Tuesday, June 6, 2017

9 Manfaat labu siam untuk kesehatan

kasanah.id - Labu siam merupakan sayur yang aslinya berasal dari Mesoamerica. Tetapi saat ini telah diperkenalkan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Labu siam dikembangkan terutama di Brasil, Kosta rika, Veracruz, Meksiko dan Abkhazia. 

      Dalam bahasa inggris, labu siam disebut dengan chayote. Nama latin dari sayur ini adalah Sechium edule. Baik biji, daun dan daging ( isi ) dari labu siam masing-masing dapat dimanfaatkan. 

Manfaat labu siam untuk kesehatan


      Pada labu siam terdapat beberapa nutrisi yang penting bagi tubuh. Daun dan daging dari labu siam bersifat sebagai diuretik dan anti-inflamasi. Teh dari daun labu siam juga dapat dimanfaat dalam mengobati beberapa penyakit seperti hipertensi dan batu ginjal.

kandungan nutrisi dari labu siam
kandungan nutrisi dari labu siam

1. Menurunkan kolesterol


     Di dalam labu siam terdapat serat yang mudah larut. Serat ini akan mampu mengikat kolesterol dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

     Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa labu siam dapat mengurangi kadar kolesterol jahat ( LDL ) dan sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik ( HDL ).

2. Mengobati batu ginjal


     Labu siam merupakan jenis sayur yang mempunyai sifat diuretik, sifat ini membantu dalam mencegah terbentuknya batu ginjal dan meringankan infeksi saluran kemih. Rebusan dari daun labu siam telah digunakan sebagai obat untuk melarutkan batu ginjal.

3. Membantu proses diet


     Sayur jenis ini merupakan sayur yang mengandung sedikit lemak dan kalori. Selain itu, labu siam mengandung kadar air dan serat yang tinggi, hal ini akan membuat anda tetap merasa kenyang dan dapat membantu proses diet anda.

     Labu siam juga dapat digunakan sebagai snack atau cemilan bagi mereka yang sedang melakukan diet, karena jumlah kalorinya yang cukup sedikit. Anda bisa menambahkan labu siam ke dalam komposisi dari salad yang anda buat.

tanaman labu siam
tanaman labu siam

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Pada labu siam terdapat kandungan zinc atau seng, seng dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal serangan penyakit. Selain itu, pada labu siam juga terdapat vitamin C yang juga membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengatasi anemia


     Salah satu penyebab dari timbulnya anemia adalah karena tubuh kekurangan zat besi dan vitamin B2, keduanya penting dalam membantu proses pembuatan sel darah merah.

     Kedua nutrisi tersebut ternyata tersedia dalam labu siam dan dalam jumlah yang tidak sedikit. Keduanya membantu merangsang tubuh dalam membuat sel darah merah dan meningkatkan kadar hemoglobin.

     Selain itu juga terdapat beberapa nutrisi penting seperti folat, vitamin C, seng dan tembaga yang membantu proses pengembangan sel darah merah dan membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Tentunya dengan berbagai hal di atas, labu siam dapat dimanfaatkan dalam mengatasi anemia.

6. Menurunkan tekanan darah


     Ada beberapa orang yang memberikan testimoni bahwa tekanan darah mereka turun menjadi normal setelah mengonsumsi labu siam. Hal ini dapat terjadi akibat adanya kalium dalam labu siam yang jumlahnya tidak sedikit. Kalium akan menyeimbangkan efek natrium sehingga mencegah terjadinya hipertensi. 

labu siam yang belum dipetik
labu siam yang belum dipetik

7. Menyehatkan jantung


     Dalam labu siam terdapat kandungan folat yang berguna dalam mengurangi kadar homosistein dalam tubuh. Kadar homosistein yang berlebihan akan mengakibatkan peningkatan resiko terhadap stroke dan penyakit jantung.

     Pada labu siam juga terdapat nutrisi-nutrisi penting seperti kalium dan magnesium, keduanya penting dalam menjaga agar detak jantung tetap normal dan mencegah pembekuan darah.

Lihat juga : 8 manfaat taoge untuk kesehatan

8. Melancarkan pencernaan


     Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa pada labu siam terdapat kandungan serat dalam jumlah yang cukup banyak. Serat ini akan membantu dalam melancarkan proses pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan.

      Jadi bagi anda yang memiliki masalah pencernaan seperti sembelit dan iritasi usus besar, cobalah untuk mengonsumsi labu siam. Nutrisi pada labu siam akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

9. Mencegah kanker


      Salah satu penyebab dari timbulnya kanker adalah serangan radikal bebas. Radikal bebas akan merusak sel sehat dan merubahnya menjadi sel kanker. Untuk mengatasi serangan radikal bebas, dibutuhkan antioksidan.

      Labu siam mengandung vitamin C yang akan berperan sebagai antioksidan. Vitamin C akan membantu tubuh dalam menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh dan mencegah mutasi sel menjadi sel kanker.


      Sekian artikel mengenai 9 Manfaat labu siam untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

ternyata labu siam bisa bermanfaat dalam mencegah kanker, baru tahu saya. update terus ya mas.

iya mas, salah satu manfaat dari labu siam bisa mencegah kanker, tapi masih banyak manfaat lainnya. Blog ini berusaha untuk selalu update, terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon