Sunday, July 2, 2017

10 Manfaat tomat untuk kesehatan, efek samping dan faktanya

kasanah.id - Tomat memiliki nama latin Solanum lycopersicum. Tomat berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ada selisih pendapat apakah tomat termasuk dalam buah ataupun sayur. Ilmuwan berpendapat bahwa tomat adalah buah, sedangkan juru masak lebih cenderung menggolongkan tomat sebagai sayur. 


      Tomat dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dikonsumsi langsung selagi masih mentah, diolah menjadi masakan, dibuat menjadi saus, salad dan minuman. Jika difungsikan sebagai sayuran, tomat akan menjadi bahan makanan yang gurih.

Manfaat tomat untuk kesehatan

        
     Tomat ternyata mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, Vitamin K, magnesium, mangan dan berbagai nutrisi penting lainnya, terdapat dalam sayur ini. Dari berbagai nutrisi itu, tomat menjadi memiliki beberapa manfaat, diantaranya :


kandungan nutrisi tomat
kandungan nutrisi tomat

1. Menetralkan efek asap rokok


     Pada tomat, terdapat 2 kandungan zat penting yang berguna dalam menetralkan efek asap rokok. Keduanya adalah asam koumarat dan asam klorogenik. Nutrisi ini akan menghilangkan karsinogen yang biasanya ada pada rokok.

     Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A yang juga dapat mengurangi efek karsinogen dan sekaligus melindungi tubuh dari kanker paru - paru.

2. Baik untuk kulit


     Tomat mengandung lycopene dalam jumlah yang banyak. Lycopene sangat berguna dalam hal perawatan kulit. Tidak hanya dengan mengonsumsi saja, anda juga bisa memaksimalkan manfaat tomat untuk kulit, dengna menjadikannya sebagai masker. Kupas tomat, lalu iris dan letakkan di wajah selama beberapa menit. Hasilnya wajah akan lebih bersih dan berkilau.

Lihat juga : 11 Manfaat rebung untuk tubuh


manfaat tomat untuk kesehatan
tomat yang belum dipetik

3. Menjaga penglihatan


     Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A. Vitamin A berguna dalam menjaga penglihatan, mencegah kebutaan malam dan mencegah terjadinya penurunan penglihatan akibat penambahan usia. Vitamin A juga mengandung antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang menyerang mata.

4. Menurunkan hipertensi


     Ternyata setelah diteliti, mengonsumsi tomat secara rutin bisa menurunkan hipertensi. Hal ini berkat adanya kandungan kalium di dalam tomat. Kalium akan berperan dalam membuat pembuluh darah dan arteri menjadi lebih longgar, efeknya tekanan pada jantung akan menurun.


efek samping mengonsumsi tomat
Isi tomat

5. Membantu proses diet


     Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam tomat, ternyata dapat berguna dalam melancarkan proses diet. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus tomat secara rutin akan membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Hal ini juga sekaligus mengurangi jumlah kolesterol.

6. Baik untuk ibu hamil


      Di dalam tomat terdapat beberapa nutrisi yang tergolong penting untuk ibu hamil. Vitamin C pada sayur ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan wanita hamil dan bayinya dalam pembentukan tulang, gigi dan gusi yang sehat. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dan nutrisi lainnya dalam tubuh.

     Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti tomat, dapat penyakit radang usus yang biasanya dialami oleh wanita hamil terutama pada trisemester pertama.


7. Mencegah infeksi saluran kemih


     Tomat juga bermanfaat dalam mencegah infeksi saluran kemih, serta kanker kandung kemih. Hal ini dikarenakan pada tomat mengandung kadar air yang tinggi, sehingga akan merangsang untuk buang air kecil. 

      Ini sekaligus menunjukkan bahwa tomat mempunyai sifat diuretik. Dengan adanya sifat ini, maka prose pembuangan racun dari tubuh akan berlangsung dengan lebih baik, begitu pula dengan proses pengeluaran air,garam, asam dan lemak yang berlebih.


fakta seputar tomat
tanaman tomat yang masih muda

8. Mencegah batu empedu


     Antioksidan pada sayur ini, ternyata juga dapat bermanfaat dalam mencegah batu empedu. Hasil penelitian di Michigan State University menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dapat mengurangi resiko terkena batu empedu dan batu ginjal. 

9. Menguatkan tulang 


      Di dalam tomat terdapat 2 vitamin yang bisa berperan dalam menguatkan tulang yaitu vitamin A dan vitamin C. Vitamin A berguna dalam proses pertumbuhan dan perawatan tulang. Sedangkan vitamin C dalam tomat berguna untuk mencegah keroposan pada tulang. Pada tomat juga terdapat vitamin K yang berguna untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga tulang menjadi lebih kuat.

Lihat juga : 10 Manfaat seledri, efek samping dan faktanya

10. Mengurangi resiko pembekuan darah


      Pada tomat terdapat fitonutrien yang telah terbukti membantu mencegah terjadinya pengumpalan darah pada sel trombosit. Mengonsumsi jus tomat secara rutin akan mengurangi resiko terhadap pembekuan atau pengumpalan darah, sehingga jantung juga tetap terjaga.


manfaat tomat untuk kesehatan dan efek sampingnya
salad tomat

Efek samping dari tomat


      Secara umum tomat tidak memiliki efek samping khusus yang benar - benar perlu diperhatikan. Tapi tetap ada beberapa catatan sebelum mengonsumsi tomat. 

      Tomat mengandung cukup banyak asam, jadi jika dikonsumsi terlalu banyak maka kadar asam dalam tubuh akan meningkat melebihi normal. Mengonsumsi tomat terlalu banyak malah akan membalik manfaat dari tomat, bahkan hingga bisa menimbulkan batu ginjal.


Fakta dari tomat


     Setelah tahu tentang manfaat dan efek samping buah tomat, mari kita simak beberapa fakta unik dari tomat sebagaimana berikut ini :

  1.  Tomat berasal dari Peru dan dikonsumsi pertama kali oleh suku Aztec.
  2.  Pada awalnya orang takut mengonsumsi tomat karena dianggap beracun.
  3.  Berat tomat akan naik, bahkan ketika sudah dipetik dari tanamannya.
  4.  Tomat dikenalkan di Eropa mulai pada abad ke 15.
  5.  Ada setidaknya 600.000 bibit tomat yang dikirim ke Stasiun Luar Angkasa (ISS) dan setelah kembali, tomat tersebut ditanam di seluruh sekolah di Kanada. Eksperimen ini disebut dengan " Tomatosphere I, II, III, IV ".
  6.  Ada lebih dari 10.000 jenis tomat dengan warna yang berbeda - beda, mulai dari kuning, putih, ungu, hitam dan bahkan pink.
  7.  Di daerah yang besuhu rendah, tomat bisa ditanam di dalam rumah kaca ( Green house ).
  8.  Cina merupakan pemroduksi tomat paling banyak di dunia , disusul Amerika Serikat dan India. Pada tahun 2009, Cina memproduksi hampir 1/4 dari jumlah tomat di dunia.
  9.  Setiap tahun di Spanyol di adakan festival tomat yang disebut dengan La Tomatina. Festival ini melibatkan sekitar 40.000 orang dengan 150.000 tomat, setiap orang diperbolehkan untuk melempar tomat ke orang lain.
  10.  Berdasarkan rekor tahun 2013, tomat terbesar yang tercata di Guinness World Record adalah 3,51 kg dan ditanam oleh G.Graham pada tahun 1986 di Oklahoma, Amerika Serikat.


      Sekian artikel mengani 10 manfaat tomat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

Thans gan penjelasanya tentang manfaat tomat bagi kesehatan sangat bermanfaat sekali penjelasanya sangat mendetail jadi sediki mengetahui tentang manfaat tomat bagi kesehatan

iya sama-sama, terima kasih sudah berkunjung. Barangkali nanti masih saya tambahkan lagi penjelasannya.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon