Monday, July 3, 2017

9 Manfaat dan fakta buah kiwi

kasanah.id - Buah kiwi mempunyai nama latin yaitu Actinidia deliciosa. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis dan unik, jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Kiwi telah menjadi buah yang komersial di beberapa negara seperti Prancis, Cina, Yunani dan Selandia Baru.

      Pada awal mulanya buah ini mempunyai nama Chinese gooseberry atau gooseberry Cina, nama ini digunakan oleh orang-orang Eropa pada tahun 1904. Barulah pada tahun 1962, Selandia Baru mulai memanggil buah ini dengan buah kiwi. Nama ini di adaptasi secara komersil pada tahun 1974. Nama kiwi juga merupakan nama dari burung yang berada di Selandia Baru.

Manfaat dan fakta buah kiwi

       
     Kiwi ternyata tidak hanya satu jenis, tetapi terdapat beberapa jenis dari buah kiwi. Tapi secara umum, manfaat dari buah kiwi masihlah sama di antara satu dengan lainnya. Pada buah kiwi terdapat beberapa vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat dari buah kiwi :

kandungan nutrisi buah kiwi
kandungan nutrisi buah kiwi

1. Mengatasi gangguan tidur


     Jika anda sulit tidur, mungkin anda bisa mengonsumsi buah kiwi untuk mengatasi gangguan tidur anda. Beberapa penelitian dimana salah satunya berlangsung di Taipei Medical University, menunjukkan bahwa buah kiwi mengandung banyak senyawa yang berguna bagi medis. 

      Di antara senyawa ini terdapat antioksidan dan serotonin. Keduanya akan sangat bermanfaat dalam mengatasi gangguan tidur dengan cara membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengatasi setres, sehingga anda bisa tidur dengan kondisi yang lebih baik.

       Dari penelitian itu pula, menyebutkan bahwa mengonsumsi 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur ternyata dapat sangat membantu proses tidur.


2. Membantu proses pencernaan


     Di dalam buah kiwi ternyata terdapat enzim yang penting bagi proses pencernaan, enzim tersebut adalah enzim actinidain. Actinidain akan membantu proses penyerapan protein dalam tubuh dan membantu mengatasi sindrom iritasi usus besar.

Buah kiwi
Buah kiwi

3. Meningkatkan kesehatan pernafasan


     Buah kiwi yang mengandung banyak vitamin C dapat digunakan dalam membantu mengobati beberapa penyakit pernafasan dan menjaga kesehatan pernafasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kiwi dapat memperlancar pernafasan dan mengurangi mengi, terutama pada anak - anak.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


       Selain berguna dalam meningkatkan kesehatan pernafasan, vitamin C pada buah kiwi juga erat kaitannya dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah kiwi ternyata dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit terutama penyakit musiman seperti flu dan batuk. 

5. Menyehatkan tulang


     Pada buah kiwi terdapat vitamin K yang mempunyai peranan yang pentin bagi tulang. Vitamin K diperlukan oleh tubuh agara kalsium bisa masuk ke dalam tubuh dan menyusun tulang. Kekurangan vitamin K bisa berakibat buruk bagi kesehatan tulang, bahkan hingga terjadinya osteoporosis.

Salad buah dengan kiwi
Salad buah dengan kiwi

6. Mengurangi pembekuan darah


     Penelitian yang dilakukan di University of Oslo menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kiwi dua sampai 3 buah setiap hari, dapat menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah. Konsumsi buah kiwi juga dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar lemak dalam darah. Dari kedua manfaat tersebut, akan menghasilkan jantung yang lebih sehat.

7. Mengatur tekanan darah


     Pada buah kiwi terdapat zat bioaktif yang telah diteliti dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, pada buah kiwi juga terdapat kandungan kalium yang bisa berguna dalam membantu mengatur tekanan darah. Kalium akan melonggarkan pembuluh darah dan arteri, sehingga tekanan darah turun. 

      Konsumsi buah kiwi dalam jangka panjang, akan menurunkan resiko yang disebabkan oleh tingginya tekanan darah seperti stroke dan serangan jantung.

kiwi yang belum dipetik
kiwi yang belum dipetik

8. Menjaga penglihatan dan mata


     Lutein merupakan fitokimia yang terdapat dalam buah kimia. Lutein berguna dalam mencegah berbagai penyakit mata, dimana degenerasi makula ( penurunan kemampuan penglihatan akibat pertambahan usia ) termasuk diantaranya. Zat ini juga mampu melindungi mata dari sinar UV dengan cara menyaring sinar yang masuk ke mata.

     Buah kiwi merupakan buah yang cukup banyak mengandung lutein yang bisa bermanfaat bagi kesehatan penglihatan. Selain itu, pada buah kiwi juga terdapat vitamin A yang tak kalah pentingnya bagi mata.

9. Menangkal penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit


     Journal of Cellular Physiology menyebutkan bahwa polisakarida yang terdapat pada buah kiwi dapat melipatgandakan sintesis kolagen. Kolagen merupakan protein yang paling banyak terdapat ditubuh dan menjaga kulit, otot, tulang dan tendon tetap dalam kondisi baik.

      Pada kiwi juga terdapat lutein bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan melingungi dari sinar UV. Tentunya dari penjelasan di atas, menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kiwi akan membawa manfaat yang baik bagi kulit.

Efek samping dari kiwi


      Secara umum tidak ada masalah atau efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi buah kiwi. Namun, bagi beberapa orang  bisa saja timbul reaksi alergi akibat mengonsumsi buah kiwi. Tanda dari timbulnya alergi ini adalah tenggorokan gatal, lidah membengkak, susah menelan, muntah dan rasa gatal pada kulit.

     Meskipun jarang terjadi, kiwi juga bisa menimbulkan perlambatan pembekuan darah. Ini akan berbahaya bagi orang yang akan menjalankan operasi atau bagi orang yang mempunyai gangguan pendarahan. Untuk itu, hindari konsumsi kiwi, bagi orang yang mempunyai kondisi tersebut.

jus dari buah kiwi
jus dari buah kiwi

Fakta buah kiwi

    
      Setelah menyimak manfaat dan efek samping dari buah kiwi, ada beberapa fakta unik yang perlu anda ketahui sebelum  mengonsumsi buah ini. Berikut beberapa fakta dari buah kiwi :

  1.  Peneliti Universitas Rutgers menemukan bahwa buah kiwi memiliki nutrisi dengan jenis yang sangat banyak, jika dibandingkan 21 jenis buah yang sering dikonsumsi.
  2.  Nama buah kiwi berasal dari burung kiwi di Selandia Baru, diberi nama sama karena keduanya sama - sama kecil, berwarna coklat dan berbulu.
  3.  Jenis kiwi yang biasanya dijual adalah jenis kiwi fuzzy, namun masih ada satu jenis yang tak kalah banyak manfaat yaitu jenis golden kiwi atau kiwi emas. Rasnya lebih manis dan aromanya lebih baik.
  4.  Cina merupakan negara pemroduksi buah kiwi terbanyak pada tahun 2014.
  5.  Agar dapat tumbuh dengan baik dan proses penyerbukannya lancar, buah kiwi harus ditanam secara  berpasangan.
  6.  Buah kiwi biasanya dikonsumsi secara mentah atau dalam bentuk jus. Selain itu buah ini juga bisa ditambahkan dalam kue, es krim dan makanan penutup lainnya. Saat diolah, rasa dan warna dari buah kiwi bisa berubah.
  7.  Buah kiwi biasanya dikonsumsi oleh monyet dan rusa.
  8.  Buah kiwi dapat terus berbuah bahkan hingga 30 tahun lamanya dan tanamannya bisa bertahan hingga 50 tahun.

     Sekian artikel mengenai 9 Manfaat dan fakta buah kiwi. Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.
  

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon