Wednesday, June 7, 2017

8 manfaat taoge untuk kesehatan, efek samping dan faktanya

kasanah.id - Taoge atau yang biasa disebut dengan kecambah, merupakan sayur yang biasa digunakan dalam masakan Asia terutama Asia Timur. 

      Di Indonesia, taoge juga sering digunakan sebagai sayur dalam kehidupan sehari-hari. Selain digunakan sayur, taoge juga dapat digunakan sebagai makanan khusus bagi bayi berusia 3 - 9 bulan atau biasa disebut sebagai makanan sapihan.

      Ada beberapa jenis taoge yaitu taoge kacang hijau, kacang kedelai dan alfalfa. Ketiganya mempunyai rasa yang agak berbeda dan bentuk yang berbeda pula, termasuk nutrisi di dalamnya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai manfaat umum dari taoge.


Manfaat taoge untuk kesehatan dan penampilan


     Dalam taoge terdapat beberapa nutrisi yang penting tidak hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk meningkatkan penampilan. Taoge mengandung vitamin berupa vitamin A, vitamin C dan beberapa mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium dan mineral lainnya.

Kandungan nutrisi taoge dan efek samping taoge
Kandungan nutrisi taoge

1. Meningkatkan metabolisme


      Pada taoge terdapat beberapa enzim yang lazimnya tidak diketahui dalam makanan lainnya. Enzim dan protein yang terdapat pada taoge akan membantu proses kimia dan proses metabolisme pada tubuh.

      Protein diperlukan dalam perawatan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otak dan beberapa hal lainnya yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

      Tentunya dari pemaparan di atas kita bisa mengetahui bahwa taoge bisa sangat bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi secara rutin dan berkecukupan.

2. Memperlancar sirkulasi darah


      Taoge adalah salah satu sayur yang mengandung zat besi. Zat besi penting untuk menjaga produksi sel darah merah. Seperti kita ketahui jika tubuh kekurangan sel darah merah maka bisa menyebabkan anemia.

      Gabungan zat besi dan tembaga pada taoge juga akan membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar, sehingga suplai oksigen ke organ-organ tubuh juga berjalan dengan lancar, akibatnya tubuh akan menjadi lebih sehat.

3. Menjaga kesehatan bayi


      Folat dan asam folat merupakan nutrisi yang penting bagi bayi. Itulah mengapa bagi ibu yang merencanakan untuk hamil ataupun sedang hamil, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kedua nutrisi tersebut.

      Kekurangan folat dan asam folat bisa berbahaya bagi bayi karena perkembangan bayi menjadi terhambat, bahkan bisa timbul cacat lahir pada bayi. Taoge merupakan sayur yang mengandung folat dan asam folat.

manfaat taoge atu kecambah untuk penampilan dan kesuburan
Taoge

4. Membuat rambut sehat dan berkilau


     Mengonsumsi taoge secara rutin ternyata dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Taoge mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan nutrisi yang penting bagi folikel rambut.

      Jika rambut ternutrisi dengan baik, maka rambut akan tetap lembab, kuat dan tidak mudah rontok. Jadi bagi wanita, mengonsumsi taoge bisa sangat bermanfaat baik bagi kesehatan ataupun penampilan.

5. Anti ketombe


      Pada taoge terdapat kandungan selenium. Selenium merupakan merupakan minerla penting yang dapat membunuh malassezia, jamur yang menyebabkan ketombe.

      Mengonsumsi taoge akan mencegah rambut dari ketombe dan menghilangkan kotoran serta mendorong pertumbuhan rambut baru. Nutrisi pada taoge juga mampu mengatasi rambut gatal karena sifat anti jamurnya.

6. Mencegah kanker


      Ternyata sayur yang satu ini dapat bermanfaat dalam mencegah kanker, berkat adanya beberapa antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang terdapat didalamnya.

      Gabungan antara antioksidan, vitamin C, vitamin A, asam amino dan protein akan mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kanker.

Lihat juga : Inilah 8 manfaat Zukini bagi kesehatan

7. Menjaga penglihatan


     Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa taoge merupakan sayur yang mengandung vitamin A. Vitamin A berfungsi dalam menjaga kesehatan mata dan menjaga penglihatan.

      Selain itu, vitamin A akan bertindak sebagai antioksidan bagi mata dan melindungi mata dari radikal bebas. Ini sekaligus membuat mata terhindar dari katarak, glaukoma dan penurunan kemampuan penglihatan.

manfaat taoge atau kecambah untuk kesehatan
Taoge jadi isian sandwich

8. Melancarkan pencernaan


     Taoge merupakan sayur yang mengandung beberapa enzim yang tidak ditemukan di makanan lainnya. Gabungan antara enzim-enzim ini dan serat yang terdapat dalam taoge akan membantu melancarkan proses pencernaan


      Taoge juga disarankan bagi mereka yang sedang melakukan diet, tentunya mengonsumsi taoge akan membuat proses diet menjadi lebih lancar karena terdapat banyak nutrisi yang penting bagi tubuh dan sekaligus melancarkan pencernaan, keduanya penting bagi orang yang melakukan diet.

Efek samping mengonsumsi taoge


     Ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi taoge atau kecambah ini, meskipun memang taoge memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama masalah kesuburan. Efek samping yang akan dijelaskan dibawah ini biasanya akan timbul ketika mengonsumsi taoge secara berlebihan.


1. Bisa menyebabkan demam dan diare


     Taoge telah ditemukan terkait dengan serangan salmonella, bakteri e.coli dan serangan virus di tubuh. Hal ini biasanya terjadi ketika yang dikonsumsi adalah taoge kualitas rendah. 

       Beberapa orang telah mengalami demam dan diare saat kecambah berkualitas rendah dikonsumsi, dan beberapa orang mengalami kram perut. Jika ditumbuhkan dengan cara yang salah, taoge bisa membawa bakteri berbahaya dan ini akan meniadakan efek baik pada tubuh. 


fakta unik mengenai taoge atau kecambah
Sup taoge


2. Tidak cocok bagi orang yang mengalami kondisi kedinginan


     Beberapa orang mengalami kondisi atau gejala kedinginan terutama pada kaki dan tangan, mengonsumsi taoge ternyata bisa menambah parah kondisi tersebut dan membuat tubuh merasa tidak nyaman.


Baca juga : Inilah 8 manfaat Zukini bagi kesehatan


Fakta unik mengenai taoge


       Taoge selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan membawa beberapa efek samping, ternyata juga memiliki beberapa fakta unik. Berikut ini beberapa fakta unik mengenai taoge :
  1. Taoge sering disebut dengan sayuran "powerhouse" yang berarti penuh dengan nutrisi di dalamnya.
  2. Sangat sering terutama di Asia, taoge dijadikan sebagai salah satu bahan makanan, terutama untuk pembuatan lumpia, sup, hidangan dengan mie dan berbagai hidangan dengan cara digoreng.
  3. China telah mengetahui manfaat dari taoge selama berabad-abad. Para bangsawan China kuno memakannya dengan tujuan agar awet muda dan penyembuhan. Bahkan taoge selalu dibawa saat pelayaran laut jarak jauh, dimana biasanya digunakan untuk mengatasi scurvy.
  4. Selama Perang dunia II, saat persediaan daging menipis, para ilmuwan merekomendasikan taoge sebagai gantinya, ini karena taoge mempunyai cukup banyak protein di dalamnya.


      Sekian artikel mengenai 8 manfaat taoge untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar kamu. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

12 komentar

Wah ternyata banyak juga ya manfaatnya tapi denger" apa benar toge bisa menimbulkan bau pada ketiak?

tidak kok, itu hanya mitos. Taoge menggandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi konsumsinya juga harus tidak berlebihan.

makasih atas infonya tentang 8 manfaat taoge untuk kesehatan tubuh, taoge dalam pembahasan ini, kalau di daerah saya sering di sebut dengan tokolan, yak, mungkin yang baru mengenal nama itu sangat aneh. semoga bermanfaat.

Ternyata banyak juga manfaaat taoge, tapi saya ingin bertanya apakah mengkonsumsi taoge bisa memperbanyak air mani? soalnya temen saya pernah bilang tapi saya tidak percaya kalau belum menemukan dari berbagai sumber, terimakasih.

Banyak juga manfaat makan taoge, Harus sering - sering makan nie, Thanks Infonya

Paling gak suka sama toge. Ternyata manfaat nya banyak toh. Bagus buat pencernaan

Katanya toge juga bisa membuat bercinta dengan istri lebih lama yaa? Saya baru tau klo toge membuat rambut jadi kinclong dan anti dari ketombe. Infonya bagus sekali

wah kalo di daerah saya taoge disebut juga dengan cambah. terima kasih sudah berkunjung.

memang taoge bisa menambah kesuburan, salah satunya seperti menambah dan memperbaiki kualitas sperma. terima kasih sudah berkunjung.

boleh dikonsumsi, tapi jangan berlebihan ya. terima kasih sudah berkunjung.

iya, dicoba dulu, mungkin bisa dicampurkan dengan masakan lainnya supaya taogenya "tersamarkan". terima kasih sudah berkunjung.

memang salah satu manfaat taoge berhubungan dengan kesuburan, taoge juga punya banyak nutrisi jadi bisa membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, nutrisinya juga bisa untuk memperbaiki penampilan terutama dari segi kualitas rambut. terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon