Tuesday, June 27, 2017

10 Manfaat dan fakta buah kelapa

kasanah.id - Buah kelapa mempunyai nama latin Cocos nucifera. Kelapa diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di bagian Asia. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur terutama di pesisir pantai. 

     Saat ini kelapa telah menjadi komoditas dan dikembangkan dalam jumlah besar, tentunya hal ini berkat banyaknya manfaat yang dimiliki oleh kelapa. Hampir semua bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan, baik airnya, dagingnya maupun kulitnya. Buah kelapa dapat diolah menjadi berbagai kreasi kuliner hingga untuk fungsi kecantikan. 

Manfaat buah kelapa

    
       Kelapa merupakan buah yang kaya akan nutrisi, serat, vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Mengonsumsi buah ini juga tidak akan menimbulkan reaksi alergi sehingga aman untuk dikonsumsi. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai berbagai manfaat dari buah kelapa.


Kandungan nutrisi buah kelapa
Kandungan nutrisi buah kelapa

1. Menurunkan kadar kolesterol


    Salah satu manfaat dari buah kelapa adalah menurunkan kadar kolesterol. Hal ini bisa terjadi berkat adanya lemak jenuh dan serat yang terdapat pada kelapa. Hasilnya kadar kolesterol jahat (LDL) akan menurun dan kadar kolesterol baik (HDL) akan meningkat.

2. Antimikroba


     Pada kelapa terdapat kandungan monolaurin dan asam laurat dalam jumlah yang tinggi. Keduanya berguna dalam membasmi bakteri, virus dan jamur yang bisa menimbulkan berbagai penyakit dan infeksi. Kelapa juga terbukti dapat membunuh jamur yang telah resisten terhadap obat sintesis. 

3. Mengatasi dehidrasi


      Mungkin anda sering melihat iklan yang menampilkan bahwa air kelapa bisa mengatasi dehidrasi dan mengembalikan elektrolit tubuh, hal itu memang benar. Air kelapa berisi elektrolit dan gula yang mampu menaikkan kadar energi dalam tubuh. Tentunya, bagi mereka yang aktif maka konsumsi buah kelapa akan sangat bermanfaat. 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Nutrisi yang terdapat pada buah kelapa akan sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adanya berbagai vitamin dan antioksidan akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa menahan berbagai penyakit dan radikal bebas.


Buah kelapa
Buah kelapa

5. Membantu mengobati pneumonia


     Minyak kelapa yang disertai dengan antibiotik akan membanut proses pengobatan pneumonia menjadi lebih cepat, dibandingkan pengobatan yang hanya mengandalkan antibiotik saja. Minyak kelapa akan membantu melegakan pernapasan, mengurangi demam dan memperbaiki oksigenasi darah.

6. Mengendalikan diabetes


     Buah kelapa dapat meningkatkan sekresi insulin pada tubuh dan mengatur glukosa dalam darah. Hal ini akan memperlambat proses peningkatan gula dalam darah dan tentunya ini membawa efek yang baik bagi penderita diabetes.

7. Membantu mengatasi epilepsi


     Epilepsi adalah suatu kondisi yang menjadikan seseorang mengalami kejang yang berulang-ulang selama beberapa waktu. Meskipun epilepsi belum ada obatnya, ternyata mengonsumsi buah kelapa dapat mengurangi intensitas terjadinya kejang terutama bagi anak - anak. 


isi buah kelapa
isi buah kelapa

8. Menyehatkan tulang


      Di dalam kelapa ternyata terdapat kandungan lemak jenuh yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Bila kadar lemak jenuh dalam tubuh terpenuhi, maka pembentukan tulang bisa berjalan dengan baik. Selain itu, buah kelapa juga mengandung magnesium dan kalsium yang berguna dalam memperkuat tulang. Hasilnya, anda akan terhindar dari osteoporosis.

9. Baik untuk kesehatan mulut


     Air kelapa mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh serta dapat digunakan dalam membunuh bakteri. Dengan meminum air kelapa maka bakteri yang menyebabkan bau mulut akan menghilang. Meminum air kelapa juga memperbaiki kesehatan gigi secara keseluruhan.

10. Baik untuk ibu hamil


     Air kelapa biasanya sangat steril sehingga baik untuk ibu hamil. Nutrisi di dalam kelapa akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi sang ibu dan bayi yang dikandungnya, serta mencegah berbagai infeksi dan penyakit lainnya. Mengonsumsi buah ini juga meningkatkan kadar cairan amnion yang dapat meningkatkan kesehatan janin secara menyeluruh.

Efek samping buah kelapa


      Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi buah kelapa karena kelapa memiliki beberapa efek samping. Mengonsumsi buah kelapa dapat menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa orang, terutama bagi mereka yang alergi terhadap beberapa jenis protein.

      Minyak kelapa juga bisa membawa efek yang tidak baik bagi ibu hamil dan anak - anak jika digunakan secara berlebihan. 

Pohon kelapa
Pohon kelapa

Fakta buah kelapa


     Setelah kita tahu berbagai nutrisi dan manfaat dari buah kelapa, serta efek sampingnya, mari lihat beberapa fakta unik dari buah kelapa. Berikut fakta mengenai buah kelapa :

  1.  Kelapa dalam bahasa Inggris disebut dengan nama coconut. Uniknya nama ini diberikan oleh pelaut portugis pada abad ke 16.
  2.  Buah kelapa dapat mengapung dalam jangka waktu yang lama sekali bahkan bisa mencapai jarak yang sangat jauh ketika mengapung di lautan. Setelah dibersihkan dan ditanam, ternyata buah ini masih bisa tumbuh.
  3.  Ada lebih dari 1300 jenis buah kelapa yang terdapat di dunia, meskipun setelah ditelusuri kebanyakan berasal dari indukan yang berada di daerah sekitar Pasifik dan Samudera Hindia.
  4.  Buah kelapa merupakan buah yang paling banyak digunakan dalam berbagai aplikasi kosmetik dibandingkan dengan buah lainnya.
  5.  Selama perang dunia ke dua, buah kelapa sering dijadikan infus alami karena seringnya kekurangan stok infus.
  6.  Tinggi dari pohon kelapa bisa mencapai hingga 30 meter.
  7.  Pada peristiwa radiasi nuklir di Fukushima, karbon dari buah kelapa mempunyai peranan penting dalam membantu pembersihan radiasi nuklir.
  8.  Pohon kelapa bisa menghasilkan minyak dalam jumlah banyak dan telah dilakukan penelitian yang menunjukkan bahwa minyak dari kelapa bisa dijadikan bahan bakar.
  9.  Di Filipina, getah dari buah kelapa disuling dan dijadikan sebagai vodka yang disebut dengan lambanog. 
  10.  Pada perang dunia pertama, kulit kelapa dan karbon dari kelapa digunakan sebagai masker gas dan terbukti ampuh dapat menahan serangan berbagai jenis gas.

     Sekian artikel mengenai 10 Manfaat dan fakta buah kelapa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang di sekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon