Friday, July 7, 2017

Manfaat apel untuk kesehatan dan faktanya

kasanah.id - Mungkin hampir sebagian orang sudah tahu tentang buah Apel. Buah Apel mempunyai nama latin Malus pumila. Apel merupakan buah yang berasal dari Asia Tengah dan buah ini masih bisa ditemukan di alam liar. 

       Di dunia ini ada sekitar 7500 varietas apel, dengan rasa dan warna yang berbeda. Dari 7500 varietas, 2500 diantaranya ditumbuhkan dan dikembangkan di Amerika serikat. Ada berbagai warna dari buah apel, mulai dari warna merah, hijau dan bahkan ada pula yang berwarna kuning. 


Manfaat apel untuk kesehatan

   
      Pasti anda pernah mendengar ungkapan "An Apple a day keeps the doctor away " yang mempunyai makna mengonsumsi satu apel sehari dapat menjauhkan diri kita dari penyakit. Tentunya dari ungkapan tersebut kita bisa tahu bahwa ada banyak manfaat dari buah apel. Pada buah apel terdapat mineral dan vitamin yang bisa bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut manfaat buah apel :
kandungan nutrisi apel
kandungan nutrisi apel

1. Menurunkan resiko terkena diabetes


     Penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah orang menunjukkan hasil bahwa mengonsumsi apel ternyata dapat menurunkan resiko terkena diabetes,terutama diabetes tipe 2. Penurunan resiko ini sebanyak 28% daripada orang yang tidak mengonsumsi apel.

     Hal ini dihubungkan dengan adanya polifenol dalam buah ini. Polifenol dalam apel dapat membantu mencegah kerusakan sel beta pada pankreas. Sel beta bertanggung jawab dalam membantu produksi insulin.

2. Membantu proses diet


      Bagi anda yang sedang melakukan proses diet, pertimbangkan apel ke dalam menu diet anda. Apel yang kaya akan serat sangat membantu dalam proses diet. Serat - serat ini akan membuat anda tetap merasa kenyang dan tidak akan menambah jumlah kalori secara signifikan, karena kalori dalam apel tergolong sedikit. 

Lihat juga : 9 Manfaat dan fakta buah kiwi

3. Baik untuk usus


     Serat pada apel juga bisa membawa efek yang baik untuk usus. Serat akan membantu memperlancar proses pencernaan dan mendorong gerakan peristaltik pada usus. Selain itu, pada buah apel terdapat pektin yang berfungsi sebagai prebiotik. Prebiotik akan membantu berkembangnya bakteri baik pada usus yang membantu proses pencernaan.


pohon apel yang sedang berbunga
bunga pohon apel

4. Mengatasi batuk dan flu


      Jumlah vitamin C dalam buah apel memang tidak terlalu banyak jika dibandingkan jeruk. Tetapi jumlah ini masih cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, maka tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit, terutama yang sering menyerang tubuh seperti flu dan batuk.

5. Meredakan asma 


     Buah apel kaya akan antioksidan yang dapat berguna dalam melindungi paru - paru dari kerusakan yang ditimbulkan stres oksidatif. Antioksidan akan menangkal berbagai radikal bebas dan mencegah stres oksidatif, keduanya ( radikal bebas dan stres oksidatif ) akan merusak sel dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

     Selain antioksidan, pada apel juga terdapat quercetin yang dapat mengurangi peradangan dan membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu mengurangi asma dan reaksi alergi. Kombinasi antara antioksidan dan quercetin akan membantu meredakan asma.


buah apel yang masih di pohon
buah apel yang masih di pohon

6. Menjaga kesehatan otak


     Jus apel mengandung nutrisi yang dapat menjaga asetilkolin, kekurangan asetilkolin bisa berdampak pada timbulnya penyakit alzheimer, dimana resiko terkenanya akan semakin meningkat seirung bertambahnya usia. Selain mencegah alzheimer, nutrisi pada buah apel akan menjaga daya ingat otak agar tetap dalam kondisi baik.

7. Menurunkan kolesterol


     Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Florida State University, mengungkapkan bahwa buah apel adalah buah yang tergolong ajaib. Penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi apel setiap hari memiliki kolesterol jahat ( LDL ) yang lebih rendah sebanyak 23% dan kolesterol baik 4% lebih tinggi dari sebelumnya. Penelitian ini berlangsung selama 6 bulan.


Lihat juga : 10 Manfaat dan fakta rambutan untuk kesehatan


8. Meningkatkan kesehatan gusi


     Meskipun memang bukan "sikat" sebenarnya, tetapi apel bisa disebut sebagai sikat alami. Mengonsumsi buah apel akan mendorong produksi air liur. Air liur inilah akan berfungsi dalam membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, sehingga kesehatan gusi dan mulut terjaga.


pohon apel yang sedang berbunga
pohon apel yang sedang berbunga

Efek samping dari apel


     Secara umum, apel tidak menimbulkan efek samping yang terlalu banyak jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Efek samping yang mungkin timbul adalah naiknya berat badan dan rusaknya enamel gigi. 

     Selain itu, mengonsumsi apel juga bisa menimbulkan reaksi alergi. Buah apel yang beredar di pasaran biasanya juga sering disemprot pestida, tentunya ini akan berefek buruk bagi kesehatan apalagi jika proses pembersihannya tidak berlangsung dengan baik. Apel juga bisa menimbulkan diabetes, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk jus, karena banyaknya kandungan gula di dalamnya.

Fakta buah apel


     Buah ini memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk disimak. Berikut ini beberapa fakta yang dimiliki apel :

  1.  Manusia mulai makan apel sekitar 6500 tahun sebelum masehi.
  2.  Di Cina, kata apel disebut dengan "ping" yang berarti kedamaian.
  3.  Konsumsi rata - rata apel bagi setiap orang adalah 65 buah setiap tahun.
  4.  Apel terberast yang pernah dipetik mempunyai berat sekitar 1,35 kg.
  5.  Apel sebenarnya masih satu keluarga dengan mawar.
  6.  Pohon apel bisa tumbuh hingga 12 meter dan bertahan hingga 100 tahun lamanya.
  7.  Pada tahun 1730 pembibitan apel pertama dibuka di Flushing, New York.
  8.  Pohon apel yang paling dengan umur terpanjang adalah yang ditanam di Amerika pada tahun 1647 oleh Peter Stuyvesant di kebunnya dan masih bisa berbuah setelah ada kereta api yang anjlok dan menabrak pohon tersebut pada tahun 1866. 

     Sekian artikel mengenai Manfaat apel untuk kesehatan dan faktanya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon