Friday, June 16, 2017

Manfaat dan cara pembuatan infused water

kasanah.id - Infused water merupakan sebuah cara baru atau alternatif dalam menikmati buah-buahan. Infused water atau yang biasa disebut spa water menjadi trend baru baik diluar negeri ataupun di dalam negeri. Amy Pogue, seorang blogger asal Amerika Serikat adalah orang yang berhasil mengenalkan infused water ke khalayak ramai.

Apa  itu infused water ?


    Sebelumnya apakah anda pernah melihat orang yang membawa atau meminum minuman yang terdapat potongan buah ataupun berisi teh hijau maupun daun mint ?. Kira-kira seperti itulah infused water. 

     Infused water merupakan pencampuran atau peresapan nutrisi dari buah ataupun daun herbal ke dalam air mineral. Hasilnya, air akan mengikuti apapun yang dimasukkan ke dalamnya dan mempunyai rasa yang unik serta menyegarkan. Infused water bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

infused water dan manfaatnya
Infused water


Manfaat infused water 


     Meskipun manfaat dari infused water bisa berbeda-beda dan tergantung dengan buah ataupun herbal yang dijadikan infused water. Tapi secara umum infused water memiliki manfaat yang sama yaitu :

1. Membuat tubuh kembali segar


    Seperti yang kita tahu bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Mengonsumsi infused water tidak hanya mengembalikan cairan tubuh, tetapi kandungan nutrisi di dalamnya membuat tubuh kembali segar dan siap beraktifitas.

     Selain itu, rasa infused water yang beragam dan enak, akan mengembalikan mood anda sehingga menjadi lebih baik. Tentunya dengan mood yang baik, akan lebih mudah menjalani hari.

2. Membantu proses detoksifikasi


      Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Ada beberapa buah yang bisa dijadikan pilihan sebagai bahan infused water, dimana buah ini bisa membantu proses detoksifikasi. Contohnya adalah buah lemon, timun, acerola, berry.

      Dengan dibantunya proses pengeluaran racun, tentunya tubuh akan menjadi lebih sehat dan lebih segar. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh


      Sebagian besar buah yang dijadikan untuk infused water, mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh, vitamin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi infused water akan membuat tubuh mampu menahan gempuran penyakit.

4. Menangkal radikal bebas


      Salah satu kandungan dari infused water adalah antioksidan. Peran antioksidan termasuk penting, karena mampu menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel, bahkan hingga menjadi sel kanker. Jadi, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi infused water.

5. Alternatif mengonsumsi buah


      Diluar sana ada beberapa orang yang enggan untuk mengonsumsi buah secara langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu. Dengan mengonsumsi infused water, kita tetap bisa mendapatkan nutrisi dari buah secara langsung meskipun tidak memakan buahnya.


Cara pembuatan infused water


     Sebenarnya cara pembuatan infused water terhitung mudah dan ada beberapa campuran bahan yang bisa anda pilih. Cobalah untuk bereksperimen dengan berbagai buah dan herbal, tapi jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan nutrisi dari tubuh anda. Berikut ada beberapa campuran yang bisa anda pilih :

cara membuat infused water
Infused water dengan lemon


1. Infused water dengan potongan lemon


      Mungkin ini merupakan campuran infused water yang paling umum dan mudah dilakukan. Cara pembuatannya cukup mudah, potonglah lemon menjadi irisan, lalu taruh potongan lemon tersebut ke dalam sebuah wadar yang terlebih dahulu di isi dengan air. Setelah itu, tutup dan biarkan beberapa saat. 

      Ketika infused water ini sudah jadi, maka air di dalam wadah akan berubah menjadi lebih keruh. Jika jumlah irisan lemonnya cukup banyak, mungkin rasanya akan sedikit asam, tapi usahakan untuk tidak menambahkan gula. 

     Setelah meminum infused water ini, tubuh akan terasa lebih segar dan kembali siap untuk menjalankan aktifitas. Jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum minum infused water ini. 

2. Infused water dengan lemon, timun, jeruk nipis


      Untuk membuat infused water yang satu ini caranya cukup sederhana, cukup sediakan masing-masing 1 buah lemon, jeruk nipis dan timun. Siapkan pula air mineral sebanyak 1 liter. Masukkan semua potongan ke dalam air tersebut, tunggu antara 1 - 2 jam. 

      Infused water yang satu ini, sangat cocok digunakan dalam proses diet. Kandungan nutrisi dalam infused water ini akan melancarkan proses pencernaan dan membantu proses pembakaran lemak, jadi sangat cocok bagi anda yang sedang diet. 

infused water yang enak
infused water dengan strawberry,lemon dan daun mint


3. Infused water dengan strawberry, lemon dan daun mint


     Cara pembuatan untuk infused water ini cukup, cukup iris-iris 1 buah strawberry, 1 buah lemon dan beberapa helai daun mint. Jika anda takut rasanya terlalu asam, anda bisa menambah porsi strawberry dan daun mintnya.

      Sebelum memasukkan daun mint ke dalam air, lebih baik remas atau sobek daun mint tersebut, agar minyak alami dari daun mint bisa terlepas. Infused water yang satu ini selain bermanfaat dalam melancarkan diet, juga dapat melegakan tenggorokan.

4. Infused water dengan apel dan kayu manis


     Bagi anda yang tidak terlalu suka dengan rasa asam maka infused water yang satu ini bisa jadi alternatif. Siapkan saja setengah potong buah apel dan dua potong kayu manis. Potong buah apel menjadi irisan yang lebih kecil, untuk kayu manis anda bisa memilih untuk memotongnya atau tidak yang penting bisa masuk wadah.

      Masukkan semua bahan ke dalam air satu liter. Biarkan hingga beberapa waktu ( tunggu sampai warna air berubah menjadi keruh ) maka infused waterpun sudah jadi. Anda bisa menyesuaikan porsi diatas sesuai dengan keinginan anda, apalabila rasanya masih kurang pas.

Baca juga : Makanan olahan, sehatkah ?


5. Infused water dengan mangga dan jahe


      Bahan untuk infused water yang satu ini cukup mudah didapatkan. Iris satu buah mangga dan jahe hingga menjadi bentuk yang kecil - kecil, masukkan ke dalam air dengan takaran sekitar 1 liter. Tunggu hingga beberapa saat.

      Efek dari keduanya sangat baik bagi tubuh, jahe bisa menghangatkan tubuh sedangkan mangga mengandung beberapa vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

berbagai manfaat infused water untuk kesehatan
infuse water dengan berbagai bahan


6. Infused water dengan bahan-bahan lainnya


      Ada beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk campuran dalam infused water selain bahan-bahan diatas, misalnya dengan teh hijau, kiwi, semangka, seledri, nanas dan lain - lainnya. Pilihlah buah ataupun herbal yang anda sukai dan mudah untuk ditemukan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan nutrisi anda.


      Sekian artikel mengenai Manfaat dan cara pembuatan infused water. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

Itu buah yang udah dijadikan infused water bisa dimakan nggak ya? Atau justru harus dibuang?

isa saja, tapi lebih baik tidak, karena selain lebih susah (kebanyakan buahnya dipotong-potong), terkadang rasanya juga sudah berbeda dan tidak enak lagi karena diserap oleh air mineralnya.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon