Thursday, June 8, 2017

Inilah 8 manfaat Zukini bagi kesehatan, efek samping serta faktanya

kasanah.id - Sayur yang satu ini berasal dari Amerika. Zukini mempunyai nama latin Cucurbita pepo. 

      Secara sekilas bentuk dari sayur ini hampir sama dengan timun tetapi keduanya adalah 2 jenis sayur yang berbeda. Di beberapa negara Eropa, zukini merupakan sayur yang sangat terkenal dan menjadi sayuran utama.

      Ada beberapa jenis dari zukini, zukini yang berwarna hijau tanpa garis, zukini yang berwarna hijau dan bergaris, zukini yang berwarna kuning. 

      Zukini yang dikonsumsi biasanya telah melalui proses pengolahan atau dimasak terlebih dahulu. Lalu dipilih yang berusia muda ( ditandai dengan masih menempelnya bunga pada zukini ). 

     Beberapa teknik memasak bisa diterapkan ke dalam pengolahan sayur yang satu ini, mulai dari dikukus, direbus, dipanggang, di isi dan dipanggang, digoreng ataupun dimasukkan dalam resep lain seperti souffle. Bunganya juga bisa diolah menjadi tempura dan dikonsumsi setelah digoreng.


Manfaat Zukini bagi kesehatan


       Zukini merupakan sayur yang tergolong rendah lemak dan mengandung sedikit karbohidrat. Tetapi ternyata di dalam sayur ini, terdapat beberapa vitamin dan mineral penting, mulai dari vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi dan masih banyak nutrisi penting lainnya. Tentunya nutrisi ini bermanfaat bagi kesehatan.


Kandungan nutrisi pada Zukini
Kandungan nutrisi pada Zukini

1. Menjaga kesehatan jantung


     Salah satu nutrisi yang terkandung dalam zukini adalah kalium. Kalium berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dengan mengatur dan mengurangi tekanan darah. 

      Selain itu, pada zukini juga terdapat folat yang mengurangi kadar homosistein. Berkurangnya kadar homosistein berkaitan erat dengan berkurangnya resiko terhadap stroke dan penyakit jantung.

2. Menurunkan kadar kolesterol


     Kandungan serat dalam jumlah yang banyak pada zukini, ternyata sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Serat juga penting dalam membantu menyerap nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh dan melancarkan proses pencernaan.

       Selain serat, masih terdapat vitamin A dan vitamin C yang berperan dalam memperlambat aterosklerosis ( radang atau pengerasan pembuluh darah ). Gabungan ketiganya akan mencegah kolesterol mengoksidasi pembuluh darah.


manfaat zukini untuk kesehatan
Zukini yang masih muda

3. Memperlancar proses pencernaan


      Zukini mengandung banyak air, elektrolit dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Banyaknya air pada sayur ini membuatnya mudah dicerna dan ditambah dengan jumlah serat yang cukup melimpah, membuatnya mampu mengatasi masalah pencernaan dan sembelit. 

4. Membantu proses diet


       Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa zukini mengandung banyak air dan serat, keduanya sangat membantu proses diet. Serat akan berperan dalam melancarkan pencernaan dan air akan membuat anda merasa tetap kenyang. 

      Selain itu, zukini mengandung sedikit kalori dan karbohidrat, tentunya hal ini membuatnya layak untuk dikonsumsi selama proses diet.


efek samping dari mengonsumsi zukini
Zukini berwarna hijau dan bergaris

5. Menjaga kesehatan mata


      Dalam zukini terkandung lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, keduanya juga mencegah degenerasi makula ( penyakit mata yang terjadi seiring bertambahnya usia ), katarak dan glaukoma.

6. Meringankan penyakit asma


      Ada penelitian di Iran yang menyebutkan bahwa kadar vitamin C dan sifat anti-inflamasi pada zukini dapat berperan dalam meringankan dan mengobati asma. Pada zukini juga terdapat tembaga yang secara efektif dapat mengobati asma.


fakta dan efek samping mengonsumsi zukini
Tanaman Zukini

7. Memperkuat tulang dan gigi


      Dalam zukini terkandung vitamin K yang berperan penting dalam memperkuat tulang. Ada pula magnesium yang dapat membuat gigi dan tulang menjadi lebih kuat. Sedangkan folat dan beta karoten pada zukini, dapat melindungi tulang dan membantu proses pertumbuhan tulang.

8. Mempertajam ingatan


      Zukini dan sayur lain yang sejenis kaya akan folat yang baik bagi kesehatan otak. Peningkatan asupan folat juga terkait dengan menurunnya resiko demensia ( penurunan fungsi otak ) dan alzheimer, terutama pada wanita.

      Selain folat, nutrisi berupa vitamin C, seng dan asam lemak omega 3 yang terdapat pada zukini, mampu mempertajam ingatan dan membuat otak tetap sehat. 


Efek samping mengonsumsi zukini


      Zukini memang memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi itu bukan berarti zukini bisa dikonsumsi secara sembarangan dan berlebihan. Berikut beberapa catatan yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah zukini :

1. Menyebabkan reaksi alergi


     Bagi beberapa orang, zukini ternyata bisa menyebabkan alergi dan menimbulkan rasa gatal, pusing, mual, sesak nafas dan berbagai reaksi alergi lainnya. Oleh karena itu jika mengalami rasa seperti disebutkan, lebih baik hentikan mengonsumsi zukini.

2. Menyebabkan masalah pencernaan


     Zukini ternyata dapat menyebabkan ebberapa masalah pencernaan terutama bagi mereka yang menderita Irritable Bowel Syndrome (IBS). Selain itu, zukini juga bisa menyebabkan beberapa masalah pencernaan lainnya seperti kram pada perut dan diare.

3. Bisa menyebabkan gangguan pada ibu hamil


     Zukini merupakan salah satu sumber beta karoten dalam jumlah yang besar, mengonsumsinya dalam jumlah besar ternyata bisa berbahaya bagi ibu hamil. Ini bisa menganggu kondisi ibu hamil dan ibu menyusui.

Fakta mengenai zukini


      Selain memiliki berbagai manfaat untuk tubuh serta efek samping. Ternyata ada beberapa fakta unik yang dimiliki oleh zukini sebagaimana berikut :

  1.  Zukini pertama kali dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1920 oleh orang Italia. 
  2.  25 April menjadi hari roti zukini nasional di AS.
  3.  Bunga dari tanaman zukini bisa dimakan, seringkali bunga ini dikonsumsi dengan digoreng dan rasanya lezat.
  4.  Rekor zukini terbesar didunia adalah zukini yang memiliki panjang 69,5 inci, dan beratnya 65 pon. Zukini ini dikembangkan oleh Bernard Lavery, seorang pria berkebangsaan Inggris.
  5.  Kata zukini sendiri berasal dari kata "zucca" dari bahasa Italia.
  6.  Zukini ternyata juga bisa dibuat menjadi sabun.
        
      Zukini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan, tetapi perlu di ingat agar mengonsumsinya dalam jumlah normal dan tidak berlebihan, supaya tidak timbul efek sampingnya.

       Sekian artikel mengenai Inilah 8 manfaat Zukini bagi kesehatan, efek samping serta faktanya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih. 

      

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

4 komentar

Baru kenal buah ini, didaerah saya ga tau ada apa nggak atau namanya bukan zukini mungkin, makasih gan infonya

biasanya ada, tapi mungkin namanya berbeda. Terima kasih sudah berkunjung.

Buah Zukini tukune ning endi?kok baru krungu

kalo toko fisiknya saya kurang tahu mas, tapi kalo online, dibeberapa toko online sudah ada.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon