Thursday, June 29, 2017

10 Manfaat dari wortel untuk kulit dan tubuh, efek samping serta faktanya

kasanah.id - Wortel atau dalam bahasa Inggris disebut dengan carrot, mempunyai nama latin Daucus carota. Wortel berasal dari Eropa dan Asia Barat, meskipun begitu dipercaya bahwa tanaman ini berasal dari persia dan pada awalnya hanya digunakan daun dan bijinya.

     Wortel banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan, terutama dalam pembuatan salad, masakan sayur ataupun menu lainnya. Di Indonesia penggunaan wortel dalam masakan sehari - hari juga cukup sering dan sayur jenis ini sudah sangat terkenal serta mudah untuk ditemukan.

Manfaat wortel untuk kulit dan tubuh

     
     Wortel sudah lama dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi tubuh terutama dalam hal menyehatkan mata. Ini tidak terlepas dari banyaknya kandungan vitamin A di dalam wortel. 

     Selain vitamin A, masih terdapat banyak nutrisi lainnya, baik berupa vitamin ataupun mineral. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari wortel.

efek samping dan fakta seputar wortel
kandungan nutrisi wortel

1. Melindungi kesehatan mata


     Wortel mengandung banyak vitamin A yang sangat penting bagi kesehatan mata. Vitamin A akan diubah menjadi rhodopsin di retina. Rhodopsin merupakan pigmen ungu yang diperlukan dalam penglihatan di malam hari. 

     Selain itu, wortel juga mengandung beta karoten yang terbukti dapat melindungi mata dari degenerasi makula ( penyakit mata yang terjadi karena penambahan usia ) dan katarak. 

     Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi beta karoten dalam jumlah memiliki resiko degenerasi makula 40% lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi beta karoten dalam jumlah sedikit.

2. Mencegah kanker


     Terdapat penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi wortel dapat menurunkan resiko terkena kanker seperti kanker paru - paru, kanker usus besar dan kanker payudara. Hal ini karena wortel kaya akan antioksidan poliasetilena dan falcarinol. Keduanya memerangi kanker dengan menghancurkan sel-sel kanker dan tumor. 

     Wortel juga memiliki sifat anti karsinogenik yang menghambat pertumbuhan sel kanker terutama di usus besar. Ini juga mendukung kesehatan pada saluran pencernaan bagian bawah. 


3. Menjaga kesehatan mulut


      Berbagai nutrisi yang terdapat di wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh termasuk dalam melawan bakteri dan racun yang masuk melalui mulut. Beberapa mineral yang terdapat di wortel mempunyai sifat antibakteri dan membantu mencegah gigi berlubang serta kerusakan gigi.

      Selain itu, wortel juga bisa membantu menghilangkan plak dan noda dari gigi jika dikonsumsi setelah makan. Wortel akan merangsang gusi dan memicu banyak air liur, sehingga kadar asam - basa di mulut akan berubah dan ini akan membunuh bakteri yang menyerang gigi.

manfaat wortel untuk kulit
salad dengan wortel

4. Melindungi fungsi kognitif dan otak


     Wortel dan jus wortel dapat bermanfaat dalam membantu menyehatkan otak dan mencegah penyakit alzheimer. Selain itu, keduanya bisa mencegah adanya penurunan fungsi kognitif. Hal ini bisa terjadi karena wortel dapat menurunkan stres oksidatif yang terjadi di otak yang bisa mengakibatkan pelemahan kapasitas sinyal syaraf. 

5. Membantu membersihkan tubuh dari dalam


      Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa wortel mengandung banyak vitamin A. Vitamin A membantu hati dalam membuang racun dari dalam tubuh. Ini akan menyebabkan pengurangan tumpukan empedu dan lemak di hati, sehingga fungsi hati bisa berjalan dengan baik. 

     Selain itu, serat wortel yang mudah larut akan membantu membersihkan usus besar dengan melancarkan proses pencernaan.

6. Menurunkan resiko gangguan jantung dan stroke


     Wortel bisa bermanfaat dalam menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular terutama bagi wanita dewasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meminum jus wortel akan membawa manfaat yang baik bagi jantung.

      Jus wortel akan membantu menurunkan stres oksidatif dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal berbagai penyakit kardiovaskular. Ini bisa terjadi berkat banyaknya kandungan antioksidan dalam wortel.

       Wortel mengandung juga dapat bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dan membantu tubuh dalam menghancurkan lemak yang tidak diperlukan. Hasilnya, nutrisi dari makanan akan bisa diserap dengan lebih baik lagi dan kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat, ini tentu akan menyehatkan jantung anda.

7. Membantu menyembuhkan luka


     Beta karoten yang terdapat di wortel akan berperan penting dalam menyembuhkan luka. Wortel bahkan telah digunakan sebagai penutup luka untuk membantu menyembuhkan luka, ini telah berlangsung selama berabad - abad. Mengonsumsi wortel akan membantu melawan infeksi dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

manfaat wortel untuk mata dan kesehatan
tanaman wortel


8. Menyehatkan kulit


     Gabungan antara vitamin A dan antioksidan yang terdapat di wortel akan bermanfaat dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Kekurangan vitamin A akan menyebabkan beberapa gangguan pada kulit, rambut dan kuku menjadi kering dan terlihat tidak sehat. Vitamin A bermanfaat dalam mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering dan pigmentasi.

9. Menunda penuaan


     Kadar beta karoten yang cukup tinggi dalam buah wortel akan berperan sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan sel - sel pada tubuh serta melawan radikal bebas. Hal ini akan membantu menunda penuaan terhadap sel.

10. Mencegah rambut rontok


     Wortel mempunyai banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Nutrisi pada wortel akan membuat rambut lebih kuat, tebal dan lebih berkilau. Tentunya ini akan membantu mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

manfaat wortel untuk tubuh dan efek sampingnya
wortel dengan berbagai warna dan sayuran lainnya

Efek samping wortel


     Wortel memang mengandung banyak manfaat bagi kulit dan tubuh, tetapi tetap saja ada efek sampingnya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa efek samping dari wortel sehingga bisa menjadi catatan sebelum mengonsumsi sayur yang satu ini.


1. Bahaya bagi penderita diabetas


      Akibat proses pemasakan, kadar gula dalam wortel akan meningkat sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara mendadak, ini berbahaya terutama bagi penderita diabetes. 

      Mengonsumsi wortel dalam jumlah banyak juga bisa mengakibatkan diare karena terlalu banyak mengandung serat. Bagi orang yang mempunyai penyakit kronis seperti hipotiroidisme, anoreksia nervosa dan diabetes melitus.


2. Dapat menyebakan karotenemia


     Karoten adalah pigmen yang biasanya dihasilkan oleh beberapa jenis tanaman dan menyebabkan perubahan warna pada sayur dan buah menjadi kuning maupun warna turunan kuning, oranye misalnya. Jumlah karoten pada wortel tergolong cukup banyak.

       Mengonsumsi wortel dalam jumlah berlebihan ternyata dapat menyebabkan karotenemia, sebuah kondisi dimana kadar karoten dalam tubuh terlalu banyak atau melebihi jumlah normal. Efeknya, warna kulit berubah menjadi kekuningan. Ini bisa hilang jika jumlah karoten berkurang dan biasanya berangsur - angsur selama beberapa minggu.


3. Bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil


     Kandungan vitamin yang cukup banyak pada wortel juga bisa berbahaya bagi ibu hamil. Mengonsumsi makanan kaya vitamin dalam jumlah besar bisa menyebabkan aborsi spontan dengan merangsang terjadinya menstruasi. Selalu ingat untuk mengonsumsinya dalam jumlah berkecukupan bukan berlebihan.

Fakta mengenai wortel


     Terdapat beberapa fakta unik mengenai wortel yang patut untuk kita simak. Berikut beberapa fakta mengenai wortel :

  1. Rekor wortel terbesar yang pernah tercatat adalah dengan berat 8,6 kg dan panjang 5,8 meter.
  2.  Wortel pertama kali dikembangkan sebagai obat berbagai jenis penyakit, bukan makanan. 
  3.  Ada lebih dari 100 jenis wortel yang ada di dunia ini dan warnanya tidak hanya oranye, tapi ada pula yang berwarna ungu, putih, kuning dan merah.
  4.  Wanita Inggris pada tahun 1600an sering menggantikan bunga atau bulu di topi mereka dengan daun wortel
  5.  Wortel pada awalnya berwarna putih atau ungu. Lalu munculah wortel yang bermutasi yang berwarna kuning. Antara wortel yang bermutasi dengan wortel asli lalu di kembang biakkan dan jadilah wortel yang berwarna oranye yang kita kenal sekarang.
  6.  Belanda adalah negara yang mengembangkan wortel berwarna oranye, karena oranye adalah warna rumah tradisional kerajaan Belanda.
  7.  Sebuah kota bernama Holtville di California, menyebut kota tersebut sebagai pusat wortel dunia dan selalu mengadakan festival wortel setiap tahunnya.

     Sekian artikel mengenai 10 Manfaat dari wortel untuk kulit dan tubuh. Semoaga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon