Sunday, June 4, 2017

Tepurang dan 7 manfaatnya untuk tubuh

kasanah.id - Mungkin nama buah yang satu ini cukup asing ditelinga. Buah Tepurang dalam bahasa inggris disebut dengan gac fruit. Tepurang memiliki nama latin Momordica cochinchiensis. 

   Buah ini dapat ditemukan di Asia Tenggara, China, Australia. Di Asia Tenggara persebarannya terdapat di Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja dan Vietnam. Selain dapat dikonsumsi, di beberapa negara tertentu tepurang digunakan sebagai tanaman hias. 


    Saat buah ini sudah matang, buah ini akan berwarna merah kehitam-hitaman. Buah Tepurang hanya dapat dipanen dua kali yaitu di bulan Desember dan Januari.

Manfaat Tepurang untuk tubuh


     Rasa buah ini hampir sama dengan buah Alpukat. Tepurang mengandung berbagai nutrisi berupa mineral dan vitamin yang penting untuk tubuh. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh mulai dari mengatasi depresi hingga mencegah kanker. Dibawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari buah Tepurang untuk tubuh.

Kandungan nutrisi Tepurang
Kandungan nutrisi Tepurang

1. Mengatasi depresi


     Bagaimana bisa buah Tepurang mengatasi depresi ?. Depresi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami rasa sedih teramat dalam, putus asa dan tidak merasa bahwa hidupnya penting. 

      Mengonsumsi buah Tepurang secara rutin akan mampu mengatasi depresi. Dalam buah Tepurang terdapat selenium, vitamin dan mineral yang penting dalam membantu mengatasi depresi.

2. Melawan pembesaran prostat


      Buah Tepurang dapat menyembuhkan hiperplasia prostat atau pembesaran prostat. Hasilnya prostat akan turun dan aliran urin menjadi lancar. Adanya likopen pada buah Tepurang lah yang membuat buah ini dapat mengatasi pembesaran prostat.

3. Menurunkan kadar kolesterol


      Buah Tepurang direkomendasikan bagi orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin dan berkecukupan maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan bisa diturunkan dan tubuhpun menjadi lebih sehat.

Buah Tepurang yang matang
Buah Tepurang yang matang

4. Menjaga penglihatan


     Beberapa kandungan nutrisi penting seperti beta-karoten, vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah ini akan membuatnya bermanfaat dalam menjaga penglihatan. Selain itu, nutrisi tersebut juga akan membuat mata terhindar dari katarak dan masalah penglihatan lainnya.


5. Mencegah penyakit jantung


      Kandungan antioksidan pada buah ini tidak hanya mampu menangkal radikal bebas, tetapi juga mampu mencegah gangguan atau penyakit jantung. Mengonsumsi buah ini dan juga menjaga gaya hidup aktif akan membuat jantung anda tetap sehat. 

6. Mengatasi anemia


      Pada buah ini terdapat kandungan zat besi, vitamin C dan asam folat. Ketiganya sangat bermanfaat dalam mengatasi anemia. Nutrisi-nutrisi tersebut akan membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh dan mencukupi kebutuhan tubuh akan sel darah, akibatnya tubuh terhindar dari anemia.

Isi buah Tepurang
Isi buah Tepurang

7. Mencegah kanker


      Terdapat beberapa nutrisi pada buah ini yang penting dalam mencegah kanker dan memperlambat pertumbuhan kanker. Ada beberapa penelitian yang pernah dilakukan pada buah ini dan hasilnya menunjukkan bahwa pada buah ini terdapat protein dan sifat anti-kanker yang membuatnya bisa untuk mencegah kanker. Penelitian yang dilakukan di Jepang juga menunjukkan hasil yang serupa.

Peringatan dan efek samping


       Beberapa bagian dari buah ini tidak baik untuk dimakan karena beracun. Bagian tersebut adalah kulit, kulit luar dan sisi-sisinya. Meskipun efeknya tidak fatal, tetapi anda akan sakit selama beberapa hari jika mengonsumsi bagian tersebut. Bagian yang boleh dimakan adalah bagian biji yang besar, lapisan tipis yang lunak dan berminyak dari sekeliling daging buah.


       Sekian artikel mengenai Tepurang dan 7 manfaatnya untuk tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.



A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

saya baru tahu buah yang namanya tepurang ini, ternyata buahnya banyak mengandung nutrisi, boleh tahu belinya dimana ya ?

buah ini memang mengandung banyak manfaat dan nutrisi untuk tubuh. kalo untuk tempat pembeliannya, saya kurang tahu mas , mungkin coba dulu cari di pasar buah terdekat.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon