Saturday, June 3, 2017

7 jenis olahraga yang hemat dan mudah dilakukan

kasanah.id - Olahraga adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan secara rutin atau paling tidak cukup untuk membuat badan tetap sehat dan bugar. Ada olahraga yang harus membayar terlebih dahulu tapi ada pula yang murah, hemat dan mudah untuk dilakukan.

      Tentunya jika kita bisa memilih untuk melakukan olahraga dengan hemat dan mudah, itu akan lebih baik daripada harus membayar, terutama bagi anda yang melakukan olahraga hanya untuk menjaga kesehatan tubuh.


Jenis olahraga yang hemat dan mudah dilakukan


      Ada berbagai jenis olahraga yang sebenarnya mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk melakukannya, namun seringkali orang merasa malas untuk melakukannya. Tentunya masing-masing jenis olahraga mempunyai kelebihan dan kekurangan, tapi tujuannya tetap sama yaitu menyehatkan badan.

1. Jalan santai


      Olahraga yang satu ini dapat dengan mudah dilakukan, anda juga tidak butuh modal apa-apa. Anda bisa melakukan jalan santai dengan atau tanpa menggunakan alas kaki, tentunya pertimbangkan lingkungan atau tempat dimana anda akan melakukan jalan santai.

       Jalan akan membuat paru-paru dan jantung anda menjadi lebih sehat dan melatih otot-otot terutama dibagian bawah tubuh. Berjalan juga akan membuat anda terhindar dari kerapuhan tulang. Jika memungkinkan anda bisa berangkat kantor ataupun menuju tempat lainnya dengan berjalan, hitung-hitung sambil berolahraga.

olahraga yang hemat dan  mudah
Lari atau jogging

2. Lari


       Jenis olahraga kedua yang bisa anda lakukan dengan mudah dan hemat adalah lari. Modalnya sama persis seperti yang di jelaskan sebelumnya. 

      Anda bisa mendapat berbagai manfaat dari lari mulai dari menyehatkan jantung, paru-paru dan berbagai manfaat lainnya, tentunya bisa membuat badan anda lebih bugar.

       Anda bisa berlari di waktu pagi atau sore hari, pilihlah tempat yang sepi atau jarang dilalui kendaraan, tentunya udara yang didapatkan akan lebih bersih dan baik untuk tubuh. 

      Cobalah untuk meningkatkan kemampuan berlari anda dari waktu ke waktu, tentunya dengan menyesuaikan kemampuan tubuh dan waktu yang tersedia.

3. Bersepeda


     Meskipun pada awalnya kita membutuhkan sepeda terlebih dahulu, tapi setelah itu, tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk bisa melakukan olahraga ini. 

      Bersepeda dapat menyehatkan tubuh dan membakar banyak kalori. Anda juga bisa bersepeda ke kantor ataupun tempat lainnya, saat bersepeda ke kantor, anda bisa dengan mudah menembus kemacetan. 

4. Berenang


      Renang adalah salah satu olahraga yang bisa menggerakan seluruh tubuh anda. Dengan bergeraknya seluruh tubuh, maka otot-otot akan terlatih dengan baik dan badan menjadi lebih sehat serta bugar. Olahraga ini merupakan olahraga yang efektif dalam membakar kalori. 

      Biaya yang dikeluarkan untuk berenang juga relatif murah, apalagi jika anda punya kolam renang sendiri. Cobalah untuk berenang minimal seminggu 2 kali dan lihat hasilnya bagi kesehatan anda.


olahraga yang mudah untuk dilakukan
Skipping

5. Lompat tali atau skipping


      Skipping bisa menjadi pilihan alternatif untuk kegiatan olahraga anda. Untuk melakukan olahraga ini, anda cuman butuh tali saja. Skipping bisa menyehatkan tubuh dan membakar kalori. Bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan, skipping bisa menjadi pilihan untuk menambah tinggi badan.

6. Senam


      Hampir semua orang pasti pernah melakukan olahraga yang satu ini. Meskipun gerakan senam kelihatannya sederhana tapi jangan anggap remeh, senam juga mampu membakar kalori dan menyehatkan tubuh. 

      Untuk melakukan senam anda juga tidak membutuhkan biaya alias gratis, gerakan senam juga terhitung mudah. Anda bisa melakukan senam sendirian ataupun dengan teman atau keluarga. Anda juga bisa ikut senam sewaktu ada kegiatan Car Free Day (CFD).

      Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa anda lakukan dengan mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Olahraga ini akan melatih kekuatan dan fleksibilitas tubuh, serta menjadikan tubuh lebih rileks. 

      Dengan melakukan yoga massa otot dan keseimbangan anda juga akan meningkat. Dari penjelasan singkat ini, yoga bisa menjadi alternatif pilihan olahraga bagi anda.


      Sekian artikel mengenai 7 jenis olahraga yang hemat dan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

4 komentar

Wah jadi pengen olahraga supaya sehat Karena sehat gaharus bayar hehe , makasih ya atas infonya sangat bermanfaat

memang harusnya olahraga dilakukan secara rutin, apalagikan banyak alternatif olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. terima kasih sudah berkunjung.

dah dilakuin kok tiap hari, tambah semangat lagi kalau dah baca2 artikel pendukung kegiatan kek gini nih

oke bagus itu, jangan berhenti. terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon