Saturday, July 1, 2017

11 Manfaat rebung untuk ibu hamil dan kesehatan tubuh, serta efek sampingnya

kasanah.id - Apa itu rebung ?. Rebung adalah tunas muda dari bambu. Dalam bahasa Inggris rebung disebut dengan bamboo shoot atau bamboo sprouts. Dari kebanyakan jenis rebung, ada 2 jenis yang bisa dimakan yaitu dari rebung dari bambu biasa ( jenis ini yang tumbuh di Indonesia ) dan rebung dari bambu moso atau bambu China.

     Nama latin dari bambu yang biasa tumbuh di Indonesia adalah Bambusa vulgaris. Sedangkan nama latin dari bambu moso adalah Phyllostachys edulis. Bambu moso adalah bambu yang paling cepat tumbuh dan bisa tumbuh sangat tinggi hingga 28 meter. 

     Rebung digunakan dalam berbagai masakan Asia dan masakan berkaldu. Jenis sayur ini biasanya dijual dalam kondisi yang masih segar atau sudah dalam olahan, ada pula yang dalam bentuk kering dan kalengan. Untuk jenis kalengan, mungkin jarang ditemukan di Indonesia.

Manfaat rebung untuk ibu hamil dan kesehatan tubuh


      Meskipun sering dipandang sebelah mata, ternyata rebung tak kalah bermanfaat jika dibandingkan berbagai jenis sayur lainnya. Rebung mempunyai berbagai kandungan vitamin dan mineral penting bagi tubuh, mulai dari vitamin B6, vitamin C, vitamin, zat besi, mangan, kalium, dan lain - lainnya.

kandungan nutrisi rebung untuk kesehatan
kandungan nutrisi rebung

1. Membantu memerangi kanker


     Jangan anggap sepele jenis sayur yang satu ini, ternyata rebung dapat berperan dalam membantu memerangi kanker. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap rebung, menunjukkan bahwa di dalam rebung terdapat fitosterol seperti flavon, amilase dan klorofil. Ketiganya akan berperan dalam memerangi kanker, terutama klorofil. Klorofil akan mengendalikan mutasi dari sel kanker.

2. Mengurangi kolesterol


     Rebung merupakan sayur yang kaya akan serat. Mengonsumsi rebung secara rutin dan berkecukupan akan membuat kadar kolesterol jahat ( LDL ) turun. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang diadakan oleh Park dan Jhon di Washington State University.


3. Membantu proses diet


     Bagi anda yang sedang diet, cobalah untuk mengonsumsi rebung. Rebung yang rendah kalori dan banyak mengandung serat, tentunya akan sangat membantu dalam proses diet. Rebung yang kaya akan serat, membuat anda akan tetap merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama, tentunya ini akan sangat membantu dalam proses diet anda.

manfaat rebung untuk ibu hamil
Rebung

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Rebung mengandung mineral dan vitamin yang penting untuk tubuh, ini sekaligus membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, pada rebung juga terdapat kandungan vitamin C dalam jumlah yang cukup. Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menahan gempuran berbagai penyakit dan infeksi.

5. Bersifat anti inflamasi


     Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Muniappan dan Sundararaj, menunjukkan bahwa rebung memiliki sifat sebagai anti inflamasi dan analgesik ( pereda rasa sakit ). Adanya sifat anti inflamasi ini juga akan membantu dalam menyembuhkan ulkus. Rebung yang telah diremukan ( hingga seperti bubur ) juga dapat digunakan untuk obat luka dan obat ulkus dari luar.

6. Baik untuk penderita diabetes


     Kandungan serat yang cukup tinggi dalam rebung ternyata juga erat kaitannya dengan pencegahan diabetes. Serat ini akan menunda penyerapan gula ke dalam darah sehingga tidak akan terjadi lonjakan darah secara mendadak setelah makan. Lonjakan gula darah secara mendadak bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

     Kadar gula yang tinggi akan menyebabkan resistensi terhadap insulin dan menyebabkan diabetes menjadi lebih parah. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi rebung akan sangat bermanfaat. Selain mengandung banyak nutrisi, rebung juga ramah terhadap penderita diabetes.


manfaat rebung untuk kesehatan
Rebung yang telah dikupas

7. Menetralkan bisa atau racun


     Dalam pengobatan Ayuverdic, rebung dipercaya memilki efek untuk membersihkan darah dari bisa atau racun akibat gigitan hewan. Orang india kuno biasa mengobati orang yang terkena gigitan hewan seperti ular atau kalajengking dengan ekstrak dari rebung.

8. Mencegah anemia


     Anemia sangat erat kaitannya dengan kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah berperan sangat penting karena tugasnya dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh organ tubuh. Untuk membantu proses produksi sel darah merah, di dalam rebung terdapat kandungan zat besi. Zat besi akan membantu menambah sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia.

9. Mengatasi keterlambatan melahirkan


     Bagi orang - orang yang mempraktikkan pengobatan tradisional China, mungkin kebanyakan sudah tahu bahwa rebut memiliki sifat urotonik. Sifat urotonik adalah zat yang dapat memicu terjadinya konstraksi pada rahim.

     Rebung biasanya diberikan pada wanita hamil di bulan terakhir mendekati waktu kelahiran, terutama untuk wanita yang masih belum melahirkan meskipun tanggal kelahirannya sudah lewat. Ini dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan oleh Gruber dan O'Brien di Universitas Wina menunjukkan bahwa rebung adalah salah satu tanaman yang bersifat urotonik.

10. Menjaga kesehatan kulit


     Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rebung mengandung vitamin E yang dapat memberi banyak manfaat bagi kulit. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat mencegah serangan radikal bebas terutama yang menyerang kulit. Radikal bebas pada kulit bisa menyebabkan kulit keriput, bintik - bintik, kulit kering dan berbagai gangguan kulit lainnya.


efek samping mengonsumsi rebung
Sop rebung

11. Mengatasi gangguan pernafasan


     Ternyata rebung juga memiliki manfaat dalam mengatasi gangguan pernafasan. Hal ini dapat dilakukan dengan meminum hasil rebusan rebung. 

     Rebung harus direbus sebanyak dua kali. Rebusan pertama berlangsung selama 5 menit dan rebusan kedua selama 10 menit. Agar manfaatnya bisa maksimal dan rasanya bisa lebih enak, tambahkan pula madu ke air hasil rebusan. Hasil rebusan ini juga dapat digunakan dalam menyembuhkan sakit pada tenggorokan dan batuk.

Efek samping mengonsumsi rebung


     Secara umum, efek samping dari mengonsumsi rebung tidak ada, apalagi jika yang anda konsumsi adalah rebung dari bambu biasa atau rebung dari bambu moso. 

     Hanya saja terdapat catatan bahwa orang - orang yang memiliki atau pernah memiliki gangguan seperti hipotiroidisme, gondok atau tumor tiroid, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi rebung. Hal ini dikarenakan konsumsi rebung justru akan memperparah gangguan tersebut.


     Sekian artikel mengenai 11 Manfaat rebung untuk tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon