentuk dari karbohidrat adalah glikogen. Glikogen seringkali disimpan oleh otot tubuh kita. Sayangnya glikogen hanya dipakai saat tubuh sedang melakukan latihan atau olahraga. Untuk itu, agar jumlah karbohidrat tidak menumpuk anda bisa melakukan banyak olahraga dan mengurangi makanan berkabohidrat. 

      Baiknya anda menghindari konsumsi karbohidrat setelah makan siang dan menggantikannya dengan makanan rendah karbohidrat, sehingga anda tidak menambah jumlah lemak yang tidak diperlukan bagi tubuh.

7. Konsumsi makanan berserat


      Dalam berbagai artikel yang terdapat dalam situs ini telah dijelaskan mengapa serat itu penting bagi tubuh. Serat akan membantu proses pencernaan dalam tubuh dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan. Dengan mengonsumsi makanan berserat tentunya proses diet akan berjalan dengan lancar.


     Sekian artikel mengenai 7 makanan yang harus diperhatikan dalam diet. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

Wah kebetulan saya sedang diet ini, sayangnya no.1 adalah yang paling saya sukai, jadi terasa berat.

memang semuanya harus ada perjuangan, mungkin bisa dimulai dengan mengurangi konsumsi makanan/minuman lainnya, baru mengurangi konsumsi soda.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon