Wednesday, July 12, 2017

10 Manfaat dan fakta rambutan untuk kesehatan

kasanah.id - Buah yang bernama rambutan ini memiliki nama latin Nephelium lappaceum L. Sebagaimana namanya, buah ini berasal dari dataran Indonesia dan Malaysia. Dinamai rambutan, karena pada bagian luar buah terdapat banyak rambut.

     Meskipun pada awalnya rambutan tersebar hanya di dataran Indonesia dan Malaysia, saat ini rambutan sudah menyebar di berbagai wilayah mulai dari Asia, Afrika, Oceania dan Amerika Tengah. Pada abad 13 dan 15, para pedagang dari Arab membantu mengenalkan rambutan ke Zanzibar dan Afrika Timur. 


Manfaat rambutan untuk kesehatan

    
     Buah rambutan memiliki manfaat sebagai sumber energi, selain itu berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, juga bermanfaat bagi menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat rambutan untuk ksehatan :

kandungan nutrisi rambutan
kandungan nutrisi rambutan

1. Mengurangi resiko penyakit jantung koroner


     Resiko penyakit jantung koroner setiap orang mungkin akan berbeda - beda. Hal ini tergantung terhadap pola makan dan aktifitas dari individu tersebut. Jantung koroner terjadi karena adanya penumpukan lemak pada sel - sel di dinding arteri koroner sehingga menghalangi aliran darah. 

     Penyakit ini menyebabkan arteri di dalam jantung menjadi sempit. Saat kondisi ini bertambah parah, maka akan terjadi pengurangan suplai oksigen melalui darah ke jantung, hal ini memungkinkan terjadinya kerusakan jantung. 

     Vitamin B3 yang terdapat pada buah rambutan dapat membantu proses pengubahan karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi. Tentunya ini akan membantu mengurangi jumlah kolesterol dan menjaga aliran darah tetap lancar. Secara tidak langsung, buah ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

2. Mengatasi sindrom pellagra


      Sindrom pellagra adalah sebuah sindrom dimana seorang individu mengalami kondisi kekurangan vitamin B3 secara kronis. Pellagra akan menimbulkan radang pada kulit, radang pada lidah ataupun radang pada jaringan otot lunak dalam mulut.
     Karena penyakit ini disebabkan kekurangan vitamin B3, untuk mengatasinya perlu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung B3, contohnya adalah buah rambutan.


3. Mengatasi diabetes


     Pada buah rambutan terdapat kandungan niacin. Niacin dikenal dapat membantu mengobati diabetes dan kadar gula darah yang tinggi. Niacin juga bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit lainnya.

pohon rambutan
pohon rambutan

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


      Di dalam buah rambutan terdapat pula kandungan vitamin C. Vitamin C akan bertindak sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal berbagai penyakit, terutama yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Membantu memperbaiki kualitas sperma


       Bagi pasangan yang sudah menikah dan berencana mempunyai keturunan, maka hal ini bisa menjadi penting. Banyaknya vitamin C yang terdapat dalam buah rambutan ternyata dapat berpengaruh dalam memperbaiki kualitas sperma. Dalam berbagai kasus, mengonsumsi vitamin C dengan kadar sekitar 500 mg selama sebulan, dapat meningkatkan kualitas sperma.

6. Membantu membersihkan ginjal


     Ternyata buah rambutan juga bermanfaat dalam membantu membersihkan ginjal, terutama dari limbah yang dihasilkan oleh ginjal itu sendiri. Hal ini bisa terjadi, berkat adanya fosfor yang terdapat di dalam buah rambutan. Senyawa ini selain membantu membuang limbah dalam ginjal juga membantu mengembangkan, menumbuhkan dan memelihara jaringan dan sel pada tubuh.

buah rambutan
buah rambutan


7. Mengurangi demam


     Salah satu alternati dalam mengurangi demam adalah dengan menggunakan kulit rambutan. Caranya dengan mencuci terlebih dahulu kulit rambutan yang telah dikeringkan sebanyak 15 gram, lalu rebus dengan 3 gelas air dan minum sebanyak 3 kali sehari.

8. Mempercantik kulit, rambut dan kuku


     Adanya vitamin B3 yang terdapat dalam rambutan akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan membantu menunda proses penuaan pada kulit. Vitamin B3 juga akan membantu sintesis DNA dan RNA yang akan menjaga kulit, kuku dan rambut tetap sehat. Tentunya dari penjelasan ini kita bisa tahu, bahwa kandungan B3 dalam rambutan bisa membantu dalam mempercantik kulit, rambut dan kuku.

9. Menguatkan tulang


      Buah rambutan dapat bermanfaat dalam menguatkan tulang. Hal ini didukung oleh adanya mineral penting bagi tubuh seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Mineral ini akan membantu proses penyusunan tulang dan membantu penyerapan mineral ke dalam tulang, hasilnya tulang akan menjadi lebih kuat.

10. Sebagai sumber energi


     Buah ini kaya akan kandungan karbohidrat dan protein. Keduanya akan diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan tambahan energi bagi tubuh. Selain itu, kandungan air pada rambutan membantu mengatasi dehidrasi dan mengembalikan energi pada tubuh. 

rambutan muda
rambutan muda

Efek samping buah rambutan


     Meskipun buah rambutan membawa banyak manfaat bagi tubuh, bukan berarti pada buah ini tidak terdapat efek sampingnya. Pada rambutan, rasa manis yang dihasilkan berasal dari gula yang terdapat pada buah itu. 

     Namun jika buah dibiarkan terlalu lama sehingga menjadi lebih matang dari biasanya, gula dalam buah tersebut akan berubah menjadi alkohol. Tentunya ini tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Fakta rambutan

        
      Terdapat beberapa fakta dari buah rambutan yang patut untuk disimak. Berikut fakta dari buah rambutan :

  1.  Buah rambutan memiliki diameter antara 3 - 6 cm.
  2.  Pohon rambutan dapat tumbuh hingga mencapai 20 meter.
  3.  Biji rambutan sebenarnya dapat dimakan, asal dipanggang terlebih dahulu.
  4.  Rambutan dapat berbuah 2 kali dalam setahun. Rambutan akan mulai berbuah setelah berumur 5 atau 6 tahun. Setiap pohon rambutan bisa menghasilkan 5000 atau 6000 buah per musimnya.
  5.  Minyak dari ekstrak biji rambutan dapat dimanfaatkan sebagai minyak goreng dan dapat pula dibuat menjadi lilin dan sabun.
  6.  Di alam bebas, pohon rambutan dapat bertahan hingga 20 tahun.
  7.  Selain dimakan mentah, buah rambutan juga dapat diolah menjadi selai dan ditambahkan sebagai makanan penutup.

     Sekian artikel mengenai 10 Manfaat dan fakta rambutan untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon