Wednesday, June 21, 2017

Manfaat dan fakta buah kelengkeng

kasanah.id - Buah yang berukuran kecil ini merupakan buah yang berasal dari daerah Asia Selatan. Kelengkeng memiliki nama latin Dimorcapus longan. Di Indonesia, buah kelengkeng juga sudah tersebar dan dapat ditemui dengan mudah di toko - toko buah.

      Di Asia, buah kelengkeng dikonsumsi sebagai makanan ringan, makanan pencuci mulut dan penambah rasa manis serta asam. Ada pula yang membuat kelengkeng menjadi sirup. Kelengkeng juga sering digunakan dalam masakan Cina dan sebagai obat herbal yang dapat menimbulkan efek relaksasi. 

Manfaat kelengkeng


      Tercatat ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah kelengkeng diantaranya adalah mengurangi setres, mengatasi insomnia, mencegah kanker dan berbagai manfaat lainnya yang akan dijelaskan di bawah ini. Kelengkeng juga memiliki berbagai nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh.


kandungan nutrisi kelengkeng
kandungan nutrisi kelengkeng


1. Mengurangi setres


     Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, salah satu manfaat dari kelengkeng adalah dapat mengurangi setres. Mengonsumsi buah kelengkeng akan membuat kondisi jantung kembali normal setelah terkena setres dan kelelahan. Selain itu, sirkulasi darah juga akan lancar kembali dan sekaligus memberi efek menenangkan pada sistem saraf.

2. Mempercepat penyembuhan luka


     Kelengkeng mengandung vitamin C dan vitamin B yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini akan membantu proses perbaikan sel rusak dan mencegah radikal bebas agar tidak menimbulkan kerusakan sel. 

      Vitamin C akan membantu dalam memperbaiki jaringan sel yang rusak dan sifatnya yang antimikroba akan mencegah luka terkena infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri. 

3. Mengatasi insomnia


      Salah satu manfaat dari kelengkeng adalah mampu mengatasi insomnia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi kelengkeng akan membuat tubuh menjadi lebih rileks, anda akan bisa tidur dengan lebih cepat dan tidurpun menjadi lebih berkualitas.

      Kelengkeng juga kaya akan mineral penting bagi tubuh yang dapat mengembalikan fungsi tubuh menjadi normal dan mengurangi keselihan. Dimana itu meruapakan salah satu penyebab terjadinya insomnia.

4. Mencegah kanker


      Hampir semua buah yang kaya akan antioksidan dapat berfungsi dalam mencegah kanker. Hal ini dikarenakan sel kanker akan dapat dicegah pertumbuhannya dengan antioksidan. Kelengkeng adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan berupa polifenol. 

     Polifenol memiliki kemampuan dalam menangani sel - sel yang rusak dan secara bersamaan membantu proses regenerasi sel baru dan menjaga sel tersebut tetap sehat. 


buah kelengkeng
buah kelengkeng


5. Membantu mengobati anemia


      Salah satu penyebab utama anemia adalah tubuh kekurangan zat besi. Zat besi penting bagi tubuh karena diperlukan dalam memproduksi sel darah merah. Kandungan zat besi dan vitamin C pada kelengkeng akan membantu proses produksi sel darah merah sehingga membantu mengobati anemia.

6. Baik untuk diet


      Kelengkeng mengandung cukup karbohidrat dan air, dimana keduanya sangat penting saat melakukan diet. Karbohidrat akan berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh sehingga tetap beraktifitas seperti normal. Air akan membuat tubuh tetap merasa kenyang dan terhindar dari dehidrasi.

7. Menyehatkan jantung


     Salah satu manfaat dari kelengkeng adalah dapat menyehatkan jantung. Kandungan kalium dan magnesium dalam kelengkeng akan membuat otot dan saraf yang terhubung dengan jantung menjadi rileks, sehingga aliran darah menjadi lancar. 

      Selain itu, keduanya membantu dalam mengatur tekanan darah agar tetap berada pada tingkatan normal. Jika tekanan darah normal, jantung bisa menyalurkan darah ke seluruh tubuh dengan lancar dan tubuh bisa menjadi lebih sehat.

8. Obat untuk sakit perut


      Secara tradisional kelengkeng digunakan dalam mengobati sakit dan infeksi pada perut. Hal ini dikarenakan pada kelengkeng terdapat senyawa yang bersifat sebagai antimikroba. Senyawa ini akan membunuh bakteri yang menyebabkan sakit perut dan infeksi.

9. Menyehatkan tulang


     Kesehatan tulang erat kaitannya dengan jumlah atau kadar mineral pada tulang, jika tulang kekurangan mineral, tulang akan menjadi rapuh dan bisa terjadi osteoporosis. Ini terjadi terutama pada orang - orang dengan usia lanjut.

     Kelengkeng kaya akan beberapa mineral penting bagi tubuh diantaranya adalah tembaga, kalium dan magnesium. Mengonsumsi kelengkeng akan memperlambat degenerasi sel-sel tulang. Dengan kata lain menunda penuaan sel -sel tulang serta mengisi tulang dengan mineral yang dibutuhkan.. 


buah kelengkeng
pohon kelengkeng


10. Menyehatkan mata


     Salah satu kandungan dari buah kelengkeng adalah riboflavin. Riboflavin akan membantu mengurangi resiko terjadinya gangguan mata terutama katarak. Senyawa ini akan melindungi mata dari serangan radikal bebas dan sekaligus menunda kerusakan mata akibat pertambahan usia.

11. Menjaga kesehatan gigi dan mulut


     Vitamin C yang terdapat dalam kelengkeng akan membantu menjaga membran dalam mulut dan menjaga kesehatan mulut. Kelengkeng juga mengandung banyak mineral yang akan membantu dalam memperkuat gigi. 

12. Menjaga fungsi otak


     Pada kelengkeng terdapat kandungan zat tembaga. Zat ini akan menghasilkan norepinephrine, senyawa kimia yang bisa mengoptimalkan fungsi otak. Zat tembaga juga membantu menjaga sistem syaraf yang membantu otak dalam mengirim sinyal atau pesan ke seluruh sistem saraf dalam tubuh.

Fakta buah kelengkeng

     
     Terdapat beberapa fakta yang dimiliki oleh buah kelengkeng, mulai dari ukuran buahnya yang kecil hingga bijinya yang digunakan untuk menghisap racun ular. Berikut beberapa fakta buah kelengkeng :

  1.  Diameter buah berukuran antara 1,2 cm - 2,5 cm.
  2.  Kelengkeng biasanya tumbuh di ketinggian 450 meter di atas permukaan air laut.
  3.  Pohon kelengkeng dapat tumbuh hingga 6 m - 7 m.
  4.  Buah kelengkeng dapat dipanen setelah 140 - 190 hari dari saat penyerbukan.
  5.  Di Cina, kelengkeng disebut dengan mata naga karena dagingnya yang transparan tetapi terdapat biji hitam yang terlihat layaknya pupil di bagian tengahnya. 
  6.  Biji dari kelengkeng dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan dan menyerap racun ular.
  7.  Di alam liar kelengkeng dapat tumbuh hingga 2 tahun.


isi kelengkeng
isi kelengkeng

Efek samping



     Terdapat beberapa efek samping yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah ini. Bagi ibu hamil, sangat tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi kelengkeng karena bisa menyebabkan pendarahan dan bahkan hingga keguguran.

     Tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi kelengkeng ketika suhu tubuh atau lingkungan sekitar sedang panas, hal ini dikarenakan kelengkeng mempunyai senyawa yang bersifat menaikkan suhu badan. 

      Kelengkeng merupakan buah yang mengandung cukup banyak gula. Jadi untuk mereka yang mempunyai diabetes, sangat tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi kelengkeng. Begitu pula untuk orang yang sedang melakukan diet, harus diperhatikan betul porsi yang boleh dikonsumsi.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

16 komentar

ternyata selain enak dimakan, buah kelengkeng juga mempunyai banyak manfaat. Saya baru tahu kalo buah ini bisa untuk mencegah anemia.

kelengkeng bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati anemia karena adanya zat besi di dalamnya. buah yang satu ini memang mempunyai banyak manfaat.

Buah kelengkeng selain mempunyai rasa yang enak dan sudah memasyarakat, kelengkeng juga mempunyai banyak kandungan untuk kesehatan manusia terutama magnesium dan kaliumnya yang dapat menyehatkan jantung. Walaupun baik bagi kesehatan kita juga harus mengerti apa yang perlu tidak kita lakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti buah kelengkeng yang tidak baik bagi ibu hamil.

Subhanallah, ternyata manfaat buah kelengkeng sangat banyak yaa ..
Sungguh maha besar Allah yang telah menciptakan langit dan bumi. Allah menciptakan yang ada di langit dan dibumi pasti mempunyai manfaat yang tersembunyi

benar sekali, selalu ada 2 sisi, dimana buah kelengkeng mengandung banyak sekali manfaat dan di satu sisi masih terdapat efek samping.

memang ciptaan Allah SWT tidak ada duanya, bisa kita lihat bahwa masing-masing buah diciptakan dengan berbagai manfaat yang luar biasa di dalamnya.

Buah favorit nih gan, ternya banyak sekali ya manfaat buah kelengkeng bagi tubuh kita karena terdapat banyak vitamin di dalamnya.

Wah artikel yang bagus, ternyata kelenhkeng juga bisa membantu proses diet ya. Jadi tertarik ini...

Wah selain buah Kelengkeng nya rasanya enak juga menfaatnay banyak ya. Makasih ya gan atas infonya tentang manfaat buah Kelengkeng

Untuk penderita penyakit jantung mungkin dengan mengkonsumsi kelengkeng bisa menyembuhkan penyakit jantungnya.

Apakah buah klengkeng ada negatifnya ? Apakah buah klengkeng berbahaya buat ibu hamil ? Thanks

Kelengkeng selain enak juga mengandung banyak vitamin dan mineral, jadi jangan lupa dikonsumsi.

nah kalo tertarik bisa dicoba tuh, diet dengan salah satu menunya adalah buah kelengkeng.

iya sama-sama. kelengkeng nggak hanya enak, tapi juga mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

silahkan dicoba terlebih dahulu, tapi perhatikan jumlah atau porsi konsumsinya serta efek samping yang mungkin ditimbulkan.

seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa efek samping dari buah kelengkeng. Salah satunya adalah bisa menyebabkan pendarahan bagi ibu hamil.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon