Sunday, July 30, 2017

10 Manfaat seledri untuk hati dan kesehatan, efek samping dan faktanya

kasanah.id - Hampir semua orang tahu tentang sayur yang satu ini, tetapi tidak banyak yang tahu tentang manfaat dan asal usul dari seledri. Sebelum mengulas tentang manfaat dari seledri, alangkah lebih baiknya jika kita kenal terlebih dahulu dengan sayur jenis ini.

     Seledri mempunyai nama latin Apium graveolens. Seledri telah dijadikan sayur sejak jaman dahulu. Baik batang, daun, maupun bijinya, bisa dijadikan sebagai bahan makanan. Tak hanya itu, ekstrak dari biji seledri digunakan pula sebagai obat-obatan. 

     Seledri yang tumbuh di alam liar ternyata dapat mencapai tinggi hingga 3,3 kaki atau sekitar 1 meter. Meskipun saat ini sudah tersebar di berbagai belahan dunia, seledri pertama kali di temukan di wilayah mediterania. 
     Seledri pada awalnya ditanam hanya di musim semi dan musim dingin, namun sekarang sudah dikembangkan dan bisa ditanam di antara bulan september hingga akhir april.


10 Manfaat seledri untuk hati dan kesehatan tubuh

  
     Setelah mengetahui sedikit tentang seledri, simak informasi berikut mengenai 10 manfaat seledri. Seledri tercatat mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh, mulai dari vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan Vitamin K. Selain itu pada seledri juga terdapat mineral penting bagi tubuh seperti kalsium, zat besi, tembaga, magnesium, dan lainnya. 
Kandungan nutrisi seledri
Kandungan nutrisi seledri

1. Membantu menurunkan kolesterol


     Salah satu manfaat yang terdapat dari seledri adalah mampu membantu menurunkan kolesterol. Hal ini tentu akan memberikam efek dalam menjaga kesehatan jantung dan organ lainnya, karena kolesterol memang erat kaitannya dengan kesehatan organ tubuh.

     Seledri diketahui memiliki senyawa penting yang dapat berperan dalam menurunkan lipid, sehingga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida (TG).

2. Membantu menurunkan tekanan darah


     Jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi seledri. Pada seledri terdapat senyawa yang disebut dengan pthalides, senyawa kimia organik ini dapat menurunkan kadar hormon setres dalam darah. 

     Efeknya, pembuluh darah akan melebar dan mengakibatkan tekanan darah akan berkurang. Berkurangnya tekanan darah juga akan memungkinkan resiko terkena aterosklerosis, serangan jantung ataupun stroke.


3. Membantu proses pencernaan


     Seledri ternyata juga dapat bermanfaat dalam membantu proses pencernaan, hal ini disebabkan banyaknya kandungan air dan serat tidak larut didalamnya. Air dan serat diketahui dapat membantu melancarkan pencernaan dan memudahkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh.

4. Mencegah kanker


     Dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Illinois, menunjukkan bahwa adanya flavonoid di dalam seledri dapat menghambat pertumbuhan sel kanker terutama di pankreas. 

    Selain itu, terdapat penelitian lainnya yang menunjukkan bahwa mengonsumsi seledri secara teratur dapat menunda pembentukan sel kanker di payudara.
manfaat seledri untuk kesehatan
salad dengan seledri


5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Seperti yang telah disebutkan pada awal tadi, seledri mengandung vitamin C. Gabungan antara vitamin C dan antioksidan akan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. 

    Asupan seledri secara teratur dan mencukupi akan membuat tubuh anda terhindar dari berbagai penyakit, terutama penyakit musiman seperti flu dan batuk. 

6. Menjaga kesehatan mata


     Selain vitamin C, seledri juga kaya akan vitamin A. Vitamin A akan membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah penurunan kemampuan mata terutama akibat penambahan usia.

7. Menjaga kesehatan hati


     Penelitian yang dilakukan di Helwan University di Mesir, menunjukkan bahwa seledri mampu mengurangi penumpukan lemak di hati, tentunya ini akan membantu menjaga kesehatan hati.

     Meskipun penelitian ini memang hanya dilakukan di tikus putih, tetapi tetap saja dipercaya bahwa seledri memang mampu berperan dalam menjaga kesehatan hati.
manfaat seledri untuk menurunkan kolesterol dan hati
Seledri

8. Mengatasi infeksi yang disebabkan bakteri


     Dari Journal of Pharmacy and Pharmacology yang dirilis tahun 2009, menunjukkan bahwa biji seledri mempunyai senyawa antimikroba. Ekstrak dari biji seledri di berikan kepada bakteri yang menyebabkan infeksi pada manusia, hasilnya pertumbuhan bakteri dapat berkurang dan bahkan mematikan bakteri yang ada.

    Dari hal ini, seledri dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan infeksi yang ditimbulkannya.

9. Membantu menurunkan berat badan


     Seledri mengandung banyak nutrisi bagi tubuh, tetapi hanya mengandung sedikit kalori. Tentunya ini sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Selain itu, seledri mengandung serat yang akan membuat pelaku diet tetap kenyang dalam waktu yang lama.

10. Menyehatkan sendi


     Seledri ternyata mempunyai manfaat yang sangat baik bagi mereka yang memiliki penyakit seperti asam urat, rematik dan radang sendi. Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalamnya, akan mencegah dan mengurangi pembengkakan serta rasa nyeri di sekitar persendian. 

     Batang seledri juga bersifat diuretik yang dapat membantu menghilangkan kristal asam urat yang biasanya terdapat di sekitar sendi.
efek samping mengonsumsi seledri
tanaman seledri


Efek samping seledri


     Meskipun jarang terjadi, tetapi seledri bisa menimbulkan alergi bagi beberapa orang. Seledri juga mungkin dapat meningkatkan resiko pendarahan dan bisa berbahaya bagi mereka yang memiliki gangguan pendarahan.

      Bagi orang yang mempunyai darah rendah, sebaiknya hindari konsumsi seledri, karena kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah. Bagi mereka yang akan menjalankan operasi, sebaiknya hindari konsumsi seledri, 2 minggu sebelum operasi.

     Gabungan antara seledri dan anestasi ataupun obat-obatan lainnya yang sering digunakan saat operasi, akan menyebabkan gangguan pada sistem saraf, sehingga kemampuannya melambat.

Fakta mengenai seledri


      Selain mengandung manfaat dan efek samping, ternyata seledri juga mempunyai beberapa fakta unik yang patut untuk kita simak. Berikut fakta mengenai seledri :

  1. Pada jaman dahulu, seledri digunakan untuk pengobatan sakit gigi, insomnia, hipertensi, arthritis, rheumatik dan untuk membersihkan darah.
  2.  Semua bagian dari seledri dapat dimakan, baik digoreng, direbus ataupun dipanggang.
  3.  Seledri dapat digunakan sebagai pembersih mulut setelah makan, caranya cukup gigit - gigit batang seledri hingga mulut bersih.
  4.  Orang romawi kuno menggunakan seledri sebagai afrodisiak (zat perangsang seksual). 
  5.  Pada jaman yunani kuno, para pemenang permainan atletik dihadiahi dengan buket bunga yang berasal dari seledri.
  6.  Seledri mempunyai siklus hidup selama dua tahun.
  7.  Seledri digunakan pertama kali sebagai makanan pada abad ke-16 di Italia.
  8.  Kota yang bernama Celeryville, Ohio, didirikan pada awal abad ke-19 oleh para petani seledri.
  9.  Ada sebuah museum seledri di Portage, Michigan. Museum ini disebut dengan Celery Flats Interpretive Center.

      Sekian artikel mengenai 10 Manfaat seledri, efek samping dan faktanya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon