Friday, June 2, 2017

Talok dan 8 manfaatnya untuk tubuh

kasanah.id - Buah yang satu ini berbentuk kecil dan memiliki warna merah cerah. Buah yang memiliki nama latin Muntingia calabura L. ini kadang ada pula yang menyebutnya dengan buah kersen.

      Tanaman ini biasanya tumbuh di pulau Jawa. Talok dapat tumbuh dengan sendirinya dan tidak butuh perawatan khusus. Baik buah maupun daunnya, keduanya mempunyai manfaat masing-masing dan tentunya memberi efek positif bagi tubuh.


Manfaat buah dan daun Talok untuk tubuh


     Terdapat beberapa penelitian yang pernah dilakukan untuk mengetahui nutrisi dalam buah ini. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Julia F. Morton dalam bukunya "Fruit of Warm Climates" pada tahun 1987. Dari penelitian ini ditemukan bahwa buah Talok mengandung berbagai nutrisi yang bisa bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan nutrisi dari buah Talok

1. Sebagai antioksidan


     Dalam setiap 100 gram buah Talok terdapat setidaknya 80,5 mg vitamin C, jumlah yang cukup banyak. Vitamin C sebagai antioksidan mempunyai peranan penting dalam menangkal radikal bebas. 

      Radikal bebas dapat menyebabkan tubuh terkena berbagai jenis penyakit. Mengonsumsi buah Talok tentu akan membuat tubuh mampu memperkuat pertahanan tubuh terhadap penyakit.

2. Sebagai antiseptik


     Daun dari tanaman Talok telah terbukti secara efektif dapat membunuh berbagai jenis bakteri, hal ini membuatnya mempunyai sifat sebagai antiseptik. 

      Rebusan dari daun Talok terbukti dapat membunuh bakteri seperti C. Diptheriae, S. aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis dan K. Rhizopil. Adanya zat berupa tanin, flavonoid dan saponin, membuat daun ini mampu membunuh berbagai bakteri yang disebutkan diatas.

Lihat juga : Buah Zaitun dan berbagai manfaatnya

3. Anti-inflamasi


      Salah sifat yang dimiliki oleh daun Talok adalah sifat anti-inflamasi yaitu kemampuan untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit di bagian tubuh yang merasakan nyeri, hal ini dapat diperoleh dengan merebus daun Talok.

Buah Talok tua (merah) dan muda (hijau)
Buah Talok tua (merah) dan muda (hijau)

4. Menyembuhkan asam urat


      Buah Talok secara tradisional digunakan sebagai obat dalam menyembuhkan asam urat. Caranya dengan mengonsumsi buah Talok sebanyak 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 9 buah. Selain itu, pengobatan juga bisa dilakukan dengan meminum rebusan daun Talok agar dapat menyembuhkan asam urat.

5. Anti tumor


     Dalam daun Talok terdapat senyawa yang disebut dengan flavonoid. Rebusan dari daun Talok yang mengandung flavonoid dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Selain itu, flavonoid yang juga sebagai antioksidan dapat menangkal berbagai penyakit dari tubuh.

6. Baik bagi diabetes


      Bagi penderita diabetes, gula adalah musuh utama. Buah Talok meskipun mempunyai rasa yang manis dan enak dimakan, aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan beberapa nutrisi yang terdapat dalam buah Talok dapat menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

7. Mengatur tekanan darah


       Daun Talok dapat dimanfaatkan dalam mengatur tekanan darah dan menyembuhkan hipertensi, karena terdapat kandungan nitrat oksida didalamnya. Mengonsumsi rebusan dari daun Talok dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuat pembuluh darah menjadi lebih longgar.

Bunga tanaman Talok
Bunga tanaman Talok

8. Meredakan sakit kepala


     Buah Talok secara tradisional digunakan untuk meredakan sakit kepala. Berbagai nutrisi yang terdapat dalam buah Talok mampu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah Talok akan membuat tubuh menjadi lebih segar.


       Sekian artikel mengenai Talok dan 8 manfaatnya untuk tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitarnya. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

10 komentar

Buah yang penuh dengan manfaat, waktu kecil saya sering sekali memetik buah itu untuk di makan tanpa tahu khasiatnya dan Ternyata sangat baik bagi tubuh

Wah buah ini sudah sangat familiar untuk generasi saya kalo di desaku itu namanya Karsen ga tau kalo di daerah lain memang banyak kandungan vitaminnya akan tetaoi sangat jarang bagi mereka2 yg suka dg buah kecil ini kebanyakan yang masih suka komsumsi itu anak-anak.

Alhamdulillah. Saya sekarang jadi tambah ilmu pengetahuan tentang 8 manfaat buah takok. Buah takok ini sering saya makan tapi dulu belum mengetahui manfaat nya. Setelah baca artikel ini saya menjadi paham, bahwa banyak manfaat pada buah talok. Selain buahnya daunnya pun juga bermanfaat.

Jadi buah kecil yang banyak tumbuh di depan rumah saya ini banyak manfaatnya to... Makasih infonya min.Mulai sekarang saya mulai banyak banyak makan otu buah...

Memang talok sangat baik untuk tubuh dan mengandung banyak khasiat. Oleh karena itu, jika memungkinkan konsumsilah talok.

Nama lain dari buah talok memang karsen, memang sewaktu kita masih kecil banyak sekali yang mengonsumsi talok dan ketika dewasa banyak yang meremehkan buah yang satu ini walaupun ternyata ada banyak manfaat di dalamnya.

Baik buah dan daun, dua-duanya mempunyai manfaat tersendiri. Yang jelas, keduanya memberi efek yang baik bagi tubuh.

iya, selain enak dan mudah untuk ditumbuhkan, buah talok mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, coba untuk terus mengonsumsinya apalagi kalo ada disekitar tempat/rumah kita, tentunya jadi lebih mudah.

Ane suka nie makan talok, Dan ternyata talok kaya akan manfaat bagi tubuh, jadi nambah ilmu nie, Heheh, Thanks Infonya

memang buah talok banyak manfaatnya, jadi tidak salah jika dikonsumsi terus menerus. terima kasih sudah berkunjung.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon