Tuesday, July 4, 2017

Metode diet makrobiotik

kasanah.id - Metode ini merupakan metode yang banyak dipraktekan dan terbukti tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga bisa menyehatkan tubuh. Fokus pada metode ini adalah mengonsumsi makanan yang diperoleh dari alam atau bisa disebut alami.

Apa itu metode diet makrobiotik ?


     Diet makrobiotik adalah diet yang tidak hanya membuat tubuh anda terhindar dari karbohidrat dan gula, tetapi lebih dari itu. Diet ini merupakan campuran antara ajaran Budha dan ilmu dari dunia barat. Hasilnya tubuh tidak hanya sehat secara fisik, tetapi juga sehat secara mental. Diet dan gaya hidup makrobiotik ini dikodifikasi oleh George Ohsawa, seorang penulis dan penganalisa keturunan Prancis-Jepang pada awal abad ke-20.

     Penulis dari metode ini mengklaim bahwa orang-orang yang menderita penyakit kanker dan penyakit kronis lainnya, akan sangat terbantu jika menjalankan metode ini. Meskipun hal tersebut tidak disertai hasil penelitian ilmiah.


ilustrasi yin dan yang
ilustrasi yin dan yang

     Salah satu tujuan dari metode diet makrobiotik adalah orang menjadi peka terhadap efek yang ditimbulkan oleh makanan pada kesehatan dan kehidupannya, bukan hanya sekedar mengikuti peraturan yang terdapat pada metode diet. 

     Metode ini menekankan penggunaan makanan lokal yang berupa gandum utuh, kacang - kacangan, sayuran, rumput laut, produk kedelai dan buah hasil fermentasi. Dimana masing - masing digabungkan agar menjadi sebuah keseimbangan, layaknya yin da yang.


Baca juga : Metode diet manusia gua


Cara menerapkan metode diet makrobiotik


     Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pada metode ini ada pembagian makanan menjadi yin dan yang. yin adalah makanan yang biasanya berupa makanan yang dingin atau manis. Sedangkan yang adalah makanan yang biasanya memiliki rasa asin.

       Pada metode ini, proses pemasakan setiap makanan yang harus diperhitungkan. Proses pemasakan harus menggunakan cara tradisional seperti dengan dipanggang, direbus dan diasapi. Saat proses makanpun, tidak boleh memakan hingga mulut penuh, harus dengan ukuran yang lebih kecil agar proses pengunyahan bisa berjalan dengan baik.

     Proses penguyahan yang lebih baik akan memudahkan tubuh dalam mencerna makanan tersebut. Pada metode ini pula, peralatan untuk memasaknya harus dibuat dari bahan tertentu misalnya kayu atau kaca. Sedangkan bahan lainnya seperti plastik, tembaga atau material lainnya yang tidak lengket terhadap makanan, harus dihindari. Penggunaan oven untuk memanggang juga tidak diperbolehkan.

      Metode diet ini berlangsung selama seumur hidup, dengan terus menggunakan metode ini maka hasilnya tubuh akan sehat secara fisik dan mental.

Makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan


     Pada metode ini terdapat batasan makanan yang boleh ataupun tidak boleh dimakan. Jika anda adalah seorang yang menyukai biji - bijian, sayuran dan sup maka metode ini sangat cocok bagi anda. 


makanan sehat dengna beras merah
makanan sehat dengan beras merah

      Dari beberapa makanan yang boleh dimakan, sekitar 40% sampai 60% dari makanan yang dikonsumsi sehari - hari adalah makanan yang mengandung biji - bijian organik seperti beras merah, jelai, millet, gandum dan jagung. 

      20% - 30% makanan lainnya adalah sayuran yang tumbuh di daerah anda. 5% - 10% dari makanan sisanya adalah makanan yang didapat dari kacang dan kacang - kacangan, misalnya tempe, tahu ataupun bisa juga makanan yang tidak berasal dari kacang seperti rumput laut, nori dan agar - agar.

     Jangan khawatir, anda tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi ikan dan makanan laut segar, buah dan acar, beberapa kali dalam seminggu. 




       Untuk makanan yang tidak diperbolehkan adalah makanan seperti susu, telur, daging unggas, makanan olahan, makanan yang mengandung banyak gula dan daging. Untuk buah, tidak diperbolehkan mengonsumsi buah - buahan tropis, jus buah dan sayur - sayuran tertentu seperti asparagus, terong, bayam, tomat dan zukini.

      Metode diet makrobiotik melarang anda untuk meminum minuman bersoda, alkohol, kopi dan minuman olahan lainnya. 


Pro dan kontra


     Diet mikrobiotik mempunyai sisi yang baik yaitu konsumsi makanan - makanan sehat yang terdiri dari protein tanpa lemak, tanpa makanan olahan, serta makanan tanpa gula dan makanan tidak sehat lainnya. Tentunya ini akan membawa efek yang sangat baik, terutama bagi mereka yang mempunyai kolesterol.

     Meskipun memang tidak ada bukti ilmiah, tetapi diet ini mengklaim bahwa bisa membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Yang menjadi masalah lainnya adalah bahwa pada metode ini tidak dikombinasikan dengan olahraga yang dapat membantu proses diet sekaligus melatih badan selama diet berlangsung.


     Sekian artikel mengenai Metode diet makrobiotik. Semoga berguna dan jangan lupa untuk membagikannya ke orang - orang disekitar anda.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon