Saturday, July 15, 2017

Buah sukun dan 10 manfaatnya untuk tubuh

kasanah.id - Bagi sebagian masayarakat pedesaan tentu sudah tahu mengenai buah yang satu ini, apalagi keberadaannya di pasar - pasar tradisional juga mudah untuk ditemukan.

       Buah sukun memiliki nama latin Artocarpus altilis. Dalam bahasa Inggris, buah sukun disebut dengan Bread fruit. Buah ini berasal dari daerah di sekitar Pasifik Selatan dan menyebar hingga Oceania. 

      Navigator dari Inggris dan Prancis lah yang menyebarkan beberapa varietas tanpa biji dari buah ini ke kepulauan karibia pada akhir abad ke-18. Sekarang, buah ini telah ditumbuhkan di 90 negara yang tersebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, daerah di sekitar Samudera Pasifik, Karibia, Amerika Tengah dan Afrika. 

Manfaat buah sukun

      
      Meskipun sering diremehkan, ternyata ada banyak manfaat yang terdapat dalam buah sukun. Buah ini juga mengandung cukup banyak vitamin C yang penting untuk tubuh. Selain itu, pada buah ini juga terdapat berbagai mineral dan vitamin yang penting. Berikut beberapa manfaat buah sukun :

Kandungan nutrisi buah sukun
Kandungan nutrisi buah sukun
(sumber gambar : wikipedia.com)

1. Mengurangi resiko diabetes


      Pada buah sukun memang mengandung cukup banyak karbohidrat dan kalori yang mungkin bisa memperburuk kondisi diabetes. Tetapi karbohidrat dalam buah sukun berbeda daripada yang terdapat di buah lainnya. 

     Karbohidrat pada buah sukun tidak diubah menjadi glukosa, tetapi justru diubah menjadi sukrosa dan fruktosa. Selain itu, serat di dalam buah sukun akan membantu mengendalikan glukosa dengan mengurangi jumlah glukosa yang berlebihan.

     Ini tentu saja menunjukkan bahwa buah sukun mempunyai kemampuan dalam mengurangi resiko diabetes, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

2. Baik untuk sistem pencernaan


     Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terdapat banyak serat dalam buah sukun. Serat pada buah sukun memiliki fungsi penting dalam mengikat racun dan senyawa tidak penting lainnya yang terdapat dalam usus, sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan

     Selain itu, serat juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Serat juga akan membantu memperlancarkan proses diet karena akan membuat anda merasa tetap kenyang.

3. Sebagai sumber energi


      Bagi anda yang banyak beraktifitas dan membutuhkan banyak energi, cobalah untuk mengonsumsi buah sukun. Buah sukun mengandung banyak kalori dan karbohidrat, ditambah pula dengna kandungan serat didalamnya. Kombinasi dari ketiganya akan memberikan cukup banyak energi bagi tubuh kita. Ini tentunya penting, terutama bagi atlit dan penyuka olahraga.


Isi buah sukun
Isi buah sukun
(sumber gambar : wikipedia.ord)

4. Baik untuk perkembangan tubuh dan otak


     Ternyata buah yang satu ini juga bermanfaat dalam membantu perkembangan tubuh dan otak. Hal ini berkat adanya omega 3 dan omega 6. Kedua nutrisi yang biasanya di dapat dari ikan ini, penting tidak hanya untuk tubuh, tetapi juga membantu agar otak dapat bekerja dengan lebih maksimal.

5. Membantu produksi kolagen


     Meminum jus dari buah sukun ternyata dapat membantu produksi kolagen. Buah sukun kaya akan vitamin C yang berguna dalam proses produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang penting bagi kulit dan bermanfaat dalam mempercerah kulit dan membantu mengencangkan kulit.

6. Baik untuk ibu hamil


     Bagi ibu hamil,karbohidrat dan kalori akan memberikan energi selama proses kehamilan, sedangkan serat pada buah sukun akan membantu dalam mengendalikan kolesterol dan mengurangi resiko terkena diabetes.

     Sedangkan omega 3 dan omega 6 yang terdapat dalam buah sukun, akan membantu proses perkembangan janin, tidak hanya secara fisik tetapi juga perkembangan otak. 

7. Menyehatkan gigi


      Buah sukun ternyata juga dapat digunakan dalam menyembuhkan penyakit gigi, terutama buah sukun yang telah dipanggang. Buah ini secara tradisional telah digunakan sebagai obat alami dalam meredakan sakit gigi, meskipun tidak langsung sembuh, tapi secara bertahap buah ini terbukti mampu menyembuhkan sakit gigi.

Buah sukun yang digoreng
Buah sukun yang digoreng
(sumber gambar : evolution-institute.org)

8. Mengurangi resiko kanker usus


     Buah sukun juga dapat bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker usus. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan serat dalam buah ini. Kandungan serat ini ternyata dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan cara mengeluarkan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan usus.

     Selain dengan bantuan serat, pada buah ini juga terdapat antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Antioksidan akan menjaga sel dalam tubuh tetap sehat dan mencegahnya bermutasi menjadi sel kanker. 

     Adanya serat dan antioksidan pada buah sukun ternyata dapat membantu mengurangi resiko kanker usus.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Pada buah sukun tidak hanya terdapat antioksidan tetapi juga terdapat vitamin C di dalamnya. Keduanya akan bekerja sama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah sukun tentunya dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit terutama dari penyakit yang gampang menyerang tubuh, seperti batuk dan flu.

10. Menyehatkan rambut


      salah satu manfaat dari buah sukun adalah menyehatkan rambut. Hal ini juga berkat adanya vitamin C dalam jumlah cukup banyak. Vitamin C akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi penting lainnya bagi rambut. Hasilnya, rambut akan menjadi lebih sehat, lebih kuat dan lebih bersinar.

pohon sukun
pohon sukun
(sumber gambar : wikipedia.com)

Efek samping dari buah sukun


     Buah sukun memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi bukan berarti tidak ada efek sampingnya. Apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan maka efek sampingnya tentu akan lebih besar.

     Pada beberapa orang, mengonsumsi buah sukun bisa menyebabkan alergi, terutama bagi mereka yang alergi pada buah pisang, kemungkinannya mereka juga akan alergi terhadap buah sukun.

     Mengonsumsi buah sukun dalam jumlah besar juga akan menyebabkan hypotension. Hypotension adalah kebalikan kondisi dari hipertensi, yaitu kekurangan tekanan darah. Hal ini disebabkan jumlah kalium yang cukup banyak dalam buah ini.

     Selain itu, bagi penderita gangguan pendarahan juga tidak disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Mengonsumsi buah sukun bisa memperparah gangguan pendarahan yang telah terjadi.

Fakta dari buah sukun


      Selain mempunyai manfaat dan efek samping, buah sukun ternyata juga mempunyai beberapa fakta yang patut kita simak. Berikut beberapa fakta dari buah sukun :

  1.  Getah dari pohon sukun ternyata bisa dimanfaat sebagai lem/perekat, hal ini berkat getahnya yang cukup pekat dan kental serta mudah menempel.
  2.  Suku - suku  yang menghuni pulau - pulau kecil di Kepulauan Pasifik biasanya menyimpan buah sukun dalam lubang yang besar, lalu menguburnya. Hal ini akan menyebabkan buah sukun terfermentasi dan bisa memperpanjang umur dari buah sukun hingga 1 tahun atau lebih.
  3.  Kulit buah sukun bisa dimanfaatkan untuk membuat kertas atau 'tapa'.
  4.  Buah sukun dan buah nangka merupakan buah yang masih satu keluarga.
  5.  Pohon sukun akan memulai berbuah pada umur 2 - 3 tahun dan setelah itu masih dapat berbuah hingga berpuluh - puluh tahun lamanya.
  6.  Hampir semua bagian buah sukun bisa dimanfaatkan. Mulai dari menjadi bahan bangunan, obat - obatan, kain, lem, obat nyamuk, pakan ternak dan lainnya.
  7.  Ada dua varietas dari buah sukun, yang pertama mempunyai biji, sedangkan yang kedua tanpa mempunyai biji.
  8.  Baik daging maupun buah sukun dapat dikonsumsi, caranya adalah dengan di panggang,digoreng, dikukus ataupun direbus. 
  9.  Buah sukun hanya bisa ditanam di daerah beriklim tropis dan dekat dengan ekuator.

      Sekian artikel mengenai Buah sukun dan 10 manfaatnya untuk tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon