Friday, June 30, 2017

Nanas dan 12 manfaatnya untuk kesehatan

kasanah.id - Nanas atau dalam bahasa Inggris disebut pineapple, mempunyai nama latin Ananas comosus. Buah yang cukup populer ini berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay. Buah ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis. 

     Setelah proses penanaman selesai, nanas akan mulai berbunga sekitar 5 - 10 bulan setelahnya. Lalu ada jeda 6 bulan sampai akhirnya nanas mulai berbuah. Nanas biasanya dikonsumsi langsung sebagaimana buah lainnya, walaupun ada pula yang mengolahnya menjadi jus, manisan ataupun menjadi tambahan dalam masakan.

Manfaat nanas untuk kesehatan

   
      Ternyata nanas mengandung cukup banyak vitamin C, tentunya ini membuatnya sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, nanas juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Masih ada banyak lagi manfaat dari nanas yang akan dijelaskan di bawah ini.

kandungan nutrisi buah nanas
kandungan nutrisi buah nanas

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Buah nanas diketahui mengandung cukup banyak vitamin C. Banyaknya vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menangkal berbagai penyakit yang menyerang. Vitamin C akan merangsang aktifitas dari sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk membantu mengalahkan radikal bebas.

2. Melancarkan pencernaan


     Di dalam nanas terkandung serat larut dan serat yang tidak larut, ini merupakan sebuah keunikan tersendiri karena jarang ada buah yang memiliki kedua jenis serat ini secara bersamaan. Keduanya akan membantu proses pencernaan dan membuat anda terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit, diare dan sindrom iritasi usus besar.


3. Bersifat anti inflamasi


     Di dalam nanas ternyata terkandung bromelain. Bromelain merupakan enzim yang membantu proses pencernaan protein. Enzim ini juga bersifat anti inflamasi dan bisa mengurangi pembengkakan serta memar. 

     Selain itu, bromelain juga membantu membersihkan sel - sel yang rusak di dalam tubuh. Cara kerja bromelain adalah dengan merangsang produksi zat yang dapat melawan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. 

4. Mencegah kanker


     Buah nanas merupakan buah yang mengandung banyak antioksidan dan vitamin C, sehingga dapat membantu memperkuat tubuh dan melindunginya dari kanker. Di dalam nanas juga terdapat flavonoid, bromelain dan antioksidan, jika ketiganya digabung maka efeknya akan sangat baik dalam mencegah kanker.

     Di dalam nanas juga terdapat mangan, dimana mangan ini merupakan faktor penting dalam membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Seperti diketahui, radikal bebas adalah salah satu penyebab adanya kanker. Radikal bebas dapat merusak sel dan mengubahnya menjadi sel kanker.

potongan buah nanas
potongan buah nanas

5. Pereda batuk


     Ini merupakan salah satu manfaat dari buah nanas yaitu dapat meredakan batuk. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam nanas terdapat vitamin C dan bromelain. Vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi penyakit dimana batuk termasuk di dalamnya.

       Bromelain telah diketahui dapat membantu dalam mengurangi jumlah dahak serta lendir pada saluran pernafasan dan rongga sinus. Selain mengurangi peradangan, enzim ini juga memiliki kemampuan dalam melawan infeksi dan membunuh bakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nanas lebih efektif dalam meredakan batuk, dibanding obat batuk biasa.

6. Menguatkan tulang


     Mangan merukan salah satu mineral yang terdapat di dalam buah nanas. Mineral ini akan membantu menyusun tulang dan menyambungkan jaringan - jaringan pada tubuh, serta menjaga dan merawat jaringan tersebut. 

      Nanas akan membantu pertumbuhan tulang selama tubuh dalam masa pertumbuhan dan bagi usia lanjut, nanas berguna dalam menjaga kekuatan tulang.

7. Menjaga kesehatan mulut


     Nanas ternyata sangat baik bagi kesehatan mulut anda. Antioksidan pada nanas dapat mencegah terjadinya kanker mulut. Buah ini juga memiliki sifat astrigent yang dapat memperkuat gusi dan gigi, sehingga menjadi kencang, bahkan ketika sudah usia lanjut. 

8. Mengatur tekanan darah


     Berdasarkan penelitian kalium telah terbukti dalam mengatur tekanan darah. Di dalam nanas ternyata juga terkandung kalium. Kalium akan membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan longgar, hasilnya tekanan darah akan berkurang dan menjadi normal. Ini juga sekaligus mengurangi plak pada arteri dan pembuluh darah, dengan ini tubuh juga akan terhindar dari aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

salad buah dengan nanas
salad buah dengan nanas

9. Meningkatkan sirkulasi darah


     Selain kalium , nanas juga mengandung mineral penting bagi tubuh yaitu tembaga. Mineral ini akan membantu dalam reaksi enzim dan senyawa dalam tubuh. Selain itu, tembaga berperan dalam membentuk sel darah merah yang sehat. Sel darah merah akan mengedarkan oksigen ke seluruh organ dalam tubuh, tentunya ini membuat tembaga berperan penting bagi tubuh.

10. Meningkatkan kesuburan


     Nanas kaya akan antioksidan yang penting dalam menangkal radikal bebas. Ternyata radikal bebas juga dapat menggangu sistem reproduksi. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan akan membantu meningkatkan kesuburan. 

     Selain antioksidan, nanas juga kaya akan vitamin dan mineral seperti beta karoten, vitamin C, tembaga, seng dan folat. Unsur - unsur ini akan dapat meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita.

11. Membantu penyembuhan luka


     Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bromelain pada buah nanas dapat membantu dalam proses penyembuhan luka. Hal ini telah terbukti dengan adanya lotion penyembuh luka yang kebanyakan susunannya adalah bromelain.

12. Mencegah katarak


     Vitamin C pada buah nanas ternyata juga bermanfaat dalam mencegah katarak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup akan mengurangi resiko terkena katarak. 

buah nanas yang masih muda
buah nanas yang masih muda

Efek samping buah nanas


     Ada beberapa efek samping yang benar - benar harus diperhatikan sebelum mengonsumsi buah nanas, meskipun buah ini memang mengandung banyak manfaat. Pada beberapa orang, buah nanas bisa menimbulkan reaksi alergi.

      Buah nanas juga mengandung gula dan konsumsi dalam jumlah besar secara bersamaan akan mengakibatkan lonjakan kadar gula, ini bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Selain itu, konsumsi dalam jumlah besar juga akan menimbulkan diare. 

      Bagi ibu hamil, konsumsi nanas dalam jumlah besar bisa mengakibatkan terjadinya keguguran. Bagi wanita yang sedang menstruasi, bromelain pada nanas, bisa membuat pendarahan yang lebih banyak saat menstruasi . 

Fakta mengenai buah nanas


      Selain adanya manfaat dan efek samping dari buah nanas, ternyata nanas juga memiliki beberapa fakta unik yang patut untuk kita simak. Berikut beberapa fakta mengenai buah nanas :

  1.  Nanas ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1493 di pulau Guadalupe Karibia.
  2.  Pada awalnya orang Eropa terus mengalami kegagalan dalam memanen buah nanas, keberhasilan diperoleh setelah mereka paham bahwa buah ini membutuhkan iklim tropis. 
  3.  Pada abad ke-16, penjelajah Portugis dan Spanyol mengenalkan nanas ke koloninya di Asia, Afrika dan Pasifik Selatan.
  4.  Karena nanas merupakan buah yang sangat mudah rusak, jarang sekali pendistribuannya sampai ke koloni Amerika pada masa - masa awal pengembangan nanas. Ini membuat buah nanas menjadi simbol prestise dan kelas sosial.
  5.  Nanas pertama kali dikenalkan di Hawai pada abad ke-18. Hawai merupakan satu - satunya negara bagian Amerika Serikat yang dapat menumbuhkan buah nanas.
  6.  Hampir seluruh bagian dari nanas dapat dimanfaatkan, baik kulit, inti dan ujung dari buah ini. Produknya berupa cuka, alkohol dan makanan ternak.

     Sekian artikel mengenai Nanas dan 12 manfaatnya untuk kesehatan. Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang di sekitar anda. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon